Ilustrasi sampah di Batam : batampos.co.id

DINAS Lingkungan Hidup menerjunkan sekitar 200 satuan tugas kebersihan untuk penanganan sampah di Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Minggu (25/6). Petugas kebersihan yang bekerja di hari libur ini adalah mereka yang tidak merayakan Idul Fitri.

“Minggu sebenarnya libur tapi karena Idul Fitri jadi yang tidak lebaran kerja. Dari enam satgas ada 200-an yang non muslim. Mereka dipecah ke sembilan kecamatan,” kata Kepala DLH, Dendi N Purnomo, Kamis (22/6).

Menurutnya, target kerja petugas di Hari Raya ini adalah lokasi atau titik shalat Idul Fitri. Kemudian juga sampah jalan, tempat keramaian, dan lokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) atau pasar yang tertunda pengangkutannya.

Dan 20 di antaranya difokuskan untuk pembersihan sampah di lokasi Shalat Ied serta Open House Walikota-Wakil Walikota Batam di Dataran Engku Putri Batam Centre.

“Jadi untuk hari Minggu itu, tidak masuk ke perumahan. Dan Senin, seluruh petugas kebersihan sudah bekerja seperti semula, ke posisi tugas masing-masing. Pengangkutan on schedule (terjadwal) dijalankan kembali,” ujarnya.

Selain satgas kebersihan, DLH juga membuat daftar piket untuk pejabat pengawas. Jadi meskipun Pegawai Negeri Sipil libur, pejabat pengawas ini tetap bekerja sesuai jadwalnya. Dan seluruh pengawas bekerja seperti biasa, termasuk di dalamnya pengawas kebersihan jalan, pengawas pengangkutan sampah, dan pengawas TPS.

“Rata-rata sampah kita 900-1000 ton per hari di hari biasa. Setelah Hari Raya ini biasanya melonjak sampai 1.200 ton,” kata dia. (*)

 

Advertorial
loading...