Terhubung Dengan Kami

Pilihan gowest.id

2030, Gaya Hidup Manusia Diprediksi Berubah dengan 5 Teknologi Ini

iqbal fadillah

Dipublikasi

pada

MASYARAKAT konvensional sudah merasakan dahsyatnya gelombang millenial yang berangkat dari perubahan teknologi.

Tapi, teknologi terus berkembang. Kalangan milenial saat ini, bisa jadi tergerus perubahan zaman dan teknologi di masa depan.

Itu jika tidak siap berubah.

Teknologi yang banyak digunakan sekarang ini, mungkin akan tergantikan dengan teknologi lain yang lebih baik lagi dalam waktu sekitar sepuluh tahun mendatang.

Tahun 2030 memang tidak terlalu jauh dari waktu kita sekarang.

Namun hal itu bukan berarti tidak ada perkembangan teknologi yang akan mempengaruhi hidup kita nanti.

Berikut lima teknologi baru yang diprediksi akan mengubah gaya hidup kita dalam sepuluh tahun ke depan seperti dikutip dari World Economic Forum.

1. Teknologi Layar Baru

Sekarang headset VR (virtual reality) memang telah banyak digunakan. Namun sayangnya, alat ini masih terasa sangat merepotkan untuk digunakan.

Ke depannya, diprediksi akan ada sebuah teknologi bernama Light Field Displays yang akan menggantikan peran headsetVR ataupun layar lainnya.

© Benjamin Torode / Getty Images

Teknologi ini akan mampu memproyeksikan gambar empat dimensi, langsung ke dalam retina kita dari titik fokusnya. Tak cuma itu, gawainya pun tidak akan merepotkan seperti headsetVR sekarang, bahkan ada kemungkinan bentuknya akan seperti kacamata hitam.

Begitu teknologi baru ini menggantikan layar yang ada di tv dan ponsel genggam kita, pasar senilai 3 triliun dolar AS (Rp 40,8 kuadraliun) itu akan langsung berubah.

2. Rekayasa Genetika

Seiring berkembangnya teknologi rekayasa genetika atau yang disebut juga CRISPR (Continuous Regularly Interspersed Short Palindromic Repeats), diprediksi ke depan akan banyak bermunculan hewan peliharaan eksotis tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Sekarang saja sudah banyak pencinta kucing yang mencari ras kucing eksotis seperti toyger yang mirip harimau. Bukan tidak mungkin nanti akan ada harimau yang dimodifikasi gennya untuk menjadi hewan peliharaan.

Ilustrasi rekayasa genetika

Selain itu, ada juga kemungkinan munculnya kontroversi baru karena akan ada orang yang berusaha mengubah gen anak mereka. Tak hanya itu bahkan hal ini juga dapat membuat tingkat kriminalitas meningkat karena identitas genetik tak lagi menjadi patokan.

 

3. Manufaktur Biologi

Bidang ini memanfaatkan kemajuan ilmu biologi untuk mengubah bakteri, ganggang, dan sel lainnya menjadi sebuah ‘pabrik’ untuk memproduksi barang lain seperti material bangunan atau bahkan organ tubuh.

Ilustrasi : © lonza.com

Tak hanya itu, bidang ini juga dapat menciptakan daging tanpa memerlukan hewannya. Sekarang banyak perusahaan seperti Beyond Meat dan Memphis Meats yang berusaha menyempurnakan teknik tersebut.

Produk lain yang ke depan juga dapat diproduksi dengan manufaktur biologi adalah rangka mobil serta rangka bangunan.

 

4. Teknologi Iklan Baru

Perkembangan teknologi pada banyak bidang juga akan membuat iklan turut berubah. Dengan kemajuan teknologi ponsel, internet, dan komunikasi, besar kemungkinan kita akan lebih mudah menjadi target iklan.

Ilustrasi

Tak hanya itu para pengiklan akan berusaha mempengaruhi perilaku konsumsi kita berdasarkan teknologi biometrik yang juga sering digunakan untuk memonitor kesehatan.

 

5. Era Implan

Dengan berubahnya dunia, para peneliti percaya bahwa otak manusia akan terus bertambah besar, jangka hidup kita akan bertambah panjang, dan kebudayaan kita akan terus berkembang mengikuti lingkungan baru.

Ilustrasi

Sekarang kita dapat memperbaiki penglihatan dengan prosedur operasi LASIK (Laser-Assisted in situ Keratomileusis). Bukan tidak mungkin kita akan menambah kemampuan mata kita dengan menggunakan implan pada lensa mata.

Bahkan ada kemungkinan mereka yang mengalami cacat penglihatan dapat terbantu dengan adanya implan yang memiliki kemampuan seperti radar.

 

(*)

 

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Otto Keren!2 hari lalu

Menyulap Corolla KE-30 1977 Jadi Mulus Banget

SALAH satu produk otomotif andalan Toyota yang melegenda adalah Corolla. Varian ini sudah mulai dikembangkan sejak 1968/ 1969. Sampai kini,...

Pilihan gowest.id2 hari lalu

Telaga Bidadari Yang Tersembunyi

ADA sebuah telaga yang terletak di sebuah hutan di kawasan Batam. Masyarakat sekitarnya menamainya sebagai Telaga Bidadari. Lokasinya masih perawan...

Jalan-Jalan Plesir2 hari lalu

Kampung Terih, Kampung Wisata Kekinian!

KAMPUNG tua yang satu ini kini telah menjadi desa wisata, yaitu Desa Wisata Kampung Terih. Kini, Kampung Terih menjadi salah...

Histori2 hari lalu

The Story of Engku Puteri

DATARAN Engku Puteri atau alun-alun Engku Puteri merupakan ruang terbuka umum yang ada di kota Batam. Lokasinya strategis karena berada...

Gaptek? Gak Lah!2 hari lalu

Apple Patenkan Sensor Biometrik Untuk Mobil

MEMBUKA ponsel menggunakan pemindai wajah sepertinya sudah sangat umum. Lalu bagaimana jika membuka kunci mobil menggunakan pemindai wajah? Apakah ada...

Pilihan gowest.id2 hari lalu

Kenapa Kita Dilarang Lepas Sepatu Saat di Pesawat?

Kamu mungkin tergoda untuk melepas sepatu dan bersantai selama di pesawat. Namun untuk alasan kesehatan, kamu sebaiknya tetap memakai alas...

Pop & Roll2 minggu lalu

Tangisan Dul di Konser Dewa 19

DEWA 19 jadi manggung di Malaysia. Dul Jaelani akhirnya menggantikan posisi Ahmad Dhani di Keyboard. Ia menggantikan posisi ayahnya yang...

Hidup Sehat2 minggu lalu

Sarapan Teratur Malah Bikin Berat Badan Naik

Sebuah studi terkini menemukan bahwa orang yang sarapan secara teratur akan mengalami peningkatan berat badan. Ya, menurut peneliti di Monash...

Pilihan gowest.id2 minggu lalu

Kenapa Orang Selingkuh?

APAPUN alasannya, orang yang berselingkuh dalam suatu hubungan monogami cenderung disalahkan. Melalui sebuah riset, para peneliti mengajak kita menelaah lebih...

Jalan-Jalan Plesir2 minggu lalu

Mencoba Pijat di Woda Villa & Spa!

MASIH di kawasan Golden View Hotel, tim Beplus Indonesia mengunjungi salah satu tempat yang kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun...