Connect with us

Pilihan gowest.id

2030, Gaya Hidup Manusia Diprediksi Berubah dengan 5 Teknologi Ini

iqbal fadillah

Dipublikasi

pada

MASYARAKAT konvensional sudah merasakan dahsyatnya gelombang millenial yang berangkat dari perubahan teknologi.

Tapi, teknologi terus berkembang. Kalangan milenial saat ini, bisa jadi tergerus perubahan zaman dan teknologi di masa depan.

Itu jika tidak siap berubah.

Teknologi yang banyak digunakan sekarang ini, mungkin akan tergantikan dengan teknologi lain yang lebih baik lagi dalam waktu sekitar sepuluh tahun mendatang.

Tahun 2030 memang tidak terlalu jauh dari waktu kita sekarang.

Namun hal itu bukan berarti tidak ada perkembangan teknologi yang akan mempengaruhi hidup kita nanti.

Berikut lima teknologi baru yang diprediksi akan mengubah gaya hidup kita dalam sepuluh tahun ke depan seperti dikutip dari World Economic Forum.

1. Teknologi Layar Baru

Sekarang headset VR (virtual reality) memang telah banyak digunakan. Namun sayangnya, alat ini masih terasa sangat merepotkan untuk digunakan.

Ke depannya, diprediksi akan ada sebuah teknologi bernama Light Field Displays yang akan menggantikan peran headsetVR ataupun layar lainnya.

© Benjamin Torode / Getty Images

Teknologi ini akan mampu memproyeksikan gambar empat dimensi, langsung ke dalam retina kita dari titik fokusnya. Tak cuma itu, gawainya pun tidak akan merepotkan seperti headsetVR sekarang, bahkan ada kemungkinan bentuknya akan seperti kacamata hitam.

Begitu teknologi baru ini menggantikan layar yang ada di tv dan ponsel genggam kita, pasar senilai 3 triliun dolar AS (Rp 40,8 kuadraliun) itu akan langsung berubah.

2. Rekayasa Genetika

Seiring berkembangnya teknologi rekayasa genetika atau yang disebut juga CRISPR (Continuous Regularly Interspersed Short Palindromic Repeats), diprediksi ke depan akan banyak bermunculan hewan peliharaan eksotis tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Sekarang saja sudah banyak pencinta kucing yang mencari ras kucing eksotis seperti toyger yang mirip harimau. Bukan tidak mungkin nanti akan ada harimau yang dimodifikasi gennya untuk menjadi hewan peliharaan.

Ilustrasi rekayasa genetika

Selain itu, ada juga kemungkinan munculnya kontroversi baru karena akan ada orang yang berusaha mengubah gen anak mereka. Tak hanya itu bahkan hal ini juga dapat membuat tingkat kriminalitas meningkat karena identitas genetik tak lagi menjadi patokan.

 

3. Manufaktur Biologi

Bidang ini memanfaatkan kemajuan ilmu biologi untuk mengubah bakteri, ganggang, dan sel lainnya menjadi sebuah ‘pabrik’ untuk memproduksi barang lain seperti material bangunan atau bahkan organ tubuh.

Ilustrasi : © lonza.com

Tak hanya itu, bidang ini juga dapat menciptakan daging tanpa memerlukan hewannya. Sekarang banyak perusahaan seperti Beyond Meat dan Memphis Meats yang berusaha menyempurnakan teknik tersebut.

Produk lain yang ke depan juga dapat diproduksi dengan manufaktur biologi adalah rangka mobil serta rangka bangunan.

 

4. Teknologi Iklan Baru

Perkembangan teknologi pada banyak bidang juga akan membuat iklan turut berubah. Dengan kemajuan teknologi ponsel, internet, dan komunikasi, besar kemungkinan kita akan lebih mudah menjadi target iklan.

Ilustrasi

Tak hanya itu para pengiklan akan berusaha mempengaruhi perilaku konsumsi kita berdasarkan teknologi biometrik yang juga sering digunakan untuk memonitor kesehatan.

 

5. Era Implan

Dengan berubahnya dunia, para peneliti percaya bahwa otak manusia akan terus bertambah besar, jangka hidup kita akan bertambah panjang, dan kebudayaan kita akan terus berkembang mengikuti lingkungan baru.

Ilustrasi

Sekarang kita dapat memperbaiki penglihatan dengan prosedur operasi LASIK (Laser-Assisted in situ Keratomileusis). Bukan tidak mungkin kita akan menambah kemampuan mata kita dengan menggunakan implan pada lensa mata.

Bahkan ada kemungkinan mereka yang mengalami cacat penglihatan dapat terbantu dengan adanya implan yang memiliki kemampuan seperti radar.

 

(*)

 

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pop & Roll1 bulan lalu

Untuk Perempuan, Pria Humoris itu Begini

PUNYA teman pria yang humoris memang bikin hari-hari kamu jadi lebih terhibur. Benar? Bayangkan, kalau tak ada kehadirannya semua teman...

Pop & Roll1 bulan lalu

Katanya, Wanita Lebih Suka Tidur Sendiri

ADA fakta menarik diungkap pakar tidur dunia Dr Michael Breus. Katanya, wanita sesungguhnya lebih suka atau nyaman tidur sendirian. “Ada perbedaan...

Gaptek? Gak Lah!2 bulan lalu

145 Aplikasi di Playstore Terinfeksi Malware

SEBANYAK 145 aplikasi di Google Play ditemukan terinfeksi malware baru yang dapat merusak mesin Windows. Menurut laporan awal pekan ini, 145 aplikasi Andorid...

Gaptek? Gak Lah!2 bulan lalu

Chat Sambil Nonton Youtube di WhatsApp Android

AWAL 2018, WhatsApp menghadirkan fitur Picture-in-Picture untuk perangkat bersistem operasi iOS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyaksikan video dari Instagram, Facebook, dan YouTube tanpa...

Pilihan gowest.id2 bulan lalu

Membayangkan Kartun “Kids Jaman Old” Menua

ANAK – anak era 70, 80 dan 90-an pasti pernah merasakan betapa berjayanya jaman dahulu. Saat banyak sekali film kartun...

Pop & Roll2 bulan lalu

Liam Dan Noel Galagher Rujuk

REUNI band Oasis adalah salah satu yang paling dinantikan penggemarnya di muka bumi ini. Tapi, reuni ini tidak akan terwujud...

Otto Keren!2 bulan lalu

Skuter Matik Nex II Varian Baru Hadir di Batam

SETELAH sukses diluncurkan di Jakarta dan beberapa kota lain, kini PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi turut memperkenalkan varian...

Hidup Sehat2 bulan lalu

Mewaspadai Kanker Serviks, Sadanis dan Payudara Klinis dengan Sosialisasi

CANCER Information & Support Center (CISC) Batam mengadakan kegiatan sosialisasi  pemeriksaan kanker serviks, Sadanis dan Payudara Klinis di Puskesmas Tiban...

Otto Keren!2 bulan lalu

Setelah Jimny, Suzuki Luncurkan Hustler

SUZUKI telah merilis Jimny terbaru untuk pasar domestik di Jepang. Kini, Suzuki juga telah menyiapkan Suzuki Hustler Tough Wild sebagai...

Film Film Film2 bulan lalu

Buffalo Boys, Produksi Infinite Studio yang Tampil di Fantasia International Film Festival 2018

FILM Buffalo Boys sukses memukau penonton dunia. Film produksi Screenplay Infinite Films ini diputar secara world premiere di Fantasia International...