Connect with us

Pilihan gowest.id

2030, Gaya Hidup Manusia Diprediksi Berubah dengan 5 Teknologi Ini

iqbal fadillah

Dipublikasi

pada

MASYARAKAT konvensional sudah merasakan dahsyatnya gelombang millenial yang berangkat dari perubahan teknologi.

Tapi, teknologi terus berkembang. Kalangan milenial saat ini, bisa jadi tergerus perubahan zaman dan teknologi di masa depan.

Itu jika tidak siap berubah.

Teknologi yang banyak digunakan sekarang ini, mungkin akan tergantikan dengan teknologi lain yang lebih baik lagi dalam waktu sekitar sepuluh tahun mendatang.

Tahun 2030 memang tidak terlalu jauh dari waktu kita sekarang.

Namun hal itu bukan berarti tidak ada perkembangan teknologi yang akan mempengaruhi hidup kita nanti.

Berikut lima teknologi baru yang diprediksi akan mengubah gaya hidup kita dalam sepuluh tahun ke depan seperti dikutip dari World Economic Forum.

1. Teknologi Layar Baru

Sekarang headset VR (virtual reality) memang telah banyak digunakan. Namun sayangnya, alat ini masih terasa sangat merepotkan untuk digunakan.

Ke depannya, diprediksi akan ada sebuah teknologi bernama Light Field Displays yang akan menggantikan peran headsetVR ataupun layar lainnya.

© Benjamin Torode / Getty Images

Teknologi ini akan mampu memproyeksikan gambar empat dimensi, langsung ke dalam retina kita dari titik fokusnya. Tak cuma itu, gawainya pun tidak akan merepotkan seperti headsetVR sekarang, bahkan ada kemungkinan bentuknya akan seperti kacamata hitam.

Begitu teknologi baru ini menggantikan layar yang ada di tv dan ponsel genggam kita, pasar senilai 3 triliun dolar AS (Rp 40,8 kuadraliun) itu akan langsung berubah.

2. Rekayasa Genetika

Seiring berkembangnya teknologi rekayasa genetika atau yang disebut juga CRISPR (Continuous Regularly Interspersed Short Palindromic Repeats), diprediksi ke depan akan banyak bermunculan hewan peliharaan eksotis tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Sekarang saja sudah banyak pencinta kucing yang mencari ras kucing eksotis seperti toyger yang mirip harimau. Bukan tidak mungkin nanti akan ada harimau yang dimodifikasi gennya untuk menjadi hewan peliharaan.

Ilustrasi rekayasa genetika

Selain itu, ada juga kemungkinan munculnya kontroversi baru karena akan ada orang yang berusaha mengubah gen anak mereka. Tak hanya itu bahkan hal ini juga dapat membuat tingkat kriminalitas meningkat karena identitas genetik tak lagi menjadi patokan.

 

3. Manufaktur Biologi

Bidang ini memanfaatkan kemajuan ilmu biologi untuk mengubah bakteri, ganggang, dan sel lainnya menjadi sebuah ‘pabrik’ untuk memproduksi barang lain seperti material bangunan atau bahkan organ tubuh.

Ilustrasi : © lonza.com

Tak hanya itu, bidang ini juga dapat menciptakan daging tanpa memerlukan hewannya. Sekarang banyak perusahaan seperti Beyond Meat dan Memphis Meats yang berusaha menyempurnakan teknik tersebut.

Produk lain yang ke depan juga dapat diproduksi dengan manufaktur biologi adalah rangka mobil serta rangka bangunan.

 

4. Teknologi Iklan Baru

Perkembangan teknologi pada banyak bidang juga akan membuat iklan turut berubah. Dengan kemajuan teknologi ponsel, internet, dan komunikasi, besar kemungkinan kita akan lebih mudah menjadi target iklan.

Ilustrasi

Tak hanya itu para pengiklan akan berusaha mempengaruhi perilaku konsumsi kita berdasarkan teknologi biometrik yang juga sering digunakan untuk memonitor kesehatan.

 

5. Era Implan

Dengan berubahnya dunia, para peneliti percaya bahwa otak manusia akan terus bertambah besar, jangka hidup kita akan bertambah panjang, dan kebudayaan kita akan terus berkembang mengikuti lingkungan baru.

Ilustrasi

Sekarang kita dapat memperbaiki penglihatan dengan prosedur operasi LASIK (Laser-Assisted in situ Keratomileusis). Bukan tidak mungkin kita akan menambah kemampuan mata kita dengan menggunakan implan pada lensa mata.

Bahkan ada kemungkinan mereka yang mengalami cacat penglihatan dapat terbantu dengan adanya implan yang memiliki kemampuan seperti radar.

 

(*)

 

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Jalan-Jalan Plesir3 hari lalu

9 Jam Trip Batam ke Dabo Singkep

SIAPA bilang perjalanan ke kabupaten Lingga dari Batam menggunakan kapal Roro KMP Sembilang tidak mengasyikkan? Bagi kalian para traveller, perjalanan...

Pilihan gowest.id3 hari lalu

Lihat Kepribadian dari Jabat Tangan

KEPRIBADIAN seseorang bisa terlihat dari berbagai hal, salah satunya caranya saat berjabat tangan. Sebuah penelitian terkini yang dilakukan University of Manchester menemukan...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Mobil Terbang Pertama di Dunia Siap Dipasarkan

SEKARANG, tidak hanya  pesawat atau helikopter yang dapat terbang, karena belum lama ini  sebuah mobil terbang komersial pertama di dunia, dipamerkan di  sebuah...

Pilihan gowest.id1 minggu lalu

Beda Bos dan Pemimpin

DI berbagai organisasi, institusi hingga perusahaan, lumrah kita temukan kepala yang mengelola sistem kerjanya. Tapi, kamu harus tahu. Tidak semuanya...

Ide2 minggu lalu

Barang yang Seharusnya Rutin Diganti, Tapi Jarang Kita Lakukan

MENJAGA rumah agar tetap bersih dan higienis butuh lebih dari sapu dan pel. Ada banyak barang rumah tangga yang harus diganti secara...

Gaptek? Gak Lah!2 minggu lalu

WhatsApp Palsu Bisa Curi Data

APLIKASI yang populer digunakan banyak orang kerap menjadi sasaran para pelaku kejahatan cyber untuk memalsukannya. Salah satunya WhatsApp. Para pengguna...

Gaptek? Gak Lah!3 minggu lalu

Google Tahu Rahasia Kamu!

Di tengah hingar-bingar soal privasi digital pasca skandal kebocoran data Facebook, kini warganet mulai perhatian dengan apa saja indivasi yang mereka...

Pop & Roll3 minggu lalu

Mereka Tidak Lulus SMA

KARIR bisa jadi penting. Tapi seyogyanya jangan sampai meninggalkan bangku sekolah. Beberapa nama besar selebritas Hollywood ternyata drop out atau tidak sanggup...

Pilihan gowest.id3 minggu lalu

Beda Masalah Antara Kulit Orang Asia, Kaukasia dan Afrika

ADA enam macam pembagian warna kulit berdasarkan pigmen melanin. Mulai dari kulit putih yang dimiliki orang Kaukasia hingga kulit hitam...

Jalan-Jalan Plesir3 minggu lalu

Kebiasaan Orang Indonesia Saat Sedang Berwisata

INDONESIA merupakan salah satu negara yang penduduknya gemar melancong. Baik untuk urusan bisnis, rekreasi keluarga, atau liburan untuk melepas lelah...