Connect with us

Ini Batam

5 Kawasan jadi KEK, Kabil Paling Siap

iqbal fadillah

Dipublikasi

pada

Foto : © Citra Aero Link Batam

PEMERINTAH makin serius menjadikan Batam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Seperti misalnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kawasan industri Kabil. KEK di sana diharapkan selesai dalam satu hingga dua bulan karena area tersebut dinilai paling siap untuk diubah dari Free Trade Zone (FTZ) ke KEK.

Menteri Koodinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, di Batam, Kamis (15/3) kemarin mengatakan ada lima kawasan yang akan diubah dari FTZ ke KEK.

“Itu segera dan Presiden sudah mau, (lokasinya) akan segera diumumkan,” katanya.

Luhut menambahkan dengan adanya perubahan status itu para investor yang akan menanamkan modalnya di Kota Batam akan lebih cepat untuk merealisasikan rencana pengembangan usahanya.

“Misalnya di Kabil area mau jadi KEK segera saja kita mainkan, tidak ada masalah dan saya berharap satu dua bulan selesai,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengatakan ada lima lokasi yang ditawarkan pihaknya kepada Menko Kemaritiman. Gubernur menambahkan area tersebut diantaranya Galang Batang, Rempang-Galang, Tanjungsauh dan Pulau Asam.

“Lima lokasi KEK yang kita tawarkan pastinya sudah ada investornya dan yang memang bisa berkompetisi kita tetapkan saja menjadi KEK,” ujarnya.

Nurdin tidak ingin nantinya kawasan yang sudah ditetapkan sebagai KEK sudah nantinya terbengkalai dan tidak dimanfaatkan.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan transformasi Batam dari Kawasan perdagangan Bebas dan pelabuhan Bebas (KPBPB) menuju KEK akan dilakukan secara bertahap, dengan kurun waktu dua hingga tiga tahun kedepan.

Menurut Lukita, kawasan yang sudah siap akan diprioritaskan lebih dulu menjadi KEK. Saat ini pihaknya sedang mematangkan zona-zona enclave dari KEK yang akan diterapkan di Batam.

Batam, kata Lukita, memiliki 24 kawasan industri dan 105 galangan kapal serta beberapa industri yang berdiri secara individual di luar kawasan industri. Sayangnya tidak banyak dari kawasan-kawasan tersebut dinyatakan siap bertransformasi menjadi KEK.

“Yang paling siap jadi KEK adalah Nongsa Digital Park karena kawasan itu sudah mempersiapkan diri sejak jauh hari,” ujarnya. Lukita mengatakan pengelola kawasan Nongsa Digital Park sudah berkeinginan kuat untuk penerapan KEK di kawasan tersebut.

 

Tutup 70 Pelabuhan

SEBANYAK 70 pelabuhan tidak resmi di  Batam akan ditutup agar pelabuhan di kota industri ini benar-benar terpadu dan mudah dilakukan pengawasan.

“70 pelabuan tidak resmi akan kita tutup dan kita akan menindak tegas apabila ada pihak-pihak melanggar aturan yang sudah ditentukan,” kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, di Batam, Kamis (15/3).

Luhut mengatakan di Batam harus ada pelabuhan yang betul-betul mumpuni sehingga bisa bersaing dengan pelabuhan di Singapura, dan nantinya ada satu pelabuhan yang dipusatkan khusus untuk dalam negeri dan satu lagi internasional.

Menurut Luhut, Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun akan membuat studi kelayakan area mana di wilayah Kepri yang cocok untuk dijadikan pelabuhan.

Gunernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan pihaknya menawarkan kepada Menko Kemaritiman untuk membangun pelabuhan di Tanjungsauh. Menurut Nurdin pelabuhan Batuampar saat ini sudah sangat sulit untuk dikembangkan.

“Pengembangan Batuampar sudah mentok sekali dan lebih bagus ke Tanjungsauh untuk jangka panjang,” katanya.

Nurdin mengaku diminta Menko Kemaritiman untuk membuat studi kelayakan secara profesional oleh ahli pelabuhan dunia dan yang ditawarkan adalah ahli pelabuhan yang pernah mengelola pelabuhan di Shanghai.

Sementara Pulau Tolop yang pernah didatangi Nurdin bersama Menko Kemaritiman dinilai tidak cocok untuk kapal berukuran besar dan lokasi tersebut merupakan alur pelayaran.

Menurut Nurdin ada beberapa titik yang disampaikannya salah satunya di Pulau Galang. “Itu masih bisa kita tawarkan satu lagi (untuk pengembangan pelabuhan di Batam),” ujarnya.

Sementara untuk aktivitas lego jangka Nurdin merekomendasikan Pulau Nipah, Kabupaten Karimun dan Tanjung Berakit Kabupaten Bintan.kepada Menko Kemaritiman.

Ketiga wilayah tersebut kata Nurdin diyakini dapat memberikan kontribusi kepada daerah. “Kalau Galang belum kita tawarkan karena faktor pengawasan,” pungkasnya.

 

(*)

 

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pop & Roll1 bulan lalu

Untuk Perempuan, Pria Humoris itu Begini

PUNYA teman pria yang humoris memang bikin hari-hari kamu jadi lebih terhibur. Benar? Bayangkan, kalau tak ada kehadirannya semua teman...

Pop & Roll1 bulan lalu

Katanya, Wanita Lebih Suka Tidur Sendiri

ADA fakta menarik diungkap pakar tidur dunia Dr Michael Breus. Katanya, wanita sesungguhnya lebih suka atau nyaman tidur sendirian. “Ada perbedaan...

Gaptek? Gak Lah!1 bulan lalu

145 Aplikasi di Playstore Terinfeksi Malware

SEBANYAK 145 aplikasi di Google Play ditemukan terinfeksi malware baru yang dapat merusak mesin Windows. Menurut laporan awal pekan ini, 145 aplikasi Andorid...

Gaptek? Gak Lah!1 bulan lalu

Chat Sambil Nonton Youtube di WhatsApp Android

AWAL 2018, WhatsApp menghadirkan fitur Picture-in-Picture untuk perangkat bersistem operasi iOS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyaksikan video dari Instagram, Facebook, dan YouTube tanpa...

Pilihan gowest.id2 bulan lalu

Membayangkan Kartun “Kids Jaman Old” Menua

ANAK – anak era 70, 80 dan 90-an pasti pernah merasakan betapa berjayanya jaman dahulu. Saat banyak sekali film kartun...

Pop & Roll2 bulan lalu

Liam Dan Noel Galagher Rujuk

REUNI band Oasis adalah salah satu yang paling dinantikan penggemarnya di muka bumi ini. Tapi, reuni ini tidak akan terwujud...

Otto Keren!2 bulan lalu

Skuter Matik Nex II Varian Baru Hadir di Batam

SETELAH sukses diluncurkan di Jakarta dan beberapa kota lain, kini PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi turut memperkenalkan varian...

Hidup Sehat2 bulan lalu

Mewaspadai Kanker Serviks, Sadanis dan Payudara Klinis dengan Sosialisasi

CANCER Information & Support Center (CISC) Batam mengadakan kegiatan sosialisasi  pemeriksaan kanker serviks, Sadanis dan Payudara Klinis di Puskesmas Tiban...

Otto Keren!2 bulan lalu

Setelah Jimny, Suzuki Luncurkan Hustler

SUZUKI telah merilis Jimny terbaru untuk pasar domestik di Jepang. Kini, Suzuki juga telah menyiapkan Suzuki Hustler Tough Wild sebagai...

Film Film Film2 bulan lalu

Buffalo Boys, Produksi Infinite Studio yang Tampil di Fantasia International Film Festival 2018

FILM Buffalo Boys sukses memukau penonton dunia. Film produksi Screenplay Infinite Films ini diputar secara world premiere di Fantasia International...