Terhubung Dengan Kami

Gaptek? Gak Lah!

7 Tips Beli HP Batam Secara Online Biar Nggak Tertipu

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

Ilustrasi : © droidngetop

KAMU mau nyari hp bagus? Tapi harus merogoh kocok agak dalam untuk mendapatkannya.

Buat yang nggak punya dana banyak, maka beli hp black market ataupun hp batam bisa jadi pilihan.

Masalahnya, udah sering beredar kabar penipuan yang modusnya berkedok online shop hp murah dari Batam.

Kenapa masih banyak yang beli hp Batam walaupun risiko tertipunya juga cukup tinggi?

Karena rata-rata hp Batam terpercaya, yang dijual merupakan hp merek ternama, seperti iPhone dan Samsung. Apalagi semuanya dijual murah.

Nah, supaya kamu nggak gampang tertipu, kamu bisa baca tips dan cara beli hp Batam online ini.

Berikut 7 Cara Beli HP Batam Online Terpercaya Biar Nggak Tertipu

Hp Batam terpercaya emang dikenal sangat murah, sehingga banyak yang mencoba untuk beli hp batam secara online, tapi kalo kamu nggak teliti, bisa-bisa kamu kena tipu. Oleh karena itu, kamu harus mencermati tips aman beli hp batam terpercaya dan cara beli hp Batam online ini.

Jangan langsung percaya sama harga hp yang dijual jauh dari harga pasaran.

id.techinasia.com

Siapa sih yang nggak mau dapet hp berkualitas merek terkenal, tapi harganya murah? Namun ada pepatah terkenal yang mengatakan, “ada harga ada rupa“, yang artinya, hp Batam yang kamu beli bisa aja berkualitas buruk, atau jangan-jangan malah hp itu termasuk barang KW ataupun rekondisi.

Rata-rata hp Batam yang dijual itu cuma unitnya aja, makanya biasanya para seller hp Batam mengakalinya dengan menambahkan aksesoris KW. Karena itu, cara beli hp batam secara online yang aman adalah dengan melakukan survey harga terlebih dahulu di berbagai seller supaya nggak tertipu.

Perhatikan profil dan reputasi seller hp Batam tersebut, apalagi kalo kamu belinya online.

umamshopbatam.blogspot.com

Setelah kamu survey dan akhirnya udah memutuskan untuk beli hp Batam terpercaya, maka kamu juga harus ngecek profil dan reputasi dari seller yang menjual hp Batam tersebut di situs jual beli online tempat kamu mau membelinya. Lihat tingkat reputasinya dan ulasan dari para pembeli, lebih bagus lagi kalo ada ulasan fotonya.

Nggak cuma ngecek tingkat kredibilitas seller di situs jual beli tersebut, kamu juga perlu ngecek aktivitasnya di media sosial. Lebih bagus lagi kalo kamu gabung dengan forum online untuk bertanya-tanya kepada anggota lain sambil mencari tahu, apakah seller tersebut merupakan seller hp Batam yang recommended atau nggak.

Gunakan situs belanja online yang menyediakan rekening bersama untuk membeli hp Batam.

dunia-internetonline.blogspot.com

Zaman sekarang ini makin banyak situs belanja online yang menyediakan jasa rekening bersama sebagai salah satu fitur keamanan standar bagi para pembeli, tanpa dipungut biaya tambahan. Nah, kalo kamu nggak mau tertipu, cara beli hp Batam online paling aman adalah dengan belanja di situs belanja online tersebut.

Setelah barangnya udah tiba, jangan langsung klik “Konfirmasi“, karena biasanya kamu diberi waktu selama beberapa hari untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Tenang, uangmu masih dipegang oleh pihak situs belanja tersebut kok, jadi kalo ada apa-apa, kamu bisa komplain dan mendapatkan uangmu kembali.

Pastikan nomor IMEI pada hp sama dengan nomor IMEI pada dusnya.

www.imei.info

Setelah hp Batam kamu datang, lakukan pengecekan awal untuk melihat apakah hp kamu ini asli atau nggak. Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara melakukan pengecekan nomor IMEI, seperti yang biasa dilakukan saat membeli hp di toko-toko hp.

Nomor IMEI pada hp ini harus sama dengan nomor IMEI pada dus hp. Kalo ternyata nggak sama, berarti kamu patut waspada, karena ada kemungkinan hp Batam itu barang rekondisi, atau emang seller mencetak boxnya sendiri (yang biasanya gampang rusak, lebih tipis, tekstur beda, kualitas tulisan buruk).

Perhatikan LCD dari hp Batam yang kamu beli dengan gambar dari Google ataupun YouTube.

smartphones.gadgethacks.com

Ada beberapa hp Batam yang dijual murah ternyata merupakan unit rekondisi yang udah dipermak sebagus mungkin agar lebih terlihat meyakinkan, tapi kamu bisa perhatikan LCD-nya, karena salah satu yang bisa dilihat langsung tanpa membuka sistem elektroniknya adalah LCD.

Kamu bisa search gambar atau melihat review hp yang mau kamu beli di Google ataupun YouTube. Begitu hp Batamnya tiba, kamu bisa melakukan pengecekan menyeluruh, mulai dari fisiknya hingga tampilannya

Cek fisik dan spesifikasi hp Batam secara menyeluruh.

hausplanen.club

Salah satu tips aman membeli hp Batam terpercaya adalah dengan mengecek kondisi fisiknya, karena ada beberapa hal yang mungkin berbeda dengan kondisi aslinya, seperti aksesoris, label, baut, spesifikasi, kualitas kamera, bahkan segelnya.

Kamu juga harus melihat apakah hp Batam yang kamu beli itu rekondisi atau bukan, karena hp rekondisi biasanya masih menyisakan beberapa lem di sekitar body, LCD ataupun baterai. Logikanya, hp baru nggak mungkin ada bekas lem dong, kecuali kalo emang direkatkan dengan sengaja setelah dibuka.

Buktinya bisa kamu cek di video di bawah ini. Di menit 4:32 sempat terlihat ada penampakan lem B7000 yang biasa digunakan di tukang service pinggiran.

Cek performa hp dengan menggunakan aplikasi Android.

www.intellectsoft.net

Hp KW atau rekondisi biasanya nggak punya performa yang maksimal seperti hp aslinya, karena part bawaan dari pabrik dengan part yang udah diganti-ganti tentunya nggak bisa disamakan hasilnya. Kalo kamu nggak percaya dengan hp Batam yang kamu beli, kamu bisa bandingkan performanya dengan hp asli milik temanmu atau dari review di internet.

Untuk uji performa hp, kamu bisa gunakan aplikasi Android untuk uji performa, seperti Z-Device Test untuk mengetahu kesehatan CPU, kamera, WiFi, baterai, layar dan sensor lainnya.

Membeli barang dari Batam emang murah tapi punya risikonya sendiri, karena itu, jadilah pembeli yang cerdas dengan mempelajar cara beli hp Batam online ini, supaya kamu bisa beli di seller hp batam terpercaya dengan aman. Namun lebih baik kamu beli hp di official store untuk amannya.

(*)

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Bincang4 hari lalu

Desy Agustina ; Lagu Anak Hingga Musik Jazz

ADA keprihatinan yang dalam melihat banyak karya anak bangsa yang justru tidak dikelola sendiri. Contohnya lagu anak-anak dan kekayaan seni...

Ide5 hari lalu

Cara Ampuh Mengubah Kebiasaan Begadang

KEBIASAAN begadang hingga larut malam tak baik untuk kesehatan. Bagi yang sudah terbiasa begadang, tidur cepat akan sangat sulit atau...

Pop & Roll1 minggu lalu

Robby Sugara Tutup Usia

AKTOR senior Robby Sugara tutup usia pada Kamis (13/6/2019). Kabar duka ini diungkap oleh putrannya, Juan Bernard, melalui fitur Insta...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

PUBG Mobile Jadi Games Terlaris di Dunia

Game PUBG Mobile menorehkan prestasi terbaru. Game tersebut berhasil menjadi game terlaris di dunia dengan pendapatan mencapai lebih dari USD 146...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Ini Dia, Ban Anti Kempes dan Pecah!

PABRIKAN ban Michelin dan raksasa mobil General Motors (GM) tengah bekerja sama mengembangkan purwarupa ban tanpa udara (airless) yang ramah...

Pilihan gowest.id2 minggu lalu

Yang Khas Saat Lebaran di Indonesia

ISLAM di Indonesia tumbuh dengan khas. Tak seperti umat lain di belahan lain dunia, Idulfitri disambut dengan tradisi yang beragam....

Histori2 minggu lalu

ALS ; Bus Dengan Trayek Terjauh, Lintas Sumatera – Jawa

PO Antar Lintas Sumatra (ALS) adalah sebuah perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat yang didirikan di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatra...

Film Film Film3 minggu lalu

5 Fakta Film Hero Lokal “Gundala”

DARI deretan film superhero yang ditayangkan di tahun ini, film ‘Gundala’ gak kalah dinantikan oleh para pencinta film di Indonesia....

Bincang3 minggu lalu

Menyiapkan Pusat Data Server di Batam

PEMERINTAH berencana membangun pusat data server untuk kepentingan pemerintah dan Pemda-Pemda se-Indonesia di pulau Batam. Plt. Direktur Layanan Aplikasi &...

Pilihan gowest.id3 minggu lalu

Kecanduan Games Masuk Dalam Gangguan Mental

GAMING disorder alias kecanduan gim video resmi ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai gangguan kesehatan mental, Sabtu (25/5). Sementara itu,...