Connect with us

Film Film Film

92 Negara Bersaing untuk Oscar Kategori Bahasa Asing

iqbal fadillah

Published

pada

SEBANYAK 92 negara bersaing merebut penghargaan Oscar untuk film berbahasa asing terbaik menurut Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Di antara kandidat yang mengikuti persaingan tahun ini ada “First They Killed My Father” karya Angelina Jolie dari Kamboja, “BPM (Beats Per Minute)” garapan Robin Camillo dari Prancis, “The Insult” yang disutradarai oleh Ziad Doueiri dari Lebanon serta film “Thelma” karya Joachim Trier dari Norwegia.

Film seni satir asal Swedia “The Square”, yang disutradarai oleh Ruben Ostlund dan secara mengejutkan menjadi pemenang Festival FilmCannes tahun ini, juga termasuk salah satu kandidat Oscar menurut siaran kantor berita AFP.

Nominasi penerima Academy Awards ke-90 akan diumumkan pada 23 Januari dan upacaranya akan digelar pada 4 Maret di Hollywood.

Selain itu ada film dari negara-negara yang pertama kali ikut seperti Haiti (“Ayiti Mon Amour”), Republik Demokratik Rakyat Laos(“Dearest Sister”) dan Suriah (“Little Gandhi”).

Mengutip Antara, pemenang Oscar kategori film berbahasa asing terbaik tahun lalu adalah “The Salesman” karya sutradara asal Iran Asghar Farhadi.

Farhadi memboikot upacara penyerahan penghargaan karena Presiden Donald Trumpmelarang visa bagi warga tujuh negara mayoritas Muslim, termasuk Iran, untuk masuk ke Amerika Serikat.

(*)

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Film Film Film

COCO Masih di Atas, THE LAST JEDI Siap Menyodok!

Zilfia Sarah

Published

on

Foto : cnet.com

SEPANJANG pekan kemarin, Tidak ada film baru yang mendobrak 10 besar box office di Amerika Serikat. Mungkin karena pekan depan ada Star Wars Episode VIII: The Last Jedi yang hampir pasti bakal mendominasi box office.

Bisa jadi para produser takut untuk merilis film pada pekan lalu atau pekan ini yang pada akhirnya harus bersiap ditelan Star Wars, pekan depan.

Seperti jalan di tempat, urutan enam film teratas pada akhir pekan lalu sama persis dengan pekan sebelumnya. Dari enam film itu, Justice League yang duduk di posisi kedua bisa dikatakan paling merana.

Sebab, penurunan film superhero tersebut menurun jauh –nyaris 60 persen dibandingkan pekan sebelumnya. Padahal empat film lain hanya menurun pada kisaran 40 persen.

Justice League memperoleh US$16,6 juta sehingga total perolehannya mencapai US$197,3 juta. Kelihatannya angka itu cukup besar, tapi perlu diingat bahwa ongkos produksinya sangat masif –dikabarkan mencapai US$300 juta.

Seperti pekan lalu, Warner Bros selaku distributor Justice League masih tertolong dengan pendapatan film garapan Zack Snyder itu dari pasar luar negeri. Kini total perolehan film kelima DC Extended Universe itu sudah mencapai US$567,4 juta dari seluruh dunia.

Dengan angka US$84 juta, Tiongkok adalah penyumbang kedua terbesar setelah Amerika Serikat (AS). Sementara Indonesia menyumbang US$9,1 juta.

Coco masih berada di puncak klasemen dengan perolehan US$26,1 juta, unggul sekitar US$10 juta dari Justice League. Kini total pendapatannya di AS sudah melebihi US$100 juta. Dari seluruh dunia, total jenderal sudah US $280 juta.

Meski demikian angka tersebut belum mampu mengangkat Coco dari urutan buncit daftar 19 film garapan Pixar. Namun perjalanan Coco masih panjang sebab baru memasuki pekan kedua di AS.

Setidaknya, film mengenai bocah yang tersesat dalam sebuah daerah penuh warna bernama Land of the Dead itu kemungkinan bakal bisa mengejar The Good Dinosaur (2015) yang ada di urutan 18 karena “hanya” memperoleh US$332 juta.

Berada di posisi ketiga adalah Wonder yang memperoleh US$12,5 juta sehingga total pendapatannya dari pasar AS mencapai US$88. Namun film yang dibintangi Julia Roberts dan Jacob Tremblay ini lemah di luar negeri karena hanya mengantongi US$12,2 juta.

Ini hal yang wajar lantaran masih banyak negara yang belum dijamah Wonder, termasuk Indonesia. Wonder merupakan sebuah film yang kemungkinan mengincar Oscar –karena diluncurkan akhir tahun– pada Februari 2018.

Film garapan sutradara Stephen Chbosky ini diangkat dari novel berjudul sama yang ditulis oleh R. J. Palacio. Kisahnya humanis, mengenai penindasan yang terjadi pada seorang anak dengan kelainan di wajahnya.

Inilah 10 film terlaris di Amerika Serikat pada periode 17-19 November 2017, dilansir dari Box Office Mojo.

1. Coco – US$26,1 juta (total US$108 juta – pekan 2)

2. Justice League – US$16,6 juta (US$197,3 juta – pekan 3)

3. Wonder – US$12,5 juta (US$88 juta – pekan 3)

4. Thor: Ragnarok – US$9,7 juta (US$291,4 juta – pekan 5)

5. Daddy’s Home 2 – US$7,5 juta (US$82,8 juta – pekan 4)

6. Murder On The Orient Express – US$6,7 juta (US$84,8 juta – pekan 4)

7. Lady Bird – US$4,54 juta (US$17,1 juta – pekan 5)

8. Three Billboards Outside Ebbing, Missouri – US$4,53 juta (US$13,7 juta, pekan 4)

9. The Star – US$4 juta (US$27,3 juta – pekan 3)

10. A Bad Moms Christmas – US$3,5 juta (US$64,8 juta – pekan 5)

 

Sumber : Box Office Mojo / Beritagar

Continue Reading

Film Film Film

Raisa dan Isyana Sarasvati Ramaikan “Ayat Ayat Cinta 2”

nien bagaskara

Published

on

NAMA Raisa, Rossa dan Isyana Sarasvati juga dilibatkan dalam film Ayat-Ayat Cinta 2 (AAC 2) selain Fedi Nuril serta Dewi Sandra dan Tatjana Saphira.

Ketiganya dipercaya sebagai pengisi soundtrack film tersebut.

“Tiga diva ini rencananya Rossa, Raisa sudah siap lagunya, juga Isyana Sarasvati. Nanti Kamis press conference,” kata Manoj Punjabi, produser flm Ayat Ayat Cinta 2 di MD Place, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2017).

Dipilihnya Raisa, Rossa, dan Isyana Sarasvati, kata Manoj, lantaran mereka memiliki kredibilitas tinggi dalam dunia musik. Sebelumnya, Manoj juga menyebut nama Krisdayanti.

Saya lihat lagu ini, empat-empatnya ini bakal jadi hits. Nanti pokoknya tunggu saja. Pasti masuk ke filmnya akan kami jahit. Nanti tunggu satu persatu pokoknya,” jelas Manoj.

CEO MD Place itu juga memastkan para pengisi AAC 2 bukan sekadar pemanis.

“Mereka (Raisa, Isyana Sarasvati, Rossa dan Krisdayanti) nyanyinya bukan sekadar tempelan ya. Pertimbangan khusus, pemilihannya siapa yang terbaik, mereka bisa all out. Diva-diva ini semua oke. Jadi itu semangat antusias Ayat Ayat Cinta tinggi,” tandas Manoj.

Ayat Ayat Cinta 2 sendiri bakal tayang perdana di bioskop pada 21 Desember 2017 mendatang.

(*/yur)

 

 

Continue Reading
Advertisement

Kami di Facebook

Trending