Terhubung Dengan Kami

Hidup Sehat

Ada 3 Virus Penyebab Flu, Kamu Perlu Tahu

Zilfia Sarah

Dipublikasi

pada

Ilustrasi orang sedang sakit flu : ist.

FLU bisa dibilang merupakan penyakit umum yang bisa mereda dan hilang dengan sendirinya.

Namun, ternyata flu memiliki beberapa jenis, mulai dari level ringan sampai berat.

Penyebabnya pun beragam, bisa berasal dari tiga virus berbeda, biasa disebut influenza A, B, dan C.

Flu adalah infeksi pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza. Ada tiga jenis virus flu: influenza A, B, dan C yang membedakan setiap kondisi flu.

Influenza A

Virus flu tipe A adalah kelompok yang paling sering menyebabkan penyakit pada manusia. Semua virus influenza A selanjutnya dipecah menjadi subtipe H dan N.

Jadi, virus influenza apa pun yang disebut sebagai “H # N #” (seperti H1N1) adalah virus influenza A. Tiga kombinasi yang menyebabkan hampir semua wabah flu pada manusia adalah H1N1, H2N2 dan H3N2.

Kombinasi lain telah ditemukan menginfeksi spesies lain, misalnya burung dan babi, tetapi tidak menyebabkan infeksi pada manusia.

Tanda-tanda umum infeksi influenza A meliputi batuk, pilek atau hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan, demam, kelelahan, dan gatal. 

Kadang-kadang, gejala influenza A dapat sembuh dengan sendirinya dengan istirahat yang cukup dan asupan cairan. Namun, jika gejalanya menetap selama lebih dari seminggu tanpa perbaikan, segera kunjungi dokter. Anda mungkin akan diberikan obat antivirus untuk melawan infeksi.

Influenza tipe A bisa berbahaya dan diketahui menyebabkan wabah dan meningkatkan risiko penyakit.

Influenza B

Tidak seperti virus flu tipe A, flu tipe B hanya ditemukan pada manusia. Flu tipe B dapat menyebabkan reaksi yang kurang parah dari virus flu tipe A.

Influenza B masih kurang umum dan dapat menyebabkan wabah flu musiman, tetapi lebih jarang terjadi daripada wabah influenza A.

Influenza A bermutasi lebih cepat daripada influenza B, tetapi kedua virus selalu berubah, menciptakan jenis baru dari satu musim flu ke yang berikutnya.

Deteksi dini infeksi influenza dapat mencegah virus memburuk dan membantu Anda menemukan pengobatan terbaik. Jika Anda terkena virus ini, gejala umumnya meliputi demam, panas dingin, sakit tenggorokan, batuk, bersin, kelelahan, dan nyeri otot.

Mirip dengan flu biasa, influenza B dapat menyebabkan Anda mengalami gejala pernapasan dan menyebabkan komplikasi kesehatan lain. Jika Anda menderita asma, infeksi saluran pernapasan dapat memperburuk gejala Anda dan bahkan dapat memicu serangan.

Jika tidak diobati atau dalam kasus yang lebih parah, influenza B dapat menyebabkan pneumonia, bronkitis, gagal ginjal, juga miokarditis atau peradangan pada otot jantung.

Untuk perawatan, mulailah dengan minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi dan usahakan untuk banyak istirahat sehingga tubuh Anda dapat lekas pulih. Kadang-kadang gejala influenza B membaik dengan sendirinya.

Dalam beberapa kasus flu, dokter Anda mungkin meresepkan obat penghilang rasa sakit dan obat antivirus untuk mempersingkat waktu sakit dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

Dokter pun bisa merekomendasikan untuk mendapatkan suntikan flu tahunan demi melindungi tubuh dari jenis virus yang umum.

Influenza C

Virus influenza C juga ditemukan pada manusia. Namun, lebih ringan daripada tipe A atau B.

Orang pada umumnya tidak menjadi sangat sakit dari virus influenza tipe C. Virus flu tipe C pun tidak menyebabkan epidemi atau penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban.

Sumber : Healthline

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Gaptek? Gak Lah!13 jam lalu

Jika Bumi Tidak Memiliki Bulan

MENURUT sebuah laporan astronom Karen Masters yang ditulis pada tahun 2000 lalu, jika Bumi tidak memiliki Bulan maka tidak akan...

Gaptek? Gak Lah!2 hari lalu

Jumlah LIKE, Sebentar Lagi Tidak Bisa Dilihat di Instagram

DIAM-DIAM Instagram sedang menguji coba desain baru, yang di dalamnya media tersebut tak lagi akan membeberkan informasi tentang berapa banyak...

Gaptek? Gak Lah!3 hari lalu

Goodbye BBM!

PT Elang Mahkota Technologi Tbk (EMTK) secara resmi mengumumkan penghentian operasi Blackberry Messenger (BBM). Aplikasi perpesanan yang sempat populer di tahun...

Pilihan gowest.id3 hari lalu

Bayi Lahir Normal dan Caesar Punya Usus Yang Beda

BAGAIMANA cara bayi dilahirkan ternyata memainkan peran penting dalam perkembangan susunan bakteri di dalam usus yang dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan...

Histori3 hari lalu

Nomor-Nomor Punggung Yang Dipensiunkan

JIKA kamu melihat klub West Ham bertanding ,carilah pemain yang menggunakan nomor punggung Enam. Niscaya itu hanya membuat kamu lelah....

Pilihan gowest.id3 hari lalu

Tabel Periodik Tertua di Dunia

SEBUAH tabel periodik tertua di dunia disebut-sebut telah menampakkan wujudnya. Sang penemu tak lain seorang ahli kimia bernama Alan Aitken....

Histori6 hari lalu

Tragedi Hillsborough Dalam Kenangan

TANGGAL 15 April adalah tanggal berkabung untuk pendukung klub Liverpool . Di Tanggal 15 April 1989 Liverpool bertanding melawan klub...

Hidup Sehat6 hari lalu

Kebiasaan – Kebiasaan yang Merusak Ginjal

GINJAL punya banyak fungsi penting untuk tubuh. Beberapa fungsi penting ginjal antara lain untuk menyaring dan membuang limbah, mengendalikan keseimbangan...

Pop & Roll6 hari lalu

Album Baru Ahmad Dhani Dari Penjara

AHMAD Dhani tetap berkarya meskipun berada di penjara. Buktinya, musisi 46 tahun itu meluncurkan boxset bertajuk Ahmad Dhani Indonesia Songbook vol...

Ide1 minggu lalu

10 Aplikasi Untuk Buat Logo Tanpa Ribet

LOGO merupakan salah satu aspek paling vital dalam dunia usaha atau organisasi karena mencerminkan identitas dan filosofi. Jika dulu membuat...