Terhubung Dengan Kami

Hidup Sehat

Ada 3 Virus Penyebab Flu, Kamu Perlu Tahu

Zilfia Sarah

Dipublikasi

pada

Ilustrasi orang sedang sakit flu : ist.

FLU bisa dibilang merupakan penyakit umum yang bisa mereda dan hilang dengan sendirinya.

Namun, ternyata flu memiliki beberapa jenis, mulai dari level ringan sampai berat.

Penyebabnya pun beragam, bisa berasal dari tiga virus berbeda, biasa disebut influenza A, B, dan C.

Flu adalah infeksi pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza. Ada tiga jenis virus flu: influenza A, B, dan C yang membedakan setiap kondisi flu.

Influenza A

Virus flu tipe A adalah kelompok yang paling sering menyebabkan penyakit pada manusia. Semua virus influenza A selanjutnya dipecah menjadi subtipe H dan N.

Jadi, virus influenza apa pun yang disebut sebagai “H # N #” (seperti H1N1) adalah virus influenza A. Tiga kombinasi yang menyebabkan hampir semua wabah flu pada manusia adalah H1N1, H2N2 dan H3N2.

Kombinasi lain telah ditemukan menginfeksi spesies lain, misalnya burung dan babi, tetapi tidak menyebabkan infeksi pada manusia.

Tanda-tanda umum infeksi influenza A meliputi batuk, pilek atau hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan, demam, kelelahan, dan gatal. 

Kadang-kadang, gejala influenza A dapat sembuh dengan sendirinya dengan istirahat yang cukup dan asupan cairan. Namun, jika gejalanya menetap selama lebih dari seminggu tanpa perbaikan, segera kunjungi dokter. Anda mungkin akan diberikan obat antivirus untuk melawan infeksi.

Influenza tipe A bisa berbahaya dan diketahui menyebabkan wabah dan meningkatkan risiko penyakit.

Influenza B

Tidak seperti virus flu tipe A, flu tipe B hanya ditemukan pada manusia. Flu tipe B dapat menyebabkan reaksi yang kurang parah dari virus flu tipe A.

Influenza B masih kurang umum dan dapat menyebabkan wabah flu musiman, tetapi lebih jarang terjadi daripada wabah influenza A.

Influenza A bermutasi lebih cepat daripada influenza B, tetapi kedua virus selalu berubah, menciptakan jenis baru dari satu musim flu ke yang berikutnya.

Deteksi dini infeksi influenza dapat mencegah virus memburuk dan membantu Anda menemukan pengobatan terbaik. Jika Anda terkena virus ini, gejala umumnya meliputi demam, panas dingin, sakit tenggorokan, batuk, bersin, kelelahan, dan nyeri otot.

Mirip dengan flu biasa, influenza B dapat menyebabkan Anda mengalami gejala pernapasan dan menyebabkan komplikasi kesehatan lain. Jika Anda menderita asma, infeksi saluran pernapasan dapat memperburuk gejala Anda dan bahkan dapat memicu serangan.

Jika tidak diobati atau dalam kasus yang lebih parah, influenza B dapat menyebabkan pneumonia, bronkitis, gagal ginjal, juga miokarditis atau peradangan pada otot jantung.

Untuk perawatan, mulailah dengan minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi dan usahakan untuk banyak istirahat sehingga tubuh Anda dapat lekas pulih. Kadang-kadang gejala influenza B membaik dengan sendirinya.

Dalam beberapa kasus flu, dokter Anda mungkin meresepkan obat penghilang rasa sakit dan obat antivirus untuk mempersingkat waktu sakit dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

Dokter pun bisa merekomendasikan untuk mendapatkan suntikan flu tahunan demi melindungi tubuh dari jenis virus yang umum.

Influenza C

Virus influenza C juga ditemukan pada manusia. Namun, lebih ringan daripada tipe A atau B.

Orang pada umumnya tidak menjadi sangat sakit dari virus influenza tipe C. Virus flu tipe C pun tidak menyebabkan epidemi atau penyakit menular yang berjangkit dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban.

Sumber : Healthline

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Histori1 hari lalu

Buah Naga & Sejarahnya di Batam

PULAU Batam identik dengan buah naga di Indonesia. Padahal, aslinya buah tersebut berasal dari benua Amerika. Tapi, tidak salah. Cikal...

Ide2 hari lalu

Pencipta Barang Nyentrik Yang Viral di Medsos

GENG Shuai dijuluki ‘Edison dari Cina’ bukan karena dia penemu lampu pijar seperti Thomas Alva Edison, melainkan karena kerap menciptakan...

Film Film Film3 hari lalu

Laut yang Memberi, Laut yang Mengambil ; Tentang “The Man from the Sea”

SEORANG pria Jepang terdampar di tepi pantai Banda Aceh. Telanjang. Tidak ada yang tau siapa namanya. Ia tak mau atau...

Otto Keren!5 hari lalu

Menyulap Corolla KE-30 1977 Jadi Mulus Banget

SALAH satu produk otomotif andalan Toyota yang melegenda adalah Corolla. Varian ini sudah mulai dikembangkan sejak 1968/ 1969. Sampai kini,...

Pilihan gowest.id5 hari lalu

Telaga Bidadari Yang Tersembunyi

ADA sebuah telaga yang terletak di sebuah hutan di kawasan Batam. Masyarakat sekitarnya menamainya sebagai Telaga Bidadari. Lokasinya masih perawan...

Jalan-Jalan Plesir5 hari lalu

Kampung Terih, Kampung Wisata Kekinian!

KAMPUNG tua yang satu ini kini telah menjadi desa wisata, yaitu Desa Wisata Kampung Terih. Kini, Kampung Terih menjadi salah...

Histori5 hari lalu

The Story of Engku Puteri

DATARAN Engku Puteri atau alun-alun Engku Puteri merupakan ruang terbuka umum yang ada di kota Batam. Lokasinya strategis karena berada...

Gaptek? Gak Lah!5 hari lalu

Apple Patenkan Sensor Biometrik Untuk Mobil

MEMBUKA ponsel menggunakan pemindai wajah sepertinya sudah sangat umum. Lalu bagaimana jika membuka kunci mobil menggunakan pemindai wajah? Apakah ada...

Pilihan gowest.id5 hari lalu

Kenapa Kita Dilarang Lepas Sepatu Saat di Pesawat?

Kamu mungkin tergoda untuk melepas sepatu dan bersantai selama di pesawat. Namun untuk alasan kesehatan, kamu sebaiknya tetap memakai alas...

Pop & Roll2 minggu lalu

Tangisan Dul di Konser Dewa 19

DEWA 19 jadi manggung di Malaysia. Dul Jaelani akhirnya menggantikan posisi Ahmad Dhani di Keyboard. Ia menggantikan posisi ayahnya yang...