Connect with us

Ini Batam

Akses Informasi dari BP Batam untuk Penyelidikan BNN

iqbal fadillah

Dipublikasi

pada

Foto : © GoWest.ID

KEPALA Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo menyetujui pemberian akses kepada pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia.

Di antaranya pertukaran data dan informasi, pemberian akses dalam segala hal yang berkaitan dengan penyelidikan dan penyidikan terkait tindak pidana narkotika, serta pemanfaatan sumber daya untuk mendukung program P4GN.

Hal ini tertuang dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani langsung oleh Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo bersama dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol Heru Winarko yang dilakukan di Balairungsari BP Batam, Jumat (27/08/2018) pagi.

Dalam nota kesepahaman tersebut, BP Batam berkomitmen untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika di wilayah Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Dalam kerjasama ini, BNN dan BP Batam sepakat untuk menguatkan upaya P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika).

Kedua lembaga juga sepakat meningkatkan peran serta BP Batam sebagai relawan dan penggiat anti narkoba serta penyebaran informasi tentang P4GN dan tes uji narkoba.

“Kami harap penandatanganan nota kesepahaman ini bisa menjadi landasan kerjasama untuk menjadi relawan dan penggiat anti narkoba. Kami menyatakan siap bersama dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika,” ujar Lukita.

Lukita melanjutkan, komitmen BP Batam untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Salah satunya dengan meningkatkan pengawasan di pintu keluar-masuk masuk Batam.

Seperti di Bandara Hang Nadim. Tahun lalu BP Batam melalui unit kerja Kantor Bandar Udara Hang Nadim berhasil menggagalkan 17 kali usaha penyelundupan narkotika, dengan total barang bukti 16.826,90 gram sabu beserta 2.230 butir ekstasi.

Kemudian dari Januari hingga Juli 2018, tercatat sebanyak 22 kali upaya penyelundupan narkotika berhasil digagalkan, dengan total 23.692 gram sabu.

“Di luar itu, Kantor Pelabuhan Laut Batam bersama dengan Bea Cukai dan instansi vertikal terkait berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 4,5 kg ganja di pelabuhan Telaga Punggur dan 971 gram sabu di pelabuhan internasional Batam Center pada 2017 lalu.

Tahun 2018 sebesar 2.678,13 gram sabu di pelabuhan internasional Batam Center dan 1,37 ton sabu di pelabuhan Batuampar,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko menyatakan, lewat penandatanganan nota kesepahaman itu diharapkan BP Batam bisa melakukan upaya P4GN di lingkungan yang menjadi tanggungjawab BP Batam.

Seperti di bandara dan pelabuhan. Begitu pun, ia meminta kepada legislatif dan eksekutif di Kepri, khususnya Batam bisa membuat peraturan daerah atau peraturan gubernur, agar upaya P4GN bisa fokus sampai ke desa-desa.

Menurutnya upaya P4GN perlu digalakkan agar jangan sampai masyarakat Kepri menjadi korban narkoba.

“Jangan dikasih makanan tak tahunya itu narkoba. Narkoba itu ada empat jenis efeknya. Membuat depresi, yang capek jadi bersemangat, membuat halusinasi, dan ketergantungan. Kita jaga jangan sampai masyarakat tergantung dengan narkoba,” paparnya.

(*/GoWest.ID)

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Jalan-Jalan Plesir2 jam lalu

Di Kesejukan Hutan dan Air Terjun Pongkar

APA yang tersirat dalam benak anda saat berpikir mau melakukan wisata ke wilayah Kabupaten Karimun di Provinsi Kepulauan Riau? Kami...

Jalan-Jalan Plesir2 jam lalu

Sensasi Keindahan Kepri Dari Angkasa

KEPULAUAN Riau yang secara Geografis hampir 90 % wilayahnya dikuasai oleh lautan, memiliki keindahan tersendiri. Terutama alamnya. Keindahan alam Kepulauan...

Hidup Sehat3 hari lalu

Makanan Yang Bisa Tangkal Proses Pikun

SALAH satu masalah penuaan paling umum terjadi adalah penurunan daya ingat atau pikun. Hasil penelitian terbaru menemukan cara pencegahannya yang...

Gaptek? Gak Lah!3 hari lalu

Robot Pembuat Ayam Goreng

TOKO retail Lawson di Jepang punya cara unik agar penyajian ayam gorengnya jauh lebih mudah dan cepat. Mereka memanfaatkan robot Karaage-kun, robot pembuat...

Pop & Roll4 hari lalu

Pernikahan Mewah Nick Jonas dan Priyanka Chopra di Delhi

PRIYANKA Chopra, aktris ternama film India serta serial televisi AS, dan Nick Jonas dari Jonas Brothers merayakan pernikahan mereka pada...

Pilihan gowest.id5 hari lalu

Punya Pengasuh Instagram? Kenapa Tidak

PARA turis kini bisa benar-benar menikmati liburan jauh dari gawai tanpa perlu sibuk memikirkan nasib akun media sosial telantar. Urusan...

Pilihan gowest.id1 minggu lalu

Golongan Darah Yang Dikenal Berkepribadian Introvert

BUKAN hanya zodiak. Golongan darah juga bisa digunakan untuk membaca kepribadian seseorang. Nah, golongan darah ini dikenal berkepribadian introvert lho....

Pop & Roll1 minggu lalu

Keturunan raja Samurai yang Meriahkan Ajang Miss World 2018

AJANG Miss World 2018 segera digelar Desember ini. Menuju ajang kecantikan tersebut, ada banyak cerita menarik dari para kontestan, salah...

Otto Keren!1 minggu lalu

Mengapa Busi Perlu Diganti Berkala ?

SAAT pertama kali membeli kendaraan baik roda dua (R2) maupun roda empat (R4), pastinya dilengkapi komponen yang masih baru. Selain...

Pop & Roll1 minggu lalu

Irfan Hakim ; Singapore to Batam

BAGI warga kota pulau Batam, beraktifitas ke negeri seberang Singapura menggunakan kapal ferry sudah lumrah. Tapi, tidak dengan artis yang...