Terhubung Dengan Kami

Gaptek? Gak Lah!

Apakah Nomor WhatsApp Kamu Diblokir?

nien bagaskara

Dipublikasi

pada

Ilustrasi : net

APLIKASI WhatsApp sudah merambah ke banyak pengguna saat ini. Rerata orang yang menggunakan telepon pintar, sangat mungkin juga menyematkan aplikasi tersebut di ponsel bawaannya.

Aplikasi ini memang multi fungsi dan banyak gunanya. Tapi, seiring penggunaan, ada beberapa hal yang perlu dicermati. Misalnya soal blokir memblokir akun pengguna. Bagaimana mengetahui bahwa akun kita misalnya diblokir oleh seseorang?

Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah ketika WhatsApp Anda tidak bisa menghubungi orang yang memblokir.

Namun, dugaan Anda bisa salah. Pasalnya bisa saja pengguna WhatsApp itu sedang menonaktifkan data internet atau ponselnya, sehingga tidak bisa menerima panggilan.

Untuk mengonfirmasi apakah Anda benar-benar diblokir atau tidak, tanda-tanda yang tercantum di bawah adalah beberapa indikasi yang jelas bahwa kontak tertentu telah memblokir Anda:

1. Centang Tunggal

Biasanya, ketika pesan telah berhasil dikirim ke penerima di WhatsApp, “ticks” adalah indikasi status pengiriman pesan Anda. Jika Anda mengirim pesan teks ke kontak dan hanya memiliki satu tanda centang untuk waktu yang sangat lama, ini berarti pesan Anda telah dikirim tapi tidak diterima si penerima.

Pesan apa pun yang dikirim ke kontak yang telah memblokir Anda akan selalu menunjukkan satu tanda centang (pesan terkirim), dan tidak pernah menunjukkan dua tanda centang (pesan diterima) jika Anda diblokir.

Namun cara ini bisa saja salah, karena jika lawan Anda tidak mengaktifkan WA-nya, pesan tidak akan masuk meski kita tidak diblokir.

2. Profil Statis

Jika seseorang memblokir Anda di WhatsApp, profil orang tersebut tidak akan diperbarui lagi. Jika tidak diblokir, berarti Anda melihat gambar profil baru mereka setiap kali mereka mengunggahnya.

Ada kalanya foto profil orang tersebut hilang dan yang bisa kita lihat hanyalah avatar tampilan WhatsApp.

Namun, metode ini tidak boleh hanya digunakan untuk menentukan apakah Anda telah diblokir atau tidak. Ini karena ada kemungkinan gambar profil orang tersebut tidak berubah karena dia tidak (secara teratur) memperbaruinya.

3. Status Ketersediaan Tersembunyi

Jika status ketersediaan pengguna (misalnya tanda waktu ‘Online’ atau ‘Terlihat Terakhir’) tidak lagi muncul di jendela obrolan, itu juga bisa menjadi indikasi bahwa Anda telah diblokir.

Metode ini, bagaimanapun, bukan konfirmasi yang efektif karena pengguna mungkin telah mengubah pengaturan Terakhir Dilihat di menu Privasi Akun.

4. Coba Panggilan

Tes lain untuk memastikan apakah Anda telah diblokir di WhatsApp adalah ‘Tes Panggilan’. Coba panggil orang itu baik melalui panggilan Suara atau Video, jika panggilan berdering, maka Anda belum diblokir.

Sebaliknya, jika semua upaya untuk memanggil orang tersebut tidak menunjukkan berdering, itu bisa berarti dua hal: pengguna tidak memiliki koneksi internet atau Anda telah diblokir.

5. Tes dengan Grup

Jika sudah mencoba semua metode di atas dan Anda tidak yakin diblokir atau tidak, Anda harus melakukan tes grup. Ini adalah konfirmasi utama. Buat grup dan coba tambahkan yang dicurigai memblokir ke dalam grup.

Jika kontak berhasil ditambahkan ke grup, maka pengguna tidak memblokir Anda. Jika, di sisi lain, WhatsApp menampilkan pesan kesalahan ‘Anda tidak berwenang untuk menambahkan kontak ini’ ketika Anda menambahkan kontak ke grup, maka tentu saja, orang itu telah memblokir Anda.

Tidak ada cara untuk membuka blokir seseorang terhadap Anda, kecuali orang itu membukanya.

(*)

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pilihan gowest.id2 minggu lalu

Batam Pilihan Pertama Relokasi Perusahaan Antena Satelit PAKTEL

BADAN Pengusahaan (BP) Batam menerima kunjungan industri telekomunikasi PT Pasifik Indotama (PAKTEL) pada Senin (8/7/2019) sore. Pertemuan ini diterima langsung...

Ide3 minggu lalu

Tips Membuat Banyak Akun Gmail

JIKA kamu memiliki akun Gmail, kamu pasti tahu bahwa salah satu langkah yang harus dilakukan saat pendaftaran adalah melakukan verifikasi...

Histori3 minggu lalu

Asal Usul Sushi, Dari Jepang?

SUSHI merupakan salah satu kuliner yang kini sudah mendunia dan digemari banyak orang. Namun, jika bicara soal sushi, mayoritas orang...

Pop & Roll3 minggu lalu

Kejutan Tom Holland Dengan Kostum Spiderman

PARA bintang film Spider-Man: Far from Home mengunjungi Children’s Hospital di Los Angeles, baru-baru ini. Kehadiran Tom Holland, Zendaya, dan...

Gaptek? Gak Lah!4 minggu lalu

Kendaraaan Otonom Drive.ai Dibeli Apple

APPLE diketahui telah membeli Drive.ai, perusahaan rintisan di ranah kendaraan otonom. Dilaporkan CNBC, tidak diketahui berapa mahar yang dibayarkan Apple untuk...

Ini Batam1 bulan lalu

Konjen India Kunjungi BP Batam

KONSUL Jenderal India di Medan untuk Sumatera Indonesia YM Bapak Raghu Gururaj melakukan kunjungan ke BP Batam pada hari Kamis,...

Bincang1 bulan lalu

Desy Agustina ; Lagu Anak Hingga Musik Jazz

ADA keprihatinan yang dalam melihat banyak karya anak bangsa yang justru tidak dikelola sendiri. Contohnya lagu anak-anak dan kekayaan seni...

Ide1 bulan lalu

Cara Ampuh Mengubah Kebiasaan Begadang

KEBIASAAN begadang hingga larut malam tak baik untuk kesehatan. Bagi yang sudah terbiasa begadang, tidur cepat akan sangat sulit atau...

Pop & Roll1 bulan lalu

Robby Sugara Tutup Usia

AKTOR senior Robby Sugara tutup usia pada Kamis (13/6/2019). Kabar duka ini diungkap oleh putrannya, Juan Bernard, melalui fitur Insta...

Gaptek? Gak Lah!1 bulan lalu

PUBG Mobile Jadi Games Terlaris di Dunia

Game PUBG Mobile menorehkan prestasi terbaru. Game tersebut berhasil menjadi game terlaris di dunia dengan pendapatan mencapai lebih dari USD 146...