Terhubung Dengan Kami

Gaptek? Gak Lah!

Apakah Nomor WhatsApp Kamu Diblokir?

nien bagaskara

Dipublikasi

pada

Ilustrasi : net

APLIKASI WhatsApp sudah merambah ke banyak pengguna saat ini. Rerata orang yang menggunakan telepon pintar, sangat mungkin juga menyematkan aplikasi tersebut di ponsel bawaannya.

Aplikasi ini memang multi fungsi dan banyak gunanya. Tapi, seiring penggunaan, ada beberapa hal yang perlu dicermati. Misalnya soal blokir memblokir akun pengguna. Bagaimana mengetahui bahwa akun kita misalnya diblokir oleh seseorang?

Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah ketika WhatsApp Anda tidak bisa menghubungi orang yang memblokir.

Namun, dugaan Anda bisa salah. Pasalnya bisa saja pengguna WhatsApp itu sedang menonaktifkan data internet atau ponselnya, sehingga tidak bisa menerima panggilan.

Untuk mengonfirmasi apakah Anda benar-benar diblokir atau tidak, tanda-tanda yang tercantum di bawah adalah beberapa indikasi yang jelas bahwa kontak tertentu telah memblokir Anda:

1. Centang Tunggal

Biasanya, ketika pesan telah berhasil dikirim ke penerima di WhatsApp, “ticks” adalah indikasi status pengiriman pesan Anda. Jika Anda mengirim pesan teks ke kontak dan hanya memiliki satu tanda centang untuk waktu yang sangat lama, ini berarti pesan Anda telah dikirim tapi tidak diterima si penerima.

Pesan apa pun yang dikirim ke kontak yang telah memblokir Anda akan selalu menunjukkan satu tanda centang (pesan terkirim), dan tidak pernah menunjukkan dua tanda centang (pesan diterima) jika Anda diblokir.

Namun cara ini bisa saja salah, karena jika lawan Anda tidak mengaktifkan WA-nya, pesan tidak akan masuk meski kita tidak diblokir.

2. Profil Statis

Jika seseorang memblokir Anda di WhatsApp, profil orang tersebut tidak akan diperbarui lagi. Jika tidak diblokir, berarti Anda melihat gambar profil baru mereka setiap kali mereka mengunggahnya.

Ada kalanya foto profil orang tersebut hilang dan yang bisa kita lihat hanyalah avatar tampilan WhatsApp.

Namun, metode ini tidak boleh hanya digunakan untuk menentukan apakah Anda telah diblokir atau tidak. Ini karena ada kemungkinan gambar profil orang tersebut tidak berubah karena dia tidak (secara teratur) memperbaruinya.

3. Status Ketersediaan Tersembunyi

Jika status ketersediaan pengguna (misalnya tanda waktu ‘Online’ atau ‘Terlihat Terakhir’) tidak lagi muncul di jendela obrolan, itu juga bisa menjadi indikasi bahwa Anda telah diblokir.

Metode ini, bagaimanapun, bukan konfirmasi yang efektif karena pengguna mungkin telah mengubah pengaturan Terakhir Dilihat di menu Privasi Akun.

4. Coba Panggilan

Tes lain untuk memastikan apakah Anda telah diblokir di WhatsApp adalah ‘Tes Panggilan’. Coba panggil orang itu baik melalui panggilan Suara atau Video, jika panggilan berdering, maka Anda belum diblokir.

Sebaliknya, jika semua upaya untuk memanggil orang tersebut tidak menunjukkan berdering, itu bisa berarti dua hal: pengguna tidak memiliki koneksi internet atau Anda telah diblokir.

5. Tes dengan Grup

Jika sudah mencoba semua metode di atas dan Anda tidak yakin diblokir atau tidak, Anda harus melakukan tes grup. Ini adalah konfirmasi utama. Buat grup dan coba tambahkan yang dicurigai memblokir ke dalam grup.

Jika kontak berhasil ditambahkan ke grup, maka pengguna tidak memblokir Anda. Jika, di sisi lain, WhatsApp menampilkan pesan kesalahan ‘Anda tidak berwenang untuk menambahkan kontak ini’ ketika Anda menambahkan kontak ke grup, maka tentu saja, orang itu telah memblokir Anda.

Tidak ada cara untuk membuka blokir seseorang terhadap Anda, kecuali orang itu membukanya.

(*)

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Inspirasi19 jam lalu

Dulu Gagal, Sekarang Beromset Rp.2 Juta Sekali Produksi

BERANI berkreasi serta berinovasi hingga menghasilkan satu produk bernilai jual, menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan oleh kaum milenial...

Histori20 jam lalu

Dokumentasi Bersejarah Mendur Bersaudara

JIKA saat ini kamu bisa melihat foto Presiden Soekarno membacakan teks Proklamasi, maka sudah patutnya kamu berterima kasih pada sosok...

Ide1 hari lalu

Fungsi Lain Mie Instan Selain Bikin Kenyang

SEPERTI kita tahu, mie instan termasuk menu favorit banyak orang termasuk anak kost di akhir bulan. Selain harganya yang terjangkau...

Ide1 hari lalu

Meniru Kebiasaan Orang Sukses, Ternyata Mudah, Kok!

SEPERTINYA, kita sering membayangkan betapa nikmatnya berada dalam posisi mereka yang sukses. Punya segalanya, prestasi segambreng, dan hidup bahagia. Tetapi,...

Pilihan gowest.id3 hari lalu

Avenger : Endgame Dalam Kacamata Ilmu Pengetahuan

FILM Avengers: Endgame yang memecahkan sejumlah rekor pada pekan perdana pemutarannya, dikupas dua ilmuwan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (Almi) dari...

Histori4 hari lalu

Tanjung Bemban, Kampung Raja Raja Part. 2

TANJUNG Bemban adalah salah satu kampung tua yang ada di Batam. Kampung yang terletak di wilayah Batu Besar itu, punya...

Pop & Roll4 hari lalu

Pacar Baru Luna Maya

Pasca putus dari Reino Barack, Luna Maya diketahui belum juga memiliki kekasih barunya. Luna hanya sempat dikabarkan dekat dengan sejumlah...

Hidup Sehat5 hari lalu

Apa Itu Monkey Pox (Cacar Monyet) ? Seberapa Berbahayakah?

VIRUS Monkey Pox (cacar monyet) dilaporkan sudah sampai di Singapura. Negeri jiran yang sangat berdekatan dengan Batam. Mulai banyak pihak...

Histori7 hari lalu

Tanjung Bemban, Kampung Raja – Raja (Part. 1)

TANJUNG Bemban adalah salah satu kampung tua yang ada di Batam. Kampung yang terletak di wilayah Batu Besar itu, punya...

Histori7 hari lalu

Kisah Kartini Menemukan Islam

SURAT bertarikh 6 November 1899 dalam Habis Gelap Terbitlah Terang itu menandaskan betapa Kartini gundah dengan agamanya. Berikut kutipannya: “Sebenarnya agamaku,...