Terhubung Dengan Kami

Gaptek? Gak Lah!

Apakah Nomor WhatsApp Kamu Diblokir?

nien bagaskara

Dipublikasi

pada

Ilustrasi : net

APLIKASI WhatsApp sudah merambah ke banyak pengguna saat ini. Rerata orang yang menggunakan telepon pintar, sangat mungkin juga menyematkan aplikasi tersebut di ponsel bawaannya.

Aplikasi ini memang multi fungsi dan banyak gunanya. Tapi, seiring penggunaan, ada beberapa hal yang perlu dicermati. Misalnya soal blokir memblokir akun pengguna. Bagaimana mengetahui bahwa akun kita misalnya diblokir oleh seseorang?

Cara paling mudah untuk mengetahuinya adalah ketika WhatsApp Anda tidak bisa menghubungi orang yang memblokir.

Namun, dugaan Anda bisa salah. Pasalnya bisa saja pengguna WhatsApp itu sedang menonaktifkan data internet atau ponselnya, sehingga tidak bisa menerima panggilan.

Untuk mengonfirmasi apakah Anda benar-benar diblokir atau tidak, tanda-tanda yang tercantum di bawah adalah beberapa indikasi yang jelas bahwa kontak tertentu telah memblokir Anda:

1. Centang Tunggal

Biasanya, ketika pesan telah berhasil dikirim ke penerima di WhatsApp, “ticks” adalah indikasi status pengiriman pesan Anda. Jika Anda mengirim pesan teks ke kontak dan hanya memiliki satu tanda centang untuk waktu yang sangat lama, ini berarti pesan Anda telah dikirim tapi tidak diterima si penerima.

Pesan apa pun yang dikirim ke kontak yang telah memblokir Anda akan selalu menunjukkan satu tanda centang (pesan terkirim), dan tidak pernah menunjukkan dua tanda centang (pesan diterima) jika Anda diblokir.

Namun cara ini bisa saja salah, karena jika lawan Anda tidak mengaktifkan WA-nya, pesan tidak akan masuk meski kita tidak diblokir.

2. Profil Statis

Jika seseorang memblokir Anda di WhatsApp, profil orang tersebut tidak akan diperbarui lagi. Jika tidak diblokir, berarti Anda melihat gambar profil baru mereka setiap kali mereka mengunggahnya.

Ada kalanya foto profil orang tersebut hilang dan yang bisa kita lihat hanyalah avatar tampilan WhatsApp.

Namun, metode ini tidak boleh hanya digunakan untuk menentukan apakah Anda telah diblokir atau tidak. Ini karena ada kemungkinan gambar profil orang tersebut tidak berubah karena dia tidak (secara teratur) memperbaruinya.

3. Status Ketersediaan Tersembunyi

Jika status ketersediaan pengguna (misalnya tanda waktu ‘Online’ atau ‘Terlihat Terakhir’) tidak lagi muncul di jendela obrolan, itu juga bisa menjadi indikasi bahwa Anda telah diblokir.

Metode ini, bagaimanapun, bukan konfirmasi yang efektif karena pengguna mungkin telah mengubah pengaturan Terakhir Dilihat di menu Privasi Akun.

4. Coba Panggilan

Tes lain untuk memastikan apakah Anda telah diblokir di WhatsApp adalah ‘Tes Panggilan’. Coba panggil orang itu baik melalui panggilan Suara atau Video, jika panggilan berdering, maka Anda belum diblokir.

Sebaliknya, jika semua upaya untuk memanggil orang tersebut tidak menunjukkan berdering, itu bisa berarti dua hal: pengguna tidak memiliki koneksi internet atau Anda telah diblokir.

5. Tes dengan Grup

Jika sudah mencoba semua metode di atas dan Anda tidak yakin diblokir atau tidak, Anda harus melakukan tes grup. Ini adalah konfirmasi utama. Buat grup dan coba tambahkan yang dicurigai memblokir ke dalam grup.

Jika kontak berhasil ditambahkan ke grup, maka pengguna tidak memblokir Anda. Jika, di sisi lain, WhatsApp menampilkan pesan kesalahan ‘Anda tidak berwenang untuk menambahkan kontak ini’ ketika Anda menambahkan kontak ke grup, maka tentu saja, orang itu telah memblokir Anda.

Tidak ada cara untuk membuka blokir seseorang terhadap Anda, kecuali orang itu membukanya.

(*)

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Inspirasi21 jam lalu

Lebih Fresh Setelah Facial Spa!

KURANG lebih 1 jam menjalani treatment, hasilnya bisa langsung dirasakan sendiri. Wajah jadi lebih fresh dan bersih. Dan, yang paling...

Jalan-Jalan Plesir22 jam lalu

CR Kupi, Kota Sabang, Suatu Siang

KOTA SABANG, Provinsi Aceh, suatu siang, di hari Selasa, 28 Agustus 2019. Di sebuah kedai kopi di jalan di samping...

Histori1 hari lalu

Riwayat Hidup Sultan Mahmud Riayatsyah

KERAJAAN Riau Lingga johor Pahang sejak Yang Dipertuan Besar Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah telah memantapkan kedudukan pusat kerajaan di Ulu...

NGOBROL EVERYWHERE2 hari lalu

NGOBROL EVERYWHERE – “BERTEMU HARI” (Coming Soon)

OMONGANNYA lepas. Hari juga orang yang santai. Ia gemar nongkrong di warung-warung kopi walau sudah dua kali berstatus Senator dari...

NGOBROL EVERYWHERE6 hari lalu

NGOBROL EVERYWHERE – HIKAYAT NAGOYA (SEJARAH BISNIS & WISATANYA)

SEBAGAI kota pulau urban, banyak cerita unik tentang Batam. Pulau yang ditinggali oleh mayoritas pendatang ini, sekarang memang sudah menjelma...

Pop & Roll6 hari lalu

Tiga Karakter Wanita di Lagu Hits 90-an dalam Film MELANKOLIA

FILM Generasi 90an: Melankolia bakal diproduksi Visinema Pictures bekerjasama dengan Toni Mulani Films (TMF). Film itu diangkat dari buku berjudul...

Ide6 hari lalu

Membuat Anak Gemar Menyikat Gigi

PUNYA anak usia di bawah tiga tahun (batita), jadi masa penuh perjuangan buat para ibu. Salah satunya untuk urusan menggosok...

Ide7 hari lalu

Biar Nggak Kehabisan Ongkos Saat Traveling

BERLIBUR di destinasi impian tentunya merupakan sebuah pengalaman yang kamu cita – citakan. Perencanaannya bisa jadi berbulan – bulan. Mulai...

Histori1 minggu lalu

Sejarah Dan Silsilah Keluarga BJ Habibie

WAFATNYA Presiden ketiga RI, Prof. Ing BJ. Habibie menjadi duka mendalam bagi seluruh bangsa Indonesia. Salah satu putera terbaik bangsa...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Main Game Di Tempat Gelap? Resiko Hampir Buta!

KASUS seperti ini bisa menjadi pelajaran bagi kamu yang suka bermain game. Ada seorang perempuan yang hampir buta atau kena...