Terhubung Dengan Kami

Ide

Barang yang Seharusnya Rutin Diganti, Tapi Jarang Kita Lakukan

Zilfia Sarah

Dipublikasi

pada

Ilustrasi sikat gigi

MENJAGA rumah agar tetap bersih dan higienis butuh lebih dari sapu dan pel.

Ada banyak barang rumah tangga yang harus diganti secara rutin karena banyak bakteri berkumpul.

Fakta yang belum banyak disadari oleh banyak dari kita.

Sikat gigi

Sikat gigi : © alodokter

Seperti kata dokter gigi, kebersihan gigi sangat penting. Sikat gigi harus rutin diganti sehingga bisa membersihkan gigi secara efisien.

“Anda harus mengganti sikat gigi atau kepala sikat gigi elektrik setiap tiga bulan, kecuali sikatnya sudah rusak lebih cepat dari itu,” kata dokter gigi Ben Atkins pada Netmums.

Anak kecil biasanya lebih cepat menyikat gigi ketimbang orang dewasa, itulah mengapa sikat gigi mereka harus lebih sering diganti, lebih cepat dari tiga bulan.

Sisir

Sisir : © vietgiatri

Sisir yang sering dipakai bisa mengandung banyak kumat dari rambut. Penata rambut selebritas Jamie Stevens menyarankan untuk membersihkan sikat rambut setidaknya sekali sepekan dan membeli yang baru tiap tahun.

“Bersihkan sikat rambut di air sabun yang panas, lalu bersihkan dari rambut-rambut yang tersangkut,” katanya. “Lalu semprot dengan semprotan disinfektan untuk membunuh kuman yang tersisa.”

Sandal rumah

Sandal rumah : © ebay

Ketika memakai sandal di dalam rumah setelah seharian beraktivitas, Anda mungkin tidak memikirkan betapa kotor benda itu.

“Kau harus hati-hati terhadap apa pun yang bersentuhan dengan kulit,” kata pakar kebersihan Profesor Sally Bloomfield.

Anda harus mencuci sandal secara rutin untuk mengurangi risiko infeksi dan menggantinya setiap enam bulan.

“Jika Anda pernah mengalami infeksi jamur, misalnya, Anda bisa mengalaminya lagi,” jelas dia.

Spons

Spon

Spons yang dipakai untuk membersihkan kamar mandi atau dapur harus dibuang tiap pekan. Jika Anda memikirkan jumlah debu yang terakumulasi di dalam rumah, ini tidak mengejutkan.

Matras

Matras : © elevania

Rata-rata orang akan menghabiskan sekitar 25 tahun hidup mereka untuk tidur. Oleh karena itu, jika Anda tidak tidur di kasur yang bagus, efek sampingnya akan merugikan kesehatan.

Menurut The Sleep Council, Anda harus membeli kasur baru setiap delapan tahun karena kasur baru bisa memberi kenyamanan dan dukungan yang tepat untuk tubuh.

Karpet

Karpet : © isi bangun

Bayangkan jumlah kotoran yang ada di karpet yang selalu Anda injak setiap hari.

Karpet dapat berisi segala macam bakteri. dari tumpahan makanan atau kaki kotor.

Karpet Anda harus diganti setiap lima sampai 15 tahun, tergantung dari jenis karpet. Karpet yang bahannya lebih mudah kotor harus lebih cepat diganti.

Kontainer plastik

Kontainer plastik : © dollar tree

Anda yang sering membawa bekal dalam tempat makan plastik, simak ini. Bila kotak plastik yang dipakai sudah tergores atau dipakai untuk memanaskan makanan di dalam microwave, mungkin makanan Anda sudah terpapar dengan toksin berbahaya.

Pastikan ganti tempat makan plastik setidaknya tiap enam bulan.

Wajan

Wajan : © bubuecha.wordpress.com

Memasak di wajah yang sudah tergores tidaklah disarankan. Anda setidaknya mengganti wajan tiga hingga lima tahun sekali, karena memasak dengan wajah yang sudah tidak mulus bisa berpotensi membuat makanan terpapar komponen yang tak baik untuk tubuh.

Handuk mandi

Handuk mandi : © world market

Tidak ada yang lebih nyaman dari mengeringkan tubuh dengan handuk baru yang lembut. Kita tahu kapan handuk harus diganti, yakni ketika seratnya sudah kasar saat disentuh.

Ketika handuk sudah tidak bisa menyerap air sebaik dulu, bakteri akan lebih mudah berkembang biak di permukaannya. Gantilah handuk tiap satu hingga tiga tahun.

Bantal

Bantal : © ketumpit.blogspot.com

Jika Anda tidak mencuci bantal setidaknya tiga bulan sekali, berarti Anda membenamkan wajah ke dalam benda yang penuh kotoran.

“Bantal tua yang tidak dicuci bisa mengandung setidaknya 10 persen yang terdiri dari kulit mati serta debu dan kotoran yang mengandung alergen,” kata The Sleep Council yang menyarankan untuk mengganti bantal setiap dua atau tiga tahun.

 

(*)

 

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Inspirasi4 hari lalu

7 Minuman Pengganti Kopi

BAGI sebagian orang, minum kopi sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Namun, tak sedikit orang yang berusaha memangkas konsumsi kopi...

Film Film Film1 minggu lalu

Hobbs & Shaw Bertahan di Puncak

Hobbs & Shaw (Universal Pictures) berhasil bertahan di posisi puncak film terlaris di Amerika Serikat pekan ini, tetapi film horor...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Ini Ponsel Pintar Flagship Yang Bakal Beredar

SAMSUNG baru saja meluncurkan dua seri smartphone baru Galaxy Note 10 pada pekan lalu. Galaxy Note 10 dan Galaxy Note...

Pop & Roll1 minggu lalu

Villa Mewah Tempat Liburan William dan Kate Middleton

AWAL Agustus ini, keluarga Pangeran William dan Kate Middleton diketahui menghabiskan waktu libur musim panas mereka di pulau pribadi nan...

Jalan-Jalan Plesir2 minggu lalu

Kolam Monster di Jembatan 4 Barelang!

KARENA kelamaan gak mancing, pengelola kanal Teman Mancing di Batam memutuskan untuk memancing di kolam saja. Tapi ini bukan sembarang...

Ide2 minggu lalu

KOPI BENNY On FESTIVAL HIJAU 2019

TALKSHOW “Kopi Benny” turut mengisi kemeriahan acara tahunan yang bertajuk ATB-BP Batam Festival Hijau 2019 di Kepri Mall beberapa waktu...

Histori2 minggu lalu

Exploring Nagoya, The Old Town ( Di Belakang Layar)

SELAIN Jepang, Batam juga punya kota bernama Nagoya. Kami melansir cerita perjalanan tim Beplus Indonesia yang tertarik menelusuri sejarah, termasuk...

Pilihan gowest.id2 minggu lalu

Penambi ( Di Balik Layar)

PENAMBI adalah sebuah pulau kecil yang terdapat di sekitar wilayah Batam Centre di pulau Batam. Dulunya, pulau itu terpisah dari...

Ide2 minggu lalu

Kesalahan – Kesalahan Pengelolaan Keuangan Kaum Milenial

KESALAHAN pengelolaan keuangan bisa berdampak buruk, tak terkecuali bagi milenial. Pasalnya, pengelolaan yang salah bisa menghambat kesehatan keuangan hingga bekal...

Pilihan gowest.id1 bulan lalu

Batam Pilihan Pertama Relokasi Perusahaan Antena Satelit PAKTEL

BADAN Pengusahaan (BP) Batam menerima kunjungan industri telekomunikasi PT Pasifik Indotama (PAKTEL) pada Senin (8/7/2019) sore. Pertemuan ini diterima langsung...