Terhubung Dengan Kami

Ide

Barang yang Seharusnya Rutin Diganti, Tapi Jarang Kita Lakukan

Zilfia Sarah

Dipublikasi

pada

Ilustrasi sikat gigi

MENJAGA rumah agar tetap bersih dan higienis butuh lebih dari sapu dan pel.

Ada banyak barang rumah tangga yang harus diganti secara rutin karena banyak bakteri berkumpul.

Fakta yang belum banyak disadari oleh banyak dari kita.

Sikat gigi

Sikat gigi : © alodokter

Seperti kata dokter gigi, kebersihan gigi sangat penting. Sikat gigi harus rutin diganti sehingga bisa membersihkan gigi secara efisien.

“Anda harus mengganti sikat gigi atau kepala sikat gigi elektrik setiap tiga bulan, kecuali sikatnya sudah rusak lebih cepat dari itu,” kata dokter gigi Ben Atkins pada Netmums.

Anak kecil biasanya lebih cepat menyikat gigi ketimbang orang dewasa, itulah mengapa sikat gigi mereka harus lebih sering diganti, lebih cepat dari tiga bulan.

Sisir

Sisir : © vietgiatri

Sisir yang sering dipakai bisa mengandung banyak kumat dari rambut. Penata rambut selebritas Jamie Stevens menyarankan untuk membersihkan sikat rambut setidaknya sekali sepekan dan membeli yang baru tiap tahun.

“Bersihkan sikat rambut di air sabun yang panas, lalu bersihkan dari rambut-rambut yang tersangkut,” katanya. “Lalu semprot dengan semprotan disinfektan untuk membunuh kuman yang tersisa.”

Sandal rumah

Sandal rumah : © ebay

Ketika memakai sandal di dalam rumah setelah seharian beraktivitas, Anda mungkin tidak memikirkan betapa kotor benda itu.

“Kau harus hati-hati terhadap apa pun yang bersentuhan dengan kulit,” kata pakar kebersihan Profesor Sally Bloomfield.

Anda harus mencuci sandal secara rutin untuk mengurangi risiko infeksi dan menggantinya setiap enam bulan.

“Jika Anda pernah mengalami infeksi jamur, misalnya, Anda bisa mengalaminya lagi,” jelas dia.

Spons

Spon

Spons yang dipakai untuk membersihkan kamar mandi atau dapur harus dibuang tiap pekan. Jika Anda memikirkan jumlah debu yang terakumulasi di dalam rumah, ini tidak mengejutkan.

Matras

Matras : © elevania

Rata-rata orang akan menghabiskan sekitar 25 tahun hidup mereka untuk tidur. Oleh karena itu, jika Anda tidak tidur di kasur yang bagus, efek sampingnya akan merugikan kesehatan.

Menurut The Sleep Council, Anda harus membeli kasur baru setiap delapan tahun karena kasur baru bisa memberi kenyamanan dan dukungan yang tepat untuk tubuh.

Karpet

Karpet : © isi bangun

Bayangkan jumlah kotoran yang ada di karpet yang selalu Anda injak setiap hari.

Karpet dapat berisi segala macam bakteri. dari tumpahan makanan atau kaki kotor.

Karpet Anda harus diganti setiap lima sampai 15 tahun, tergantung dari jenis karpet. Karpet yang bahannya lebih mudah kotor harus lebih cepat diganti.

Kontainer plastik

Kontainer plastik : © dollar tree

Anda yang sering membawa bekal dalam tempat makan plastik, simak ini. Bila kotak plastik yang dipakai sudah tergores atau dipakai untuk memanaskan makanan di dalam microwave, mungkin makanan Anda sudah terpapar dengan toksin berbahaya.

Pastikan ganti tempat makan plastik setidaknya tiap enam bulan.

Wajan

Wajan : © bubuecha.wordpress.com

Memasak di wajah yang sudah tergores tidaklah disarankan. Anda setidaknya mengganti wajan tiga hingga lima tahun sekali, karena memasak dengan wajah yang sudah tidak mulus bisa berpotensi membuat makanan terpapar komponen yang tak baik untuk tubuh.

Handuk mandi

Handuk mandi : © world market

Tidak ada yang lebih nyaman dari mengeringkan tubuh dengan handuk baru yang lembut. Kita tahu kapan handuk harus diganti, yakni ketika seratnya sudah kasar saat disentuh.

Ketika handuk sudah tidak bisa menyerap air sebaik dulu, bakteri akan lebih mudah berkembang biak di permukaannya. Gantilah handuk tiap satu hingga tiga tahun.

Bantal

Bantal : © ketumpit.blogspot.com

Jika Anda tidak mencuci bantal setidaknya tiga bulan sekali, berarti Anda membenamkan wajah ke dalam benda yang penuh kotoran.

“Bantal tua yang tidak dicuci bisa mengandung setidaknya 10 persen yang terdiri dari kulit mati serta debu dan kotoran yang mengandung alergen,” kata The Sleep Council yang menyarankan untuk mengganti bantal setiap dua atau tiga tahun.

 

(*)

 

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Histori1 hari lalu

Buah Naga & Sejarahnya di Batam

PULAU Batam identik dengan buah naga di Indonesia. Padahal, aslinya buah tersebut berasal dari benua Amerika. Tapi, tidak salah. Cikal...

Ide2 hari lalu

Pencipta Barang Nyentrik Yang Viral di Medsos

GENG Shuai dijuluki ‘Edison dari Cina’ bukan karena dia penemu lampu pijar seperti Thomas Alva Edison, melainkan karena kerap menciptakan...

Film Film Film3 hari lalu

Laut yang Memberi, Laut yang Mengambil ; Tentang “The Man from the Sea”

SEORANG pria Jepang terdampar di tepi pantai Banda Aceh. Telanjang. Tidak ada yang tau siapa namanya. Ia tak mau atau...

Otto Keren!5 hari lalu

Menyulap Corolla KE-30 1977 Jadi Mulus Banget

SALAH satu produk otomotif andalan Toyota yang melegenda adalah Corolla. Varian ini sudah mulai dikembangkan sejak 1968/ 1969. Sampai kini,...

Pilihan gowest.id5 hari lalu

Telaga Bidadari Yang Tersembunyi

ADA sebuah telaga yang terletak di sebuah hutan di kawasan Batam. Masyarakat sekitarnya menamainya sebagai Telaga Bidadari. Lokasinya masih perawan...

Jalan-Jalan Plesir5 hari lalu

Kampung Terih, Kampung Wisata Kekinian!

KAMPUNG tua yang satu ini kini telah menjadi desa wisata, yaitu Desa Wisata Kampung Terih. Kini, Kampung Terih menjadi salah...

Histori5 hari lalu

The Story of Engku Puteri

DATARAN Engku Puteri atau alun-alun Engku Puteri merupakan ruang terbuka umum yang ada di kota Batam. Lokasinya strategis karena berada...

Gaptek? Gak Lah!5 hari lalu

Apple Patenkan Sensor Biometrik Untuk Mobil

MEMBUKA ponsel menggunakan pemindai wajah sepertinya sudah sangat umum. Lalu bagaimana jika membuka kunci mobil menggunakan pemindai wajah? Apakah ada...

Pilihan gowest.id6 hari lalu

Kenapa Kita Dilarang Lepas Sepatu Saat di Pesawat?

Kamu mungkin tergoda untuk melepas sepatu dan bersantai selama di pesawat. Namun untuk alasan kesehatan, kamu sebaiknya tetap memakai alas...

Pop & Roll2 minggu lalu

Tangisan Dul di Konser Dewa 19

DEWA 19 jadi manggung di Malaysia. Dul Jaelani akhirnya menggantikan posisi Ahmad Dhani di Keyboard. Ia menggantikan posisi ayahnya yang...