Terhubung Dengan Kami

Ini Batam

Belajar Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Ke Batam

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

Foto : © BP Batam untuk GoWestID

BADAN Pengusahaan Batam menerima kunjungan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bandung Barat yang diselenggarakan di Ruang Rapat Kantor Pengelolaan Air dan Limbah BP Batam pada Senin (3/12).

Kunjungan ini diterima oleh Kepala Seksi Limbah Domestik BP Batam, Misyar Yunanto.

Dalam paparannya, Yunanto menyampaikan bagaimana proses Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Kota Batam.

Tujuan dari kunjungan ini ialah untuk mencari informasi mengenai Sistem dan Pengelolaan Air Minum yang telah dibuat oleh Badan Pengusahaan Batam.

Rombongan yang berjumlah 30 orang dari Dinas PU & PERA Pemkab Bandung Barat dipimpin oleh Kepala Bidang Sanitasi, Anni Roslinati.

Anni mengungkapkan bahwa mereka ingin belajar dari BP Batam dan melihat langsung serta berdiskusi mengenai pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang sedang dilaksanakan oleh BP Batam dan ke depannya program-program BP Batam ke depan.

Berdasarkan Master Plan Pembangunan IPAL (INDII-AUSAD tahun 2011) bahwa di Kota Batam akan dibangun sebanyak 7 lokasi IPAL maupun IPLT, saat ini TAHAP I sedang dalam pelaksanaan pembangunan dan pekerjaan ini merupakan bantuan dari Pemerintah Korea Selatan kepada Pemerintah Indonesia yang didelegasikan kepada BP Batam.

Batam merupakan daerah kepulauan yang tidak memiliki sumber mata air dari tanah, sehingga kebutuhan air bersih sangat tergantung kepada curah hujan yang di tampung di waduk buatan.

BP Batam telah membangun beberapa waduk yang hanya diperuntukan khusus untuk kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Batam, BP Batam menyadari masalah lingkungan sanitasi yang bersih dan sehat mutlak diperlukan di Kota Batam agar tidak mencemari waduk-waduk yang ada.

Selain membangun 7 waduk air bersih, BP Batam sudah membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah dengan kapasitas 2.850 m3/hari atau 33 lt/det pada tahun 1995 beserta jaringan pipa air limbah di wilayah Batam Center.

Misyar juga menjelaskan sebuah sistem yang diterapkan dalam desain IPAL di Batam, yaitu System FCR adalah solusi pengolahan air limbah lengkap termasuk penghapusan padatan, perawatan biologi / penghapusan hara, pemisahan fasa, dan perlakuan akhir untuk kualitas reuse (jika diperlukan) untuk pengolahan air limbah di Kota Batam.

Pemasangan jaringan pipa air limbah sepanjang 114 km dengan sambungan rumah sebanyak 11.000 SSR serta pembangunan 5 unit stasion pompa sebagai reservoir pengumpul limbah domestic yang selanjutnya dipompakan ke IPAL yang berlokasi di daerah Bengkong.

Pembangunan ini juga akan menghasilkan kompos sebesar 18 m3/hari yang bias dimanfaatkan langsung untuk pupuk taman kota atau bias digunakan oleh warga masyarakat Batam.

Adapun layanan perpipaan air limbah terpusat (off site) baru terealisasi sebesar 15% sedangkan pelanggan air bersih yang belum terlayani dengan jaringan perpipaan terpusat akan dilayani melalui L2T2 (Layanan Lumpur Tinja Terjadwal) (on site), hal ini sudah diterapkan dibeberapa Kota, seperti Kota Bandung, Medan, Yogyakarta dan daerah lainnya, dengan demikian kedepannya Kota Batam selaras dengan program Pemerintah Universal Akses 100-0-100 atau 100% pelayanan air bersih, 0% pemukiman kumuh dan 100% pelayanan air limbah.

Dengan paparan tersebut, Kepala Bidang Sanitasi, Anni Roslinati mengatakan bahwa pengelolaan Air Limbah di Batam didesain dengan sangat baik dan mampu menjadi percontohan bagi daerah mereka kedepan.“Inilah keunggulan yang kami pelajari dari Batam, kami harap dapat kami terapkan di daerah kami nantinya.” Ungkap Anni.

Usai kunjungan Kerja ini, rombongan melakukan kunjungan lapangan ke sejumlah proyek yang telah dipaparkan BP Batam seperti, pembangunan Stasion Pompa dan pemasangan jaringan pipa air limbah.

 

(*/ GoWestID)

 

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pilihan gowest.id3 hari lalu

“Remembering Nukman Luthfie” pada Akun Kenangan Facebook

KABAR duka menghampiri dunia digital Indonesia. Salah satu pakar media sosial, Nukman Luthfie meninggal dunia di Yogyakarta pada Sabtu malam (12/01/2019). Sepeninggal...

Pilihan gowest.id5 hari lalu

Minta Maaf Melalui Tatto

KARENA merasa bersalah seorang suami yang telah berselingkuh meminta maaf kepada istrinya dengan cara yang unik, yaitu lewat tato . Namun, tak disangka...

Jalan-Jalan Plesir6 hari lalu

Alif Stone Park, Taman Batu Yang Eksotis

ALIF Stone Park menyuguhkan wisata pantai yang begitu eksotis. Di lokasi ini terdapat ribuan bongkah batu granit berukuran raksasa. Bebatuan...

Ide6 hari lalu

Tips Kemas Barang Dalam Tas Ukuran Kabin

PERJALANAN menggunakan pesawat lebih praktis jika kamu tahu cara mengepak barang dalam satu tas ukuran kabin. Selain lebih ringkas, kamu...

Pilihan gowest.id6 hari lalu

Karyawan Bahagia, Kerja Jadi Produktif

ADA berbagai faktor yang membuat karyawan lebih produktif di tempat kerja, salah satunya adalah kebahagiaan. Ya, semakin bahagia seseorang, lebih produktif juga...

Histori7 hari lalu

BP (Otorita) Batam Saat Lampau

PRESIDEN Ketiga RI yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Otorita Batam (sekarang bernama Badan Pengusahaan Batam, pen) menceritakan awal-awal pengembangan...

Histori1 minggu lalu

Menelusur Sejarah Riau Lingga di Museum Linggam Cahaya

MUSEUM Linggam Cahaya yang terletak di Daik, Lingga menyimpan ribuan benda koleksi peninggalan dari perjalanan panjang Kerajaan Lingga di Bunda...

Hidup Sehat1 minggu lalu

Mendeteksi Tanda Kesehatan Lewat Bad Mood

ADA banyak hal yang bisa merusak mood atau suasana hati. Jika rasa itu berlanjut seolah tak mau pergi, mungkin inflamasi atau peradangan...

Pop & Roll1 minggu lalu

Ketika “Captain America” Keluhkan Teknologi Zaman Sekarang

Di saat banyak orang yang merasa dimudahkan hidupnya oleh kehadiran teknologi yang semakin hari semakin canggih, lain halnya dengan aktor...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Facebook Kembangkan Mata Uang Kripto?

KABARNYA, Facebook sedang mengembangkan mata uang kripto agar mengirim uang lewat aplikasi WhatsApp lebih mudah. Kabar ini mencuat setelah laporan yang dimuat Bloomberg menyatakan bahwa Facebook akan membuat mata uang kripto untuk...