Connect with us

Gaptek? Gak Lah!

Bila Huawei Tanpa Aplikasi Android

Mike Wibisono

Published

on

Ilustrasi Ponsel Huawei : ist.

KEPUTUSAN Google untuk mencabut lisensi Android di perangkat-perangkat Huawei tentu bukan hal sepele. Ada beberapa dampak yang bakal terjadi.

Coba kamu bayangkan, ponsel Huawei yang penjualannya sedang bertumbuh dengan segala kecanggihan dan fitur-fitur apiknya, mendadak sudah gak didukung oleh sistem operasi Android dari Google.

Melansir berbagai sumber, ada berbagai dampak yang bakal menimpa Huawei jika lisensi Androidnya dicabut oleh Google.

Yang paling nyata adalah Huawei bakal kehilangan pembaruan keamanan dan dukungan secara teknis di sistem operasinya. Selain itu, perangkat baru Huawei ke depannya gak akan memiliki aplikasi turunan Google seperti YouTube, Play Store, Gmail, hingga Google Maps.

Meski begitu, Huawei masih bisa menggunakan sistem operasi Android versi terbuka alias open-source. Namun perlu dicatat, Android open-source tetap gak bisa mengakses aplikasi bikinan Google seperti Gmail, Chrome, dan Play Store.

Penggunaan Huawei di China memang gak akan terkena dampak, namun hal ini jelas bakal merugikan bisnis Huawei, khususnya di pasar Amerika.

Apalagi mengingat penjualan ponsel Huawei yang sedang tumbuh-tumbuhnya, berdasarkan hasil riset lembaga Canalys Huawei berhasil menggeser Apple dari posisi kedua.

Keputusan Google ini menjadi lanjutan dari kebijakan pemerintahan Donald Trump yang memasukan Huawei ke dalam daftar hitam perusahaan yang dilarang melakukan kerjasama bisnis dengan perusahaan Amerika Serikat. Sebagai perusahaan yang bersemayam di Amerika, Google berupaya untuk mematuhi regulasi negara ini.

(*)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *