Terhubung Dengan Kami

Jalan-Jalan Plesir

Di Kesejukan Hutan dan Air Terjun Pongkar

nien bagaskara

Dipublikasi

pada

Foto : © GoWest Indonesia

APA yang tersirat dalam benak anda saat berpikir mau melakukan wisata ke wilayah Kabupaten Karimun di Provinsi Kepulauan Riau?

Kami yakin yang tersirat dalam benak anda adalah suasana kota Tanjung Balai Karimun, pantai-pantainya atau kuliner khas Melayunya.

Tidak salah. Kabupaten Karimun yang beribukota Tanjungbalai Karimun adalah daerah yang didominasi oleh lautan. Seperti halnya Kota dan Kabupaten lain di Provinsi Kepulauan Riau yang mayoritas berpenduduk suku Melayu dan masih memegang adat istiadat dan budaya melayu.

Mungkin tidak, atau belum terbersit dibenak anda bahwa di Karimun ada destinasi wisata alam berupa hutan lindung lengkap dengan air terjun di dalamnya.

Kabupaten Karimun memang memiliki destinasi alam Pegunungan yang lengkap dengan hutan dan air terjunnya. Namanya wisata alam Air Terjun Pongkar.

Foto : © GoWest Indonesia

Lokasi air terjun Pongkar berada di kawasan kaki Gunung Jantan. Tepatnya di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing Kab. Karimun.

Berjarak lebih kurang 15 km dari kota Tanjung Balai Karimun atau 3 km dari Pantai Pongkar ke arah tenggara.

Selanjutnya untuk mencapai lokasi air terjun harus melewati jalan setapak lebih kurang 100 m yang harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Sekeliling jalan menuju lokasi air terjun ini, masih dihiasi hutan yang ditumbuhi aneka jenis pohon khas hutan tropis Indonesia dan semak-semak belukar.

Sepanjang jalan menuju lokasi Air Terjun anda akan terus menikmati suara gemericik air jernih yang mengalir di parit (sungai kecil) dari hulu ke hilir.

Selain itu anda juga akan menikmati sensasi suara aneka bunyi serangga hutan dan juga suara orang hutan yang masih banyak terdapat di hutan itu.

Air Terjun Pongkar memang berbeda dengan air terjun lain pada umumnya.

Umumnya air terjun itu adalah air yang jatuh (terjun) dari ketinggian tertentu ke arah bawah dan biasanya di perbukitan yang berbatu dan tebing yang curam.

Foto : © GoWest Indonesia

Keberadaan Air Terjun Pongkar memang sudah cukup lama dan sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang diandalkan oleh Pemerintah Kabupaten Karimun.

Hal ini terlihat saat kru Gowest Indonesia (gowest.id) yang tergabung dalam Tim Jelajah Konektivitas Hati berkesempatan mengunjungi tempat ini beberapa waktu yang lalu.

Kami menemukan jejak yang menunjukan bahwa air terjun Pongkar sudah dikelola sedemikan rupa untuk kenyamanan pengunjungnya.

Di pintu masuk area sudah terbangun tembok yang bertuliskan nama obyek wisata, jalan setapak untuk menuju lokasipun sudah berupa jalan tembok kendati sudah terlihat cukup lama dan perlu adanya perbaikan.

Di areal air terjun.pun sudah tertata dengan baik. Tepat di bawah jatuhnya air sudah terbuat kolam renang buatan untuk para pengunjung dan pasilitas ganti pakaian.

Foto : © GoWest Indonesia

Para pengunjung Air Terjun Pongkar biasanya datang pada akhir pekan. Pengunjung yang datang pun tidak hanya wisatawan lokal Karimun dan Kepri. Tapi juga dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

(zhr/ GoWestID)

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Hidup Sehat1 minggu lalu

Khasiat Ikan Tongkol

IKAN Tongkol menjadi salah satu ikan yang cukup populer di Indonesia. Ikan ini dapat diolah menjadi berbagai masakan rumahan yang...

Film Film Film1 minggu lalu

Kisah Bung Hatta Mau Diangkat ke Layar Lebar

FILM sejarah tergolong langka di negeri ini. Bahkan bisa dihitung dengan jari. Masih banyak tokoh yang belum difilmkan. Salah satunya...

Histori1 minggu lalu

Yang Dilakukan Sebelum Kenal Internet

INTERNET Ditemukan pada tahun 1989. Artinya genap 30 tahun sekarang, sebagian dari kita mungkin tidak menduga jika internet akan menjadi begitu besar....

Jalan-Jalan Plesir1 minggu lalu

Pemburu Harta Karun di Balik Museum Sri Serindit

DULU, perairan sekitar Natuna adalah jalur yang padat dilalui oleh kapal-kapal dagang dari berbagai negara. Tak sedikit jumlah kapal dagang...

Gaptek? Gak Lah!2 minggu lalu

Titan, Masa Depan Militer Dunia?

BERTEMU Titan, si robot militer. Robot ini memiliki tinggi 8 feet dan berat 60 Kg. Titan diperkenalkan dalam ajang INTERNATIONAL...

Pilihan gowest.id2 minggu lalu

Telat Menikah Lebih Bahagia?

PERNIKAHAN bisa membuat hati kita lebih bahagia dalam jangka panjang. Namun, sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa kebahagiaan tersebut tergantung kapan...

Gaptek? Gak Lah!2 minggu lalu

Ponsel Layar Meregang Dari LG

LG menyatakan tidak akan gegabah dalam merilis ponsel layar lipat. Yang menarik, LG justru dikabarkan punya inisiatif untuk menghadirkan perangkat dengan layar yang...

Ide2 minggu lalu

Mimpi Kecil Tentang Rumah Pohon

CITA CITA ingin memiliki rumah di atas pohon yang diimpikan saat masih kecil, akhirnya diwujudkannya begitu dewasa. Rumah pohon ini...

Jalan-Jalan Plesir2 minggu lalu

Wisata Alam Terbuka di Batam Forest Top

BATAM Forest Top adalah salah satu lokasi wisata anti mainstream di Kota Batam. Sesuai dengan namanya, kita akan disuguhkan wisata...

Otto Keren!3 minggu lalu

7 Mobil KW China Yang Bikin Geleng Kepala

TIONGKOK atau China memang negara yang unik. Selain Chinese Food yang terkenal, mereka juga terkenal sering mengabaikan apa yg dikenal...