Terhubung Dengan Kami

Jalan-Jalan Plesir

Di Kesejukan Hutan dan Air Terjun Pongkar

nien bagaskara

Dipublikasi

pada

Foto : © GoWest Indonesia

APA yang tersirat dalam benak anda saat berpikir mau melakukan wisata ke wilayah Kabupaten Karimun di Provinsi Kepulauan Riau?

Kami yakin yang tersirat dalam benak anda adalah suasana kota Tanjung Balai Karimun, pantai-pantainya atau kuliner khas Melayunya.

Tidak salah. Kabupaten Karimun yang beribukota Tanjungbalai Karimun adalah daerah yang didominasi oleh lautan. Seperti halnya Kota dan Kabupaten lain di Provinsi Kepulauan Riau yang mayoritas berpenduduk suku Melayu dan masih memegang adat istiadat dan budaya melayu.

Mungkin tidak, atau belum terbersit dibenak anda bahwa di Karimun ada destinasi wisata alam berupa hutan lindung lengkap dengan air terjun di dalamnya.

Kabupaten Karimun memang memiliki destinasi alam Pegunungan yang lengkap dengan hutan dan air terjunnya. Namanya wisata alam Air Terjun Pongkar.

Foto : © GoWest Indonesia

Lokasi air terjun Pongkar berada di kawasan kaki Gunung Jantan. Tepatnya di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing Kab. Karimun.

Berjarak lebih kurang 15 km dari kota Tanjung Balai Karimun atau 3 km dari Pantai Pongkar ke arah tenggara.

Selanjutnya untuk mencapai lokasi air terjun harus melewati jalan setapak lebih kurang 100 m yang harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Sekeliling jalan menuju lokasi air terjun ini, masih dihiasi hutan yang ditumbuhi aneka jenis pohon khas hutan tropis Indonesia dan semak-semak belukar.

Sepanjang jalan menuju lokasi Air Terjun anda akan terus menikmati suara gemericik air jernih yang mengalir di parit (sungai kecil) dari hulu ke hilir.

Selain itu anda juga akan menikmati sensasi suara aneka bunyi serangga hutan dan juga suara orang hutan yang masih banyak terdapat di hutan itu.

Air Terjun Pongkar memang berbeda dengan air terjun lain pada umumnya.

Umumnya air terjun itu adalah air yang jatuh (terjun) dari ketinggian tertentu ke arah bawah dan biasanya di perbukitan yang berbatu dan tebing yang curam.

Foto : © GoWest Indonesia

Keberadaan Air Terjun Pongkar memang sudah cukup lama dan sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang diandalkan oleh Pemerintah Kabupaten Karimun.

Hal ini terlihat saat kru Gowest Indonesia (gowest.id) yang tergabung dalam Tim Jelajah Konektivitas Hati berkesempatan mengunjungi tempat ini beberapa waktu yang lalu.

Kami menemukan jejak yang menunjukan bahwa air terjun Pongkar sudah dikelola sedemikan rupa untuk kenyamanan pengunjungnya.

Di pintu masuk area sudah terbangun tembok yang bertuliskan nama obyek wisata, jalan setapak untuk menuju lokasipun sudah berupa jalan tembok kendati sudah terlihat cukup lama dan perlu adanya perbaikan.

Di areal air terjun.pun sudah tertata dengan baik. Tepat di bawah jatuhnya air sudah terbuat kolam renang buatan untuk para pengunjung dan pasilitas ganti pakaian.

Foto : © GoWest Indonesia

Para pengunjung Air Terjun Pongkar biasanya datang pada akhir pekan. Pengunjung yang datang pun tidak hanya wisatawan lokal Karimun dan Kepri. Tapi juga dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

(zhr/ GoWestID)

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pilihan gowest.id4 hari lalu

“Remembering Nukman Luthfie” pada Akun Kenangan Facebook

KABAR duka menghampiri dunia digital Indonesia. Salah satu pakar media sosial, Nukman Luthfie meninggal dunia di Yogyakarta pada Sabtu malam (12/01/2019). Sepeninggal...

Pilihan gowest.id6 hari lalu

Minta Maaf Melalui Tatto

KARENA merasa bersalah seorang suami yang telah berselingkuh meminta maaf kepada istrinya dengan cara yang unik, yaitu lewat tato . Namun, tak disangka...

Jalan-Jalan Plesir7 hari lalu

Alif Stone Park, Taman Batu Yang Eksotis

ALIF Stone Park menyuguhkan wisata pantai yang begitu eksotis. Di lokasi ini terdapat ribuan bongkah batu granit berukuran raksasa. Bebatuan...

Ide7 hari lalu

Tips Kemas Barang Dalam Tas Ukuran Kabin

PERJALANAN menggunakan pesawat lebih praktis jika kamu tahu cara mengepak barang dalam satu tas ukuran kabin. Selain lebih ringkas, kamu...

Pilihan gowest.id7 hari lalu

Karyawan Bahagia, Kerja Jadi Produktif

ADA berbagai faktor yang membuat karyawan lebih produktif di tempat kerja, salah satunya adalah kebahagiaan. Ya, semakin bahagia seseorang, lebih produktif juga...

Histori1 minggu lalu

BP (Otorita) Batam Saat Lampau

PRESIDEN Ketiga RI yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Otorita Batam (sekarang bernama Badan Pengusahaan Batam, pen) menceritakan awal-awal pengembangan...

Histori1 minggu lalu

Menelusur Sejarah Riau Lingga di Museum Linggam Cahaya

MUSEUM Linggam Cahaya yang terletak di Daik, Lingga menyimpan ribuan benda koleksi peninggalan dari perjalanan panjang Kerajaan Lingga di Bunda...

Hidup Sehat1 minggu lalu

Mendeteksi Tanda Kesehatan Lewat Bad Mood

ADA banyak hal yang bisa merusak mood atau suasana hati. Jika rasa itu berlanjut seolah tak mau pergi, mungkin inflamasi atau peradangan...

Pop & Roll1 minggu lalu

Ketika “Captain America” Keluhkan Teknologi Zaman Sekarang

Di saat banyak orang yang merasa dimudahkan hidupnya oleh kehadiran teknologi yang semakin hari semakin canggih, lain halnya dengan aktor...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Facebook Kembangkan Mata Uang Kripto?

KABARNYA, Facebook sedang mengembangkan mata uang kripto agar mengirim uang lewat aplikasi WhatsApp lebih mudah. Kabar ini mencuat setelah laporan yang dimuat Bloomberg menyatakan bahwa Facebook akan membuat mata uang kripto untuk...