Terhubung Dengan Kami

Jalan-Jalan Plesir

Di Kesejukan Hutan dan Air Terjun Pongkar

nien bagaskara

Dipublikasi

pada

Foto : © GoWest Indonesia

APA yang tersirat dalam benak anda saat berpikir mau melakukan wisata ke wilayah Kabupaten Karimun di Provinsi Kepulauan Riau?

Kami yakin yang tersirat dalam benak anda adalah suasana kota Tanjung Balai Karimun, pantai-pantainya atau kuliner khas Melayunya.

Tidak salah. Kabupaten Karimun yang beribukota Tanjungbalai Karimun adalah daerah yang didominasi oleh lautan. Seperti halnya Kota dan Kabupaten lain di Provinsi Kepulauan Riau yang mayoritas berpenduduk suku Melayu dan masih memegang adat istiadat dan budaya melayu.

Mungkin tidak, atau belum terbersit dibenak anda bahwa di Karimun ada destinasi wisata alam berupa hutan lindung lengkap dengan air terjun di dalamnya.

Kabupaten Karimun memang memiliki destinasi alam Pegunungan yang lengkap dengan hutan dan air terjunnya. Namanya wisata alam Air Terjun Pongkar.

Foto : © GoWest Indonesia

Lokasi air terjun Pongkar berada di kawasan kaki Gunung Jantan. Tepatnya di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing Kab. Karimun.

Berjarak lebih kurang 15 km dari kota Tanjung Balai Karimun atau 3 km dari Pantai Pongkar ke arah tenggara.

Selanjutnya untuk mencapai lokasi air terjun harus melewati jalan setapak lebih kurang 100 m yang harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Sekeliling jalan menuju lokasi air terjun ini, masih dihiasi hutan yang ditumbuhi aneka jenis pohon khas hutan tropis Indonesia dan semak-semak belukar.

Sepanjang jalan menuju lokasi Air Terjun anda akan terus menikmati suara gemericik air jernih yang mengalir di parit (sungai kecil) dari hulu ke hilir.

Selain itu anda juga akan menikmati sensasi suara aneka bunyi serangga hutan dan juga suara orang hutan yang masih banyak terdapat di hutan itu.

Air Terjun Pongkar memang berbeda dengan air terjun lain pada umumnya.

Umumnya air terjun itu adalah air yang jatuh (terjun) dari ketinggian tertentu ke arah bawah dan biasanya di perbukitan yang berbatu dan tebing yang curam.

Foto : © GoWest Indonesia

Keberadaan Air Terjun Pongkar memang sudah cukup lama dan sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang diandalkan oleh Pemerintah Kabupaten Karimun.

Hal ini terlihat saat kru Gowest Indonesia (gowest.id) yang tergabung dalam Tim Jelajah Konektivitas Hati berkesempatan mengunjungi tempat ini beberapa waktu yang lalu.

Kami menemukan jejak yang menunjukan bahwa air terjun Pongkar sudah dikelola sedemikan rupa untuk kenyamanan pengunjungnya.

Di pintu masuk area sudah terbangun tembok yang bertuliskan nama obyek wisata, jalan setapak untuk menuju lokasipun sudah berupa jalan tembok kendati sudah terlihat cukup lama dan perlu adanya perbaikan.

Di areal air terjun.pun sudah tertata dengan baik. Tepat di bawah jatuhnya air sudah terbuat kolam renang buatan untuk para pengunjung dan pasilitas ganti pakaian.

Foto : © GoWest Indonesia

Para pengunjung Air Terjun Pongkar biasanya datang pada akhir pekan. Pengunjung yang datang pun tidak hanya wisatawan lokal Karimun dan Kepri. Tapi juga dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

(zhr/ GoWestID)

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Selamat Berbuka

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Gaptek? Gak Lah!1 hari lalu

Nokia 9110i Berumur 21 Tahun, Jadi Holy Grail Kolektor

PADA tahun 1998, Nokia 9110i Communicator menjadi ponsel pintar yang punya kemampuan bak komputer. Dengan ukuran yang pas untuk dikantongi, ponsel ini...

Histori1 hari lalu

Istana Damnah Dalam Sejarah

DI Kampung Damnah, Kabupaten Lingga terdapat sebuah situs bersejarah yang berkaitan dengan Kesultanan Riau Lingga. Sebuah kompleks istana yang berdiri...

Histori1 hari lalu

Sejarah THR Di Indonesia

TUNJANGAN Hari Raya (THR) mulai diberikan pada zaman pemerintahan Bung Karno. Tepatnya pada Kabinet PM keenam Soekiman Wirjosandjojo, politikus asal...

Gaptek? Gak Lah!6 hari lalu

Bila Huawei Tanpa Aplikasi Android

KEPUTUSAN Google untuk mencabut lisensi Android di perangkat-perangkat Huawei tentu bukan hal sepele. Ada beberapa dampak yang bakal terjadi. Coba...

Bincang6 hari lalu

Batam, A Sampai Z Bersama Daniel Burhannuddin

DIRUT PT. Esqarada, Daniel Burhannuddin bicara Panjang lebar tentang Batam. Mulai A sampai Z. Sejak awal mulai Batam dibangun era...

Histori6 hari lalu

Melihat Pengelolaan Dana Haji di Masa Lalu

DULU, sebelum tahun 1979, calon jamaah haji Indonesia mempunyai kebebasan untuk memilih salah satu dari dua pilihan. Apakah pemberangkatan ke...

Pop & Roll6 hari lalu

Industri Kecantikan Mulai Bidik Laki – Laki

INDUSTRI kecantikan kini tak hanya didominasi perempuan. Semakin banyak laki-laki yang menunjukkan minat terhadap produk perawatan kulit dan kecantikan. Menurut...

Inspirasi1 minggu lalu

Dulu Gagal, Sekarang Beromset Rp.2 Juta Sekali Produksi

BERANI berkreasi serta berinovasi hingga menghasilkan satu produk bernilai jual, menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan oleh kaum milenial...

Histori1 minggu lalu

Dokumentasi Bersejarah Mendur Bersaudara

JIKA saat ini kamu bisa melihat foto Presiden Soekarno membacakan teks Proklamasi, maka sudah patutnya kamu berterima kasih pada sosok...

Ide1 minggu lalu

Fungsi Lain Mie Instan Selain Bikin Kenyang

SEPERTI kita tahu, mie instan termasuk menu favorit banyak orang termasuk anak kost di akhir bulan. Selain harganya yang terjangkau...