Connect with us

Dunia

Eks PM Malaysia Rehat di Tengah Kabar Burung

iqbal fadillah

Dipublikasi

pada

Foto : Facebook, Najib Razak

DUA hari setelah kalah dalam pemilu Malaysia, Kamis (10/5/2018), eks Perdana Menteri Malaysia Najib Razak memutuskan untuk beristirahat. Keputusan Najib dikabarkan melalui laman Facebook pribadinya.

Dalam status itu, Najib antara lain menegaskan keinginannya untuk mengambil waktu sejenak untuk berkumpul dengan keluarga yang selama bertahun-tahun jarang ditemui. Tak lupa Najib mengharapkan Malaysia kembali bersatu setelah sempat terbelah karena pemilu yang dimenangi oleh mentor sekaligus seniornya, Mahathir Mohamad.

Namun, dalam tulisan itu, Najib tidak menjelaskan di mana ia akan beristirahat. Apakah di Malaysia atau di luar negeri. Media menyebut Najib akan beristirahat di Indonesia.

Najib diberitakan media menumpang pesawat yang juga tak jelas apakah sewaan atau bukan pada Sabtu (12/5). Najib dan istrinya dijadwalkan terbang dari Bandara Subang, Selangor, pada pukul 09.00 WIB dan bakal mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar satu jam kemudian.

Menurut laporan The Straits Times dari Bandara Subang, publik dan para jurnalis berkumpul di luar gerbang menyusul kabar burung yang beredar luas. Sementara polisi menjaga ketat bandara tersebut.

Media Singapura itu kemudian berusaha mengonfirmasi jadwal kedatangan di Bandara Halim Perdanakusuma. Seorang petugas yang tak disebutkan namanya mengatakan tidak ada jadwal kedatangan seperti yang diberitakan media.

Adapun kabar awal soal rencana kepergian Najib ke Indonesia dilansir oleh kantor berita Reuters. Meski begitu Reuters pun tak bisa mengonfirmasi kebenaran kabar itu.

Sedangkan menurut The Wall Street Journal, nama tokoh 64 tahun itu dan Rosmah Mansor sang istri ada dalam manifes pesawat. Hanya ada nama mereka dalam manifes itu, tapi media ini gagal meminta konfirmasi kepada mereka.

Patut diduga, Najib dan istri memang berencana untuk ke Indonesia. Namun, otoritas Malaysia lebih dulu memasukkan nama mereka ke dalam daftar cekal.

Soal ini pun dibenarkan Najib melalui status Twitter. Imigrasi Malaysia sudah mengabarkan langsung bahwa dirinya dan keluarga dilarang ke luar negeri. Najib pun siap mengikuti kebijakan itu sehingga bakal tetap di Malaysia.

 

 

Uniknya, Dirjen Imigrasi Malaysia Mustafar Ali sempat mengatakan belum ada perintah melarang Najib dan istrinya ke luar negeri. “Sejauh ini dia tidak dicekal,” katanya.

Pelarangan pergi ke luar negeri muncul setelah PM terpilih Mahathir menyatakan bakal membuka kembali penyidikan dugaan korupsi terhadap Najib. Politisi dari koalisi Barisan Nasional ini diduga menguasai uang melalui 1Malaysia Development Berhad (1MDB), perusahaan investasi negara yang didirikan Najib pada 2009.

Otoritas Amerika Serikat menduga Najib sedikitnya mencuri uang AS $4,5 miliar pada kurun 2009-2015, termasuk menerima suap sebesar AS $681 juta. Dalam penyidikan terdahulu, Najib dan 1MDB membantah segala tuduhan hingga dinyatakan bebas.

Mahathir dalam pernyataannya pada Kamis mengatakan bahwa keputusan untuk membuka kembali skandal tersebut bukan tindakan balas dendam ala politik.

“Kami ingin mengembalikan aturan hukum,” ujar Mahathir dikutip Bloomberg.

 

 

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pilihan gowest.id15 jam lalu

Bantahan Facebook Soal Penggunaan Android

PENGELOLA Facebook membantah laporan New York Times yang menyebut bahwa CEO Mark Zuckerberg memerintahkan kepada para eksekutif perusahaan untuk menggunakan perangkat Android saja. Dalam laporan...

Film Film Film2 hari lalu

Brutal dan Berdarah-Darah di “Message Man”

FILM drama action ‘Message Man‘ akan tayang di bioskop pada 22 November 2018 mendatang. Lihat saja dalam trailer. Ada perkelahian...

Gaptek? Gak Lah!3 hari lalu

Teknologi yang Membuat Ponsel Jadi Makin Pintar

TELEPON Pintar makin pintar dengan pembaharuan fitur yang disematkan dari tahin ke tahun. Ada lensa kamera berkualitas tinggi, aplikasi seluler,...

Pop & Roll4 hari lalu

Selamat Jalan Sang Legenda Komik Marvel

STAN Lee, sang penulis  yang menciptakan banyak karakter ikonik seperti Iron Man, Fantastic Four, Spider-Man, Daredevil, dan X-Men, meninggal dunia...

Pilihan gowest.id4 hari lalu

Kemunculan Oarfish, Pesan dari Laut Tentang Gempa Bumi?

KEMUNCULAN ikan Oarfish sering dikaitkan sebagai pertanda gempa Bumi akan terjadi. Ikan Oarfish dianggap sebagai pembawa pesan dari laut. Rumor mengenai...

Ini Batam6 hari lalu

Andra & The Backbone di “Car Free Night BP Batam ; Main Hati”

BAND papan atas Andra & The Backbone menjadi salah satu pengisi acara di even BP Batam Car Free Night yang...

Hidup Sehat6 hari lalu

Khasiat Makan Kuaci Yang Mungkin Belum Diketahui

MENONTON sambil ditemani satu bungkus kuaci? Rasanya sangat komplit! Apalagi, kini kuaci sudah hadir dengan berbagai varian rasa yang bisa jadi...

Pop & Roll6 hari lalu

Penampilan Padi Reborn di “90s Festival”

90’S FESTIVAL Digelar di Gambir Expo, Kemayoran, Sabtu, 10 November 2018. Even berlangsung sangat meriah dan mengesankan bagi para pengunjung....

Pop & Roll1 minggu lalu

Konser 25 Lagu G’nR di Jakarta

BAND rock legendaris Guns N’ Roses akhirnya menyapa para penggemar mereka di Indonesia dalam rangka tur dunia yang bertajuk Not in This...

Pilihan gowest.id1 minggu lalu

THE NEW, Xiaomi Vs Huawei!

BARU – baru ini Xiaomi meluncurkan smartphone andalan mereka Mi Mix 3 di Tiongkok. Mengusung konsep kamera pop-up. Xiaomi Mi...