Connect with us

Ini Batam

Gedung Baru RSBP Untuk Tangani Penyakit Jantung dan Otak

iqbal fadillah

Dipublikasi

pada

Foto © RSBP Batam untuk GoWest.ID

PROYEK pembangunan gedung baru Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam yang telah dimulai sejak akhir tahun 2016 lalu, saat ini masih terus digesa untuk mengejar target penyelesaian.

Targetnya, pembangunannya akan selesai di awal tahun 2019 mendatang.

Proyek pembangunan gedung dan instalasi ini sendiri, saat ini sudah berjalan 69 persen memasuki tahap penyelesaian.

Gedung baru ini, direncanakan akan dikhususkan untuk menjadi instalasi untuk penyakit jantung dan otak yang bekerjasama dengan dua rumah sakit spesialis yang telah menjadi rujukan untuk kedua penyakit tersebut.

“Untuk proses pengerjaan telah mencapai 69 persen, dan saat ini kami dari RSBP Batam sedang dalam masa konsolidasi untuk mencari partner bisnis dan kerjasama. Untuk saat ini kerjasama dengan Rumah Sakit Gatot Subroto spesialis khusus jantung, dan Rumah Sakit Harapan Kita spesialis khusus penyakit otak, sudah memasukki tahap final untuk mendukung RSBP Batam menjadi Rumah Sakit tingkat Nasional,” ujar Direktur RSBP Batam, Sigit Riyarto, Senin (12/03/2018) saat ditemui di RSBP Batam.

Walau menjadi salah satu Rumah Sakit milik Pemerintah, namun Sigit menegaskan bahwa RSBP Batam bukan termaksud menjadi salah satu bagian dari BUMN.

Sehingga saat ini rumah sakit yang dinaungi langsung oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam itu, tengah mencari investor untuk proses penyelesaian pembangunan salah satu instalasi lainnya yang tengah direncanakan oleh mereka.

Ia bahkan menambahkan, adanya desain pembangunan gedung baru untuk penyakit jantung dan otak ini akan menggunakan interior dan konsep seperti rumah sakit swasta ternama lainnya.

“Jadi nanti untuk di lobi rumah sakit sendiri akan kita desain seperti di hotel, tapi tidak hanya fasilitas dan desain ruangan saja yang kami tekankan disini ialah perubahan pelayanan yang akan diberikan kepada para pasien,” lanjut Sigit.

Adanya perbaikan pelayanan ini dimaksudkan untuk merubah image dari rumah sakit pemerintah yang identik dengan pelayanan yang kurang maksimal.

Foto © RSBP Batam untuk GoWest.ID

Dengan kerjasama dengan dua rumah sakit speseialis tersebut, managemen RSBP Batam ingin merubah hal tersebut dan memberikan pelayanan rasa rumah sakit swasta kepada seluruh pasien. Terutama pasien yang menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

Pihak BP Batam sendiri mendesain gedung baru ini menjadi rumah sakit khusus penyakit jantung dan otak. Harapannya, ini bisa menjadi salah satu rumah sakit rujukan. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga untuk Warga negara asing dari Malaysia dan Singapura.

“Selain pembangunan gedung, baru kita juga akan membeli unit Magnetic resonance imaging (MRI), unit yang digunakan khusus untuk mendeteksi penyakit otak. Untuk harga satu unit MRI ini sendiri mencapai angka yang fantastis mencapai Rp 30 miliar,” lanjutnya.

Selain itu, pemilihan menjadikan RSBP Batam menjadi rujukan khusus penyakit jantung dan otak karena tren penderita dua penyakit ini setiap tahunnya mengalami peningkatan.

“Penyakit ini sendiri biasanya dipicu oleh gaya hidup terutama dari kalangan pemuda yang memulainya dengan mengkonsumsi rokok, saat ini saja kami di RSBP Batam saja dalam satu tahun sudah menerima 400 pasien jantung baik yang hanya konsultasi maupun yang akan menjalani operasi,” ungkapnya.

Peningkatan pasien penyakit jantung dan otak di Batam dan Kepulauan Riau yang ditangani oleh RSBP Batam, juga sempat menyebabkan kesulitan terutama di bagian dokter spesialis. Untuk penyakit jantung, RSBP hanya memiliki 1 dokter spesialis. Sementara untuk penyakit otak RSBP memiliki 2 orang dokter spesialis.

“Untuk kerjasama yang akan kita lakukan dengan dua rumah sakit spesialis itu, tidak hanya di bagian sumber daya manusia, tapi juga manajerial rumah sakitnya. Juga dengan penambahan dokter spesialis yang telah disetujui oleh Kenterian Kesehatan yang akan menugaskan beberapa dokter spesialis baru di rumah sakit tersebut,” katanya.

 

(*/GoWest.ID)

 

 

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pop & Roll2 bulan lalu

Untuk Perempuan, Pria Humoris itu Begini

PUNYA teman pria yang humoris memang bikin hari-hari kamu jadi lebih terhibur. Benar? Bayangkan, kalau tak ada kehadirannya semua teman...

Pop & Roll2 bulan lalu

Katanya, Wanita Lebih Suka Tidur Sendiri

ADA fakta menarik diungkap pakar tidur dunia Dr Michael Breus. Katanya, wanita sesungguhnya lebih suka atau nyaman tidur sendirian. “Ada perbedaan...

Gaptek? Gak Lah!3 bulan lalu

145 Aplikasi di Playstore Terinfeksi Malware

SEBANYAK 145 aplikasi di Google Play ditemukan terinfeksi malware baru yang dapat merusak mesin Windows. Menurut laporan awal pekan ini, 145 aplikasi Andorid...

Gaptek? Gak Lah!3 bulan lalu

Chat Sambil Nonton Youtube di WhatsApp Android

AWAL 2018, WhatsApp menghadirkan fitur Picture-in-Picture untuk perangkat bersistem operasi iOS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyaksikan video dari Instagram, Facebook, dan YouTube tanpa...

Pilihan gowest.id3 bulan lalu

Membayangkan Kartun “Kids Jaman Old” Menua

ANAK – anak era 70, 80 dan 90-an pasti pernah merasakan betapa berjayanya jaman dahulu. Saat banyak sekali film kartun...

Pop & Roll3 bulan lalu

Liam Dan Noel Galagher Rujuk

REUNI band Oasis adalah salah satu yang paling dinantikan penggemarnya di muka bumi ini. Tapi, reuni ini tidak akan terwujud...

Otto Keren!3 bulan lalu

Skuter Matik Nex II Varian Baru Hadir di Batam

SETELAH sukses diluncurkan di Jakarta dan beberapa kota lain, kini PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi turut memperkenalkan varian...

Hidup Sehat3 bulan lalu

Mewaspadai Kanker Serviks, Sadanis dan Payudara Klinis dengan Sosialisasi

CANCER Information & Support Center (CISC) Batam mengadakan kegiatan sosialisasi  pemeriksaan kanker serviks, Sadanis dan Payudara Klinis di Puskesmas Tiban...

Otto Keren!3 bulan lalu

Setelah Jimny, Suzuki Luncurkan Hustler

SUZUKI telah merilis Jimny terbaru untuk pasar domestik di Jepang. Kini, Suzuki juga telah menyiapkan Suzuki Hustler Tough Wild sebagai...

Film Film Film3 bulan lalu

Buffalo Boys, Produksi Infinite Studio yang Tampil di Fantasia International Film Festival 2018

FILM Buffalo Boys sukses memukau penonton dunia. Film produksi Screenplay Infinite Films ini diputar secara world premiere di Fantasia International...