Connect with us

Khas

Heboh Sarden Bercacing Pita Produksi Batam

iqbal fadillah

Dipublikasi

pada

Produk sarden yang diduga mengandung cacing : © tangkapan layar

HEBOH itu berawal dari tayangan sebuah video di jejaring sosial yang diunggah oleh seorang netizen wanita.

Dalam videonya, sang netizen menyampaikan informasi tentang sarden dalam kemasan kaleng yang dibelinya dan mengandung cacing pita.

Video ini kemudian viral.

Ada informasi yang berkembang kemudian, beberapa merk sarden yang disampaikan merupakan produk sarden dalam kemasan yang diproduksi di Batam. Lantas? Benarkah informasi ini.

Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kepri akhirnya melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah merk sarden kaleng yang diduga bercacing pita.

Hasilnya, mereka menemukan ada tiga merek sarden dalam kemasan kaleng yang beredar di Kepri dan Riau mengandung cacing.

Masing-masing bermerk Hoki, IO, dan Farmer Jack.

Tak sedikit warga Batam/Kepri yang menggemarinya 3 peoduk sarden dimaksud.

Hasil pemeriksaan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Pekanbaru juga menyimpulkan serupa.

Tiga produk impor ikan kaleng Sarden Mackerel Farmerjack diungkap oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Kota Pekanbaru melalui hasil uji laboratorium mengandung cacing parasit.

Parasit Anisakis atau cacing yang ditemukan itu biasa menyerang ikan dan mamalia laut, dan manusia.

BBPOM Kota Pekanbaru menanggapi beredar luasnya video dan foto di media sosial. Dengan menguji sampel produk ikan kaleng jenis makarel itu. Kasus pertama mencuat di Kota Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir dan kemudian menyusul kasus serupa di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Ada tiga produk ikan makarel, yaitu merek 10, Farmer Jack, dan HOK,” kata Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Pekanbaru, Muhammad Kashuri, di Pekanbaru, Rabu, 21 Maret 2018.

Tiga produk impor ikan makarel kaleng yang terbukti mengandung cacing, sehingga harus segera ditarik dari peredaran dan masyarakat agar tidak mengonsumsinya.

Sementara itu Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Batam, mengeluarkan hasil uji yang menyebut Sarden Mackerel Farmerjack terdeteksi mengandung parasit Anisakis atau cacing yang biasanya menyerang ikan dan mamalia laut, dan manusia.

Tarik Produk

SEHUBUNGAN dengan temuan itu, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad langsung memerintahkan jajarannya untuk menarik produk-produk dimaksud.

Dengan keluarnya hasil identifikasi parasit Anisakis itu, Dinas Kesehatan P2KB akan segera menarik produk tersebut dari peredaran untuk diserahkan ke Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Batam untuk dimusnahkan.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dr Syamsurizal dilansir dari Antara menghimbau masyarakat agar tidak panik.

“Kita himbau masyarakat yang membeli untuk tidak panik, silahkan dikembalikan ke toko-toko tempat pembelian untuk nantinya akan dimusnahkan oleh BPOM,” kata Syamsurizal.

Menurutnya, ada dua produk ikan Makarel yang terdeteksi Anisakis tersebut yaitu produk IO dan HOKI yang di produksi oleh PT. Prima Niaga Indomas dan PT. Interfood Sukses Jasindo.

Keberadaan parasit jenis nematoda (Anisakis sp) ini menandakan bahwa produk tersebut memiliki kualitas bahan baku yang tidak baik, sehingga Balai POM Batam meminta perusahaan yang memproduksi produk tersebut segera menarik dari peredaran.

Penemuan ikan sarden kalengan merk Meckerel Farmerjack ini berawal beberapa video tentang adanya cacing dalam produk tersebut. Video itu beredar di dunia maya dan direspon banyak warganet.

Mendapat laporan tersebut Dinkes P2KB Kabupaten Lingga bersama tim dari satpol PP Lingga dan Kepolisian langsung turun kelapangan mengecek informasi tersebut dan melaporkan sampelnya ke Balai POM Batam.

 

Sumber : Antara / Batam TV

 

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Jalan-Jalan Plesir3 hari lalu

9 Jam Trip Batam ke Dabo Singkep

SIAPA bilang perjalanan ke kabupaten Lingga dari Batam menggunakan kapal Roro KMP Sembilang tidak mengasyikkan? Bagi kalian para traveller, perjalanan...

Pilihan gowest.id3 hari lalu

Lihat Kepribadian dari Jabat Tangan

KEPRIBADIAN seseorang bisa terlihat dari berbagai hal, salah satunya caranya saat berjabat tangan. Sebuah penelitian terkini yang dilakukan University of Manchester menemukan...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Mobil Terbang Pertama di Dunia Siap Dipasarkan

SEKARANG, tidak hanya  pesawat atau helikopter yang dapat terbang, karena belum lama ini  sebuah mobil terbang komersial pertama di dunia, dipamerkan di  sebuah...

Pilihan gowest.id1 minggu lalu

Beda Bos dan Pemimpin

DI berbagai organisasi, institusi hingga perusahaan, lumrah kita temukan kepala yang mengelola sistem kerjanya. Tapi, kamu harus tahu. Tidak semuanya...

Ide2 minggu lalu

Barang yang Seharusnya Rutin Diganti, Tapi Jarang Kita Lakukan

MENJAGA rumah agar tetap bersih dan higienis butuh lebih dari sapu dan pel. Ada banyak barang rumah tangga yang harus diganti secara...

Gaptek? Gak Lah!2 minggu lalu

WhatsApp Palsu Bisa Curi Data

APLIKASI yang populer digunakan banyak orang kerap menjadi sasaran para pelaku kejahatan cyber untuk memalsukannya. Salah satunya WhatsApp. Para pengguna...

Gaptek? Gak Lah!3 minggu lalu

Google Tahu Rahasia Kamu!

Di tengah hingar-bingar soal privasi digital pasca skandal kebocoran data Facebook, kini warganet mulai perhatian dengan apa saja indivasi yang mereka...

Pop & Roll3 minggu lalu

Mereka Tidak Lulus SMA

KARIR bisa jadi penting. Tapi seyogyanya jangan sampai meninggalkan bangku sekolah. Beberapa nama besar selebritas Hollywood ternyata drop out atau tidak sanggup...

Pilihan gowest.id3 minggu lalu

Beda Masalah Antara Kulit Orang Asia, Kaukasia dan Afrika

ADA enam macam pembagian warna kulit berdasarkan pigmen melanin. Mulai dari kulit putih yang dimiliki orang Kaukasia hingga kulit hitam...

Jalan-Jalan Plesir3 minggu lalu

Kebiasaan Orang Indonesia Saat Sedang Berwisata

INDONESIA merupakan salah satu negara yang penduduknya gemar melancong. Baik untuk urusan bisnis, rekreasi keluarga, atau liburan untuk melepas lelah...