Connect with us

Resep Makanan

Honey Lime Tea with Float

admin

Published

pada

ANDA tentu sudah mengetahui manfaat jeruk nipis, madu, dan teh. Tiga bahan yang berkhasiat untuk kebugaran ini kerap kita konsumsi secara terpisah. Misal, minum teh di pagi hari, jeruk nipis untuk campuran makanan atau dibikin air jeruk, dan madu ketika tubuh terasa kurang fit.

Bagaimana jika ketiga bahan berkhasiat itu digabung menjadi satu. Hasilnya akan maksimal dan menyegarkan tubuh. Apalagi jika diminum dengan sedikit es. Segar untuk dinikmati pada siang hari saat cuaca panas. Berikut ini bahan dan cara membuat minuman Honey Lime Tea with Float:

Bahan:
1 kantung teh celup
100 ml air panas
1 sdm gula pasir
2 sdm madu
200 ml soda manis
1 buah jeruk nipis, peras airnya
Es batu secukupnya
1 sendok es es krim vanila

Cara membuat:
1. Masak air, gula, dan teh bersamaan. Setelah semua larut dalam air, masukkan madu. Aduk hingga rata dan berwarna coklat kemerahan. Angkat dan dinginkan.

2. Masukkan es batu secukupnya ke dalam gelas, masukkan irisan jeruk nipis dan tuangi air soda hingga gelas penuh.

3. Ambil satu sendok es es krim vanila, letakkan di bagian atas. Hidangkan dengan hiasan irisan jeruk nipis. ***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Resep Makanan

Membuat Donat Empuk dan Mengembang yang Lezat

Zilfia Sarah

Published

on

PENGANAN yang satu ini memang sering jadi pilihan banyak orang untuk disajikan bagi keluarga. Ya, apalagi kalau bukan kue donat.

Donat merupakan salah satu menu yang nikmat juga disajikan saat berbuka puasa seperti sekaranh. Terdapat berbagai jenis donat yang bisa menjadi pilihan untuk berbuka, mulai dari donat dengan merek terkenal hingga donat yang ada di pinggir jalan, dengan harga murah.

Namun jika membeli tentu lebih mahal, ya. Lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Selain murah, membuat donat termasuk yang mudah. Sayangnya, sebagian besar ibu-ibu tidak bisa membuat donat dengan hasil yang sempurna.

Ada yang tidak mengembang dan keras, ada pula yang enak namun donatnya terlalu besar. Lalu bagaimana cara membuat donat yang sempurna?

Kami coba lansir dari laman Inovasee, Minggu 11 Juni 2017 tentang cara membuat donat empuk dan mengembang dengan mudah. Coba simak, ya.

Bahan – bahan:

  • Tepung terigu 1/2 Kg
  • Gula pasir  4 Sdm
  • Mentega Sdm
  • Air mineral 200 cc
  • Susu bubuk atau susu kental 3 Sdm
  • Ragi instan sebanyak 11 gram
  • Telur 2 butir
  • Garam sebanyak 2 Sdt

Cara membuat adonan kue donat:

Pertama kocok 2 butir telur yang sudah disiapkan tadi hingga berbusa, usahakan proses ini secara maksimal sebab semakin merata telur hancur, semakin mempengaruhi pengembangan kue.

Setelah telur mengeluarkan banyak busa, campurkan garam, gula, mentega, tepung terigu dan susu. Aduk sampai benar-benar tercampur rata. Kemudian siapkan campurkan ragi ke air dan aduk sampai rata.

Setelah ragi tercampur dengan air secara merata, tuangkan ragi ke dalam adonan kue yang sudah dibuat tadi (No 1). Setelah tercampur, adonan diuleni sampai benar-benar kalis. Diamkan adonan tersebut di dalam wadah yang tertutup, agar tidak terkena udara selama 25 menit sampai adonan benar-benar mengembang.

Adonan sudah mengembang, cetak adonan menyerupai bulatan dan diberi lubang tengah agar menjadi kue donat. Agar tidak lengket, adonan dan tempat pengolahan bentuk adonan donat sebelumnya ditaburi tepung terigu dahulu.

Jika adonan sudah membentuk kue donat, tinggal panaskan minyak goreng. Usahakan ketika proses penggorengan panas minyak terjaga, seba jika panas minyak kurang maksimal, kue sulit untuk mengembang.

Goreng adonan donat sampai benar-benar matang dan mengembang. Setelah donat mengembang, angkat dan tiriskan donat sampai benar-benar kering.

Sekarang donat sudah jadi, selanjutnya bisa dibuat berbagai variasi dan rasa. bisa dicampur dengan cokelat, keju, margarin atau yang lainnya sesuai selera Anda. (*)

 

Continue Reading

Resep Makanan

5 Minuman Khas Saat Natal

Mike Wibisono

Published

on

ADA beberapa pilihan minuman yang bisa menemani momen penuh kehangatan saat kumpul keluarga di hari Natal.

Paling tidak, ada lima jenis minuman khas Natal populer yang bisa dicoba dibuat sendiri di rumah. Dikutip dari laman beritagar.id, dari negeri asalnya di barat, beberapa di antaranya menggunakan alkohol. Tapi, kita bisa memodifikasinya sesuai selera.

Hot ale flip

Hot ale flip adalah minuman panas yang terdiri dari bir ale, rum atau brandy, sirup gula merah, dan telur. Setelah dimasak jadi satu, hot ale flip disajikan bersama parutan pala.

Bila merasa bir terlalu pahit, bisa menambahkan krim, rempah, atau gula lebih banyak. Tergantung pada jenis bir yang digunakan dan selera masing-masing.

Cokelat panas rasa jeruk

Minuman coklat panas rasa jeruk, bisa dibuat dari cokelat bubuk, cokelat batang yang dicacah, susu cair, susu kental manis, dan wiski atau minuman lain dengan rasa jeruk. Untuk menambah aroma dan warna jeruk, bisa juga menambahkan orange zest, atau bagian terluar dari kulit jeruk.

Cara membuatnya sangat sederhana. Panaskan semua bahan minuman dalam slow cooker dan biarkan sampai semuanya tercampur rata. Bila menggunakan orange zest, Anda perlu menyaring agar kulit jeruknya tak terbawa saat disajikan.

Ginger mulled wine

Minuman natal lainnya adalah ginger mulled wine. Bahan yang digunakan antara lain anggur merah, sari apel, rempah-rempah, parutan jahe segar, dan kulit jeruk.

Proses pembuatan minuman ini hanyalah mencampurkan semua bahan pada api kecil atau sedang sampai mendidih. Bila sudah matang, saring minuman dari kulit jeruk sebelum dikonsumsi.

Coquito

Coquito merupakan minuman beralkohol berbahan dasar kelapa yang secara tradisional disajikan di Puerto Rico saat Natal dan tahun baru. Minuman ini terdiri dari rum, santan, susu kental manis, vanila, kayu manis, dan cengkeh.

Variasi lain dari coquito adalah rum rasa, krim kelapa, kulit lemon, es krim, jahe, cokelat, kuning telur. Untuk penyajian, coquito ditambah parutan pala atau kayu manis.

Cokelat panas anggur merah

Minuman Coklat panas anggur merah berbahan dasar dark chocolate, cokelat bubuk tanpa pemanis, gula palem, susu cair, bubuk kayu manis, dan anggur merah seperti Merlot, Shiraz, atau Zinfandel.

Kocok cokelat, cokelat bubuk, gula, dan kayu manis bersama-sama dalam panci besar. Saat sudah mendidih, tambahkan susu sambil diaduk perlahan sampai panas dan teksturnya halus. Setelah masak, tambahkan anggur merah dan sedikit bubuk cokelat lagi saat akan disajikan. ***

Continue Reading
Advertisement

Kami di Facebook

Trending