Connect with us

Khas

Industri Otomotif Bakal Jeblok 90 Persen

iqbal fadillah

Dipublikasi

pada

Ilustrasi

PRESIDEN Joko Widodo menyinggung banyak hal saat meresmikan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Kamis 19 April 2018. Salah satunya soal fenomena revolusi industri 4.0.

Fenomena mencakup transformasi industri otomotif, termasuk mobil listrik yang belakangan menggema. Menurut Jokowi, konsekuensi dari revolusi industri 4.0 di sektor otomotif adalah bayangan tereliminasinya industri otomotif.

Jumlah komponen otomotif dalam sebuah mobil listrik hanya 1 banding 10 dari mobil biasa yang saat ini kita pakai. Artinya apa, kalau besok semua mobil di Indonesia sudah ganti mobil listrik, industri otomotif menciut 90 persen,” katanya di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Permasalahan juga tentu akan menjalar ke keberlangsungan bengkel-bengkel otomotif. Karena kendaraan listrik menggunakan mesin yang jauh lebih sederhana dari mobil biasa, maka mobil listrik bakal jarang mogok dan minim perawatan. Inilah yang akan membuat peran bengkel akan berkurang.

“Kemudian dampak dari sektor e-commerceyaitu yang namanya sharing ekonomi di sektor angkutan mobil. Tentu di Indonesia kita sangat kenal yang namanya Go-Car dan GrabCar, pelanggan dapat akses angkutan mobil kapan saja di mana saja dengan handphone.”

Terkait hal tersebut, Jokowi mengaku mendapat informasi apabila perusahaan otomotif BMW saat ini tengah melakukan eksperimen abodemen bulanan. Di mana masyarakat tak perlu membeli mobil, namun membayar abodemen bulanan.

Dengan menggunakan aplikasi secara mobilemereka dikatakan bisa mengakses kapan saja dan di mana saja. “Tren-tren seperti ini harus kita baca. Akhirnya banyak yang sampaikan ngapain mesti beli mobil? Hati-hati ini. Kalau bisa akses mobil kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan aplikasi mobile,” kata dia.

“Dan kalau orang tidak lagi beli mobil, tapi hanya panggil mobil dari waktu ke waktu, dan kalau mobilnya mobil listrik semua, komponennya sedikit, jarang masuk bengkel, ya artinya industri otomotif akan menciut luar biasa. Itu prediksi-prediksi dan itu yang saya enggak percaya.”

Tantangan Besar

Jokowi melanjutkan, apabila ke depan bisnis otomotif beralih dari pola beli mobil ke panggil mobil, berarti mobil yang sama akan dipakai banyak orang dan terus menerus.

Pola kebiasaan pemakaian pun akan berubah. Dari situasi di mana orang punya mobil pribadi yang hanya dipakai dua sampai tiga jam per hari, sisanya menganggur di garasi, beralih kepada mobil publik.

Kata mantan Wali Kota Solo ini, transportasi publik nantinya bukan hanya MRT, LRT, Busway, tapi juga mobil publik yang bisa dipakai tiap orang.

Artinya, lanjut dia, masing-masing mobil akan dipakai terus-menerus. Bisa delapan jam, 20 jam, bahkan 24 jam sehari. “Dan kalau mobil biasa dipakai 20 jam per hari, sudah pasti mobil itu enggak tahan lama. Artinya apa? Life cyclemobil akan lebih cepat. Kalau dulu mobil pribadi bisa tahan 12 tahun, mungkin nanti mobil publik harus ganti dua sampai empat tahun. Artinya produksi mobil harus lebih banyak.”

Jokowi juga membayangkan bagaimana permintaan kendaraan seperti ini akan luar biasa apabila teknologinya sudah matang. Bahwa akan ada jurang teknologi di sektor otomotif.

“Revolusi industri 4.0 akan menjungkir balikkan industri otomotif, iya. Tapi transisi ke generasi berikut dari teknologi otomotif membuka peluang,” katanya.

“Yang kita perlukan adalah melek, tahu, benar benar mengikuti, benar benar mencermati, mendalami secara cepat dan mempersiapkan secara cepat. Harus cekatan, lincah, siap. Saya yakin kita bisa garap peluang yang ada.”

 

Sumber : Viva

 

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pop & Roll2 minggu lalu

Untuk Perempuan, Pria Humoris itu Begini

PUNYA teman pria yang humoris memang bikin hari-hari kamu jadi lebih terhibur. Benar? Bayangkan, kalau tak ada kehadirannya semua teman...

Pop & Roll2 minggu lalu

Katanya, Wanita Lebih Suka Tidur Sendiri

ADA fakta menarik diungkap pakar tidur dunia Dr Michael Breus. Katanya, wanita sesungguhnya lebih suka atau nyaman tidur sendirian. “Ada perbedaan...

Gaptek? Gak Lah!2 minggu lalu

145 Aplikasi di Playstore Terinfeksi Malware

SEBANYAK 145 aplikasi di Google Play ditemukan terinfeksi malware baru yang dapat merusak mesin Windows. Menurut laporan awal pekan ini, 145 aplikasi Andorid...

Gaptek? Gak Lah!2 minggu lalu

Chat Sambil Nonton Youtube di WhatsApp Android

AWAL 2018, WhatsApp menghadirkan fitur Picture-in-Picture untuk perangkat bersistem operasi iOS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyaksikan video dari Instagram, Facebook, dan YouTube tanpa...

Pilihan gowest.id3 minggu lalu

Membayangkan Kartun “Kids Jaman Old” Menua

ANAK – anak era 70, 80 dan 90-an pasti pernah merasakan betapa berjayanya jaman dahulu. Saat banyak sekali film kartun...

Pop & Roll1 bulan lalu

Liam Dan Noel Galagher Rujuk

REUNI band Oasis adalah salah satu yang paling dinantikan penggemarnya di muka bumi ini. Tapi, reuni ini tidak akan terwujud...

Otto Keren!1 bulan lalu

Skuter Matik Nex II Varian Baru Hadir di Batam

SETELAH sukses diluncurkan di Jakarta dan beberapa kota lain, kini PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi turut memperkenalkan varian...

Hidup Sehat1 bulan lalu

Mewaspadai Kanker Serviks, Sadanis dan Payudara Klinis dengan Sosialisasi

CANCER Information & Support Center (CISC) Batam mengadakan kegiatan sosialisasi  pemeriksaan kanker serviks, Sadanis dan Payudara Klinis di Puskesmas Tiban...

Otto Keren!1 bulan lalu

Setelah Jimny, Suzuki Luncurkan Hustler

SUZUKI telah merilis Jimny terbaru untuk pasar domestik di Jepang. Kini, Suzuki juga telah menyiapkan Suzuki Hustler Tough Wild sebagai...

Film Film Film1 bulan lalu

Buffalo Boys, Produksi Infinite Studio yang Tampil di Fantasia International Film Festival 2018

FILM Buffalo Boys sukses memukau penonton dunia. Film produksi Screenplay Infinite Films ini diputar secara world premiere di Fantasia International...