Connect with us

Tanah Air

Jakarta Hujan Deras, Tenda untuk Pesta Berantakan

nien bagaskara

Published

pada

JELANG perayaan Tahun Baru 2018, Ibu Kota DKI Jakarta diguyur hujan deras disertai angin kencang. Dampaknya, beberapa panggung pesta rakyat yang telah terbangun roboh di Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (31/12).

Beberapa tenda di belakang panggung utama ambruk terbawa angin kencang beserta hujan deras. Warga dan panitia yang tengah berteduh harus berlari menyelamatkan diri dari reruntuhan tenda. “Ya Allah, masya Allah,” teriak para warga di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (31/12).

Warga pun tak mempedulikan derasnya hujan dan angin kencang saat tenda tersebut hancur. Terlebih, di tenda tersebut ada seorang anak kecil yang digendong oleh ibunya. Sementara panggung utama masih berdiri kokoh.

“Ya Allah, saya cuma mikirin anak saya saja, kalau kejatuhan tenda bagaimana, ya Allah,” kata Suryani yang tengah basah kuyup menggendong anaknya.

Dihubungi terpisah, Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) Monumen Nasional (Monas) Munjirin mengatakan, pihaknya tidak mempunyai antisipasi lain ketika hujan mengguyur Jakarta. “Ya kalau hujan mau diapain, kita juga enggak tahu,” ujarnya saat dihubungi JawaPos.com.

(ce1/eve/JPC)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Tanah Air

Belum Ada Vaksin Halal Untuk Difteri

Mike Wibisono

Published

on

Ilustrasi vaksin difteri

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Saadi mengatakan MUI belum menerima pendaftaran dan permintaan pemeriksaan kehalalan vaksin difteri dari pihak manapun.

“Sehingga MUI belum pernah menerbitkan sertifikasi halal terhadap vaksin tersebut,” kata Zainut kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Menurut telaah MUI, dia mengatakan MUI menyatakan bahwa pada dasarnya hukum imunisasi adalah boleh (mubah) sebagai bentuk upaya mewujudkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya suatu penyakit tertentu. Namun begitu, vaksin yang digunakan dalam imunisasi harus halal dan suci.

Kendati begitu, jika belum ada vaksin halal dan dalam kondisi darurat mengancam jiwa maka diperbolehkan untuk digunakan.

“Setelah ditemukan vaksin yang halal maka pemerintah wajib menggunakan vaksin yang halal,” katanya.

Kondisi darurat, kata dia, seperti suatu kondisi keterpaksaan yang apabila tidak dilakukan tindakan imunisasi dapat mengancam jiwa manusia (mudarat) atau kondisi hajat yaitu kondisi keterdesakan yang apabila tidak dilakukan tindakan imunisasi maka akan dapat menyebabkan penyakit berat atau kecacatan pada seseorang.

“Ketentuan tersebut di atas harus dipastikan bahwa memang benar-benar belum ditemukan bahan vaksin yang halal dan suci dengan didukung keterangan tenaga ahli yang kompeten dan dapat dipercaya,” kata dia.

 

Continue Reading

Tanah Air

Konsorsium Untuk Wujudkan MOBIL DESA

iqbal fadillah

Published

on

Foto Mobil Desa : Kemenprin

KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) akan menginisiasi pembentukan konsorsium untuk memproduksi mobil bagi pedesaan. Untuk merealisasikan program mobil pedesaan di Indonesia ini perlu melibatkan beberapa pihak yang potensial segi teknis hingga non-teknis khususnya sektor Industri Kecil hingga Menengah.

Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan,?

Perlu langkah sinergi pemangku kepentingan terkait dalam akselerasi pengembangan kendaraan pedesaan.

Upaya ini untuk membangun ekosistem terhadap daya saing industri otomotif khususnya dalam negeri.

Selain itu, Kemenperin akan memberikan pembinaan kepada para IKM agar dapat menjaga kualitas produksi komponennya. Hal ini hasilnya akan digunakan untuk membuat kendaraan pedesaan di seluruh wilayah Indonesia.

 

Continue Reading
Advertisement

Kami di Facebook

Trending