Hubungi kami di

Hidup Sehat

Jangan Asal Minum Kopi Selama Bulan Puasa

Adam

Terbit

|

Ilustrasi

Di Bulan Ramadan, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa. Puasa dilakukan dengan menahan haus dan lapar dari sebelum matahari terbit sampai menjelang malam.

Dengan demikian, kebiasaan makan dan minum otomatif berubah selama bulan puasa. Kamu yang gemar minum kopi juga perlu bersiasat dalam mengonsumsinya, agar terhindar dari masalah pencernaan.

So, bagaimana anjuran minum kopi saat puasa? Menurut Dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK, kopi tidak disarankan untuk diminum saat sahur. Karena bersifat diuretik alias mendorong produksi urine, minum kopi ketika sahur bisa menyebabkan kamu dehidrasi selama puasa.

“Kalau mau dan memang butuh banget, ya, pas berbuka puasa. Tapi jumlahnya jangan banyak-banyak, jangan sebanyak seperti biasa,” ujar Jovita.

Lebih lanjut, Jovita menyarankan untuk tidak langsung minum kopi saat berbuka. Kamu bisa mengonsumsi takjil terlebih dahulu, kemudian minum kopi.

“Kalau langsung dibuka sama kopi, lambung bisa sensitif, itu nanti bisa iritasi. Takjil dulu, kolak, kurma, atau lainnya, baru kopi,” kata Jovita.

Kalau kondisi lambung lebih sensitif, kamu perlu makan nasi terlebih dahulu. Jovita mengatakan, “Lihat kondisi diri sendiri, kalau tidak ada masalah, ya, gak apa-apa.”

Ia pun menyarankan jeda antara makan takjil dan minum kopi, yaitu sekitar 10-15 menit.

“Kalau sudah terisi takjil artinya lambung suddah ada makanan, jadi 10-155 menit tidak apa-apa,” ungkap dokter yang berpraktik di Halodoc itu.

Sumber : Halodoc