Connect with us

Khas

Jelang Akhir Konsensi, ATB Batam Percaya Diri

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

Ilustrasi air : freepic

MENJELANG akhir konsesi atau masa kontrak pengelolaan air baku, antara PT Adhya Tirta Batam (ATB) dengan Badan Pengusahaan Batam, Pihak ATB mengaku saat ini sedang dalam posisi percaya diri.

Mereka yakin bisa kembali memenangkan tender pengelolaan air baku.

Sebelumnya diketahui, dalam tender pengelolaan air baku pihak BP Batam menyatakan bahwa sekitar 20 perusahaan Lokal dan Internasional menyatakan siap dalam mengikuti seluruh proses tender.

Presiden Direktur ATB Benny Andrianto menjelaskan, bahwa menjelang akhir konsesi pihaknya telah melakukan rencana jangka panjang dengan membranding nama ATB di luar Provinsi Kepulauan Riau.

“Akhir konsesi kami tanggal 14 November 2020, apa yang kami lakukan saat ini. Tentu kami sudah memikirkan hal itu, dan sudah melakukan branding di luar Kepri. Hal ini merupakan rencana jangka panjang kami, karena untuk branding ATB sendiri sudah kami lakukan sejak tahun 2009 lalu. Tapi ini perlu dicatat, yang kami branding bukan nama Adhya Tirta Batam nya melainkan nama ATB,” ujarnya, pekan ini.

Benny juga menambahkan, pemikiran rencana jangka panjang ini dilakukan. Karena pihaknya sudah mulai memikirkan untuk mulai beroperasional secara Nasional. “Dengan kelebihan yang kami miliki saat ini, kami ingin berikan yang terbaik tidak hanya bagi masyarakat Batam tapi juga bagi masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Keberhasilan branding yang dilakukan oleh ATB, membuat perusahaan pengelolaan air bersih ini berhasil dalam memenangkan proyek pengelolaan air di Umbulan, Jawa Timur serta di Lampung. Namun, pihaknya mengaku bahwa sebelum menjalankan dua proyek ini sebelumnya pihak ATB harus melalui proses lelang proyek dengan perusahaan swasta besar lainnya.

“Kami harus melalui proses lelang tender dengan beberapa perusahaan lain. Tidak hanya perusahaan pengelolaan air dari lokal, kami juga harus bersaing dengan perusahaan dari beberapa Negara lain seperti Jepang, China, dan Korea. Ini membuktikan bahwa ATB di luar kandang saja bisa menang, bagaimana dengan di rumah sendiri,” lanjutnya.

Benny mengakui bahwa pihaknya tidak ingin menyombongkan diri terlebih dahulu.

Saat ini pernyataan yang dilontarkannya merupakan rasa percaya diri dalam menghadapi para pesaingnya.

“Apabila nanti kami kalah berarti suporter hanya menyemangati dan menyoraki para pesaing, dan bukan tuan rumah. Tapi kalau ternyata kami menang lagi, berarti hal ini karena kinerja kami sangat baik selama ini,” Benny menggambarkan proses lelang yang akan mereka ikuti nantinya.

Banyaknya peminat dalam mengelola air baku di Batam, menurutnya tidak terlepas dari seluruh prestasi yang sudah didapat oleh PT ATB sejak beberapa tahun belakangan. “Batam itu masih seksi, dan ATB itu ibarat mobil Ferarri. Jadi tidak mungkin tidak ada yang mau, siapapun nanti pemenangnya tentu akan langsung mewarisi apa yang sudah kami lakukan selama ini. Perusahaan mana yang mau untuk mengelola dan mengendarai kendaraan yang sudah bobrok,” tuturnya.

Senada dengan hal ini, Benny juga menjelaskan bahwa saat ini PT ATB telah memiliki divisi baru yang mengurusi seluruh permasalahan internal dan eksternal dari perusahaan.

“Sekaligus saya ingin memperkenalkan divisi baru di PT ATB, dimana saat ini kami sudah memiliki divisi Coorporate Secretary. Divisi ini mulai berfungsi sejak April lalu, tugasnya hampir sama dengan Humas karena nantinya juga akan bersinggungan dengan eksternal perusahaan. Perlunya divisi ini juga karena kami perluas jaringan di luar Kepri,” paparnya.

ATB Tidak Akan Bangun Fasilitas WTP Di Dam Tembesi

BENNY juga mengingatkan, semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk di Kota Batam saat ini tentu akan berpengaruh terhadap stok air baku.

Untuk saat ini Batam juga memiliki dua proyek pembangunan Dam Tembesi dan juga Dan Sei Gong yang masuk proyek strategis Nasional.

“Hal ini yang selalu kami sosialisasikan ke masyarakat untuk lakukan penghematan penggunan air. Tapi sebenarnya Batam sendiri sudah memiliki jawaban, salah satunya percepatan difungsikannya Dam Tembesi,” ucapnya.

Pihaknya sendiri menjelaskan, bahwa Pemerintah harus segera mempercepat proses tersebut hingga tahun 2019.

“Apabila terlambat setahun lagi maka Batam sudah dalam kondisi kritis, terutama untuk wilayah Tanjung Uncang, Batuaji, dan sekitanya,” kata Benny.

Sementara itu, Benny menambahkan masih ada beberapa kendala pengoperasian Dam Tembesi.

Selain air yang masih dalam kondisi belum layak konsumsi, tetapi juga tidak adanya Water Treatment Plan (WTP). Pihaknya mengaku tidak akan membangun WTP di Dam tersebut menjelang akhir konsesi.

“Kalau kami pindah maka yang kami serahkan hanya sebatas aset yang tidak bergerak untuk Sumber Daya Manusia akan tetap bersama dengan ATB. Karena merekalah aset sebenarnya milik ATB, karena saat ini kami sudah punya dua di Provinsi Lain maka kami membutuhkan karyawan yang sudah berpengalaman,” tegasnya.

(*/GoWest.ID)

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Otto Keren!2 hari lalu

Setelah Jimny, Suzuki Luncurkan Hustler

SUZUKI telah merilis Jimny terbaru untuk pasar domestik di Jepang. Kini, Suzuki juga telah menyiapkan Suzuki Hustler Tough Wild sebagai...

Film Film Film2 hari lalu

Buffalo Boys, Produksi Infinite Studio yang Tampil di Fantasia International Film Festival 2018

FILM Buffalo Boys sukses memukau penonton dunia. Film produksi Screenplay Infinite Films ini diputar secara world premiere di Fantasia International...

Inspirasi2 minggu lalu

Online Shop, Cara Bertahan di Era Digital

USAHA Online shop merupakan alternatif pilihan yang ada bagi pelaku usaha konvensional agar tetap dapat bertahan di era digital seperti...

Pop & Roll3 minggu lalu

“Beautiful Girls” di Piala Dunia 2018

MAGNET perhelatan piala dunia menarik banyak orang untuk menyimaknya. Bukan hanya melalui layar kaca televisi atau perangkat telepon pintar! Tapi...

Pilihan gowest.id3 minggu lalu

Menghasilkan Uang dari Waktu Luang

KAMU punya waktu luang? Selain bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak, nggak ada salahnya jika mencoba peluang-peluang bisnis berikut ini. Waktu...

Bincang3 minggu lalu

Angka Perceraian di Batam Melonjak

ANGKA Perceraian di Kota Batam kembali menunjukkan angka yang fantastis. Pelemahan ekonomi yang saat ini sedang dialami di Kota Batam...

Otto Keren!3 minggu lalu

Sensasi Berkendara di Mobil Listrik BMW

MOBIL listrik hadir menjanjikan pengalaman berkendara yang baru dan berbeda dibanding kendaraan konvensional (berbahan bakar bensin atau Diesel) seperti yang...

Pop & Roll3 minggu lalu

5 Emoji yang Sering Disalah Arti

SAAT ini warganet pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi perpesanan WhatApp. Setiap hari, aplikasi ini digunakan oleh banyak orang...

Hidup Sehat4 minggu lalu

Seruput Kopi untuk Turunkan Resiko Penyakit Jantung

SEBUAH penelitian menyebut resiko penyakit jantung bisa turun bila minum kopi tanpa pemanis atau gula. Baru-baru ini sebuah penelitian mengaitkan...

Pilihan gowest.id4 minggu lalu

Mengapa Anak ada yang Cadel?

APAKAH di keluarga kamu ada yang sulit mengucapkan huruf R? Di Indonesia hal ini biasa disebut cadel. Sebenarnya apa penyebabnya?...