Connect with us

SPORT

Liga 1 Bergulir Akhir Maret

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

Logo liga 1 : © bolasport.com

Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono memastikan kompetisi Liga 1 2018 bakal digelar akhir Maret 2018. Ia menyebut, rancangan-rancangan jadwal sudah disiapkan sesuai dengan agenda PSSI di tahun 2018.

Dari sekian banyak agenda yang disiapkan PSSI, Joko menyebut terpenting adalah Asian Games, Piala Dunia, dan Piala AFF. Jadwal juga memperhitungkan bulan Ramadan yang mulai bergulir dari pertengahan Mei.

Di awal kami punya rancangan jadwal, karena Piala AFF akan mulai di 8 November. Laporan dari LIB (operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru), rencana (kompetisi) di akhir Februari dan awal Maret tapi sampai sekarang belum (terealisasi),” kata Joko kepada wartawan, pekan ini.

PSSI, lanjut Joko, ingin semua permasalahan terkait kompetisi tuntas di forum RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) pada, Kamis (8/3). Dari situ, PSSI memastikan semua opsi kick off dapat disetujui klub.

“Sehingga ada opsi kick off di 18 (Maret), 23 (Maret) atau 24 (Maret). Spekulasinya tahan dulu, RUPS dua hari lagi dan kita doakan lancar. Dan ini jadi komitmen PSSI dan LIB,” ujar Joko.

PSSI paham, ideal waktu yang dibutuhkan untuk menggelar kompetisi yakni 34 pekan dengan 17 pertandingan kandang dan 17 tandang. Lewat 24 pekan yang tersisa, dipastikan bakal ada empat pertandingan setiap minggunya.

PSSI akan mendorong supaya Liga 1 2018 dilaksanakan dalam 28 minggu dan memungkinkan berbenturan dengan penyelenggaraan Piala AFF di November mendatang.

Piala AFF tahun ini digelar menggunakan format berbeda lantaran babak penyisihan grup tidak akan berpusat di satu negara. Setiap grup yang diisi lima negara akan melakukan dua laga tandang dan kandang dengan sistem setengah kompetisi.

Format ini disebut Joko memungkinkan adanya fleksibilitas yang bisa dikombinasikan secara bersama-sama dengan aktivitas timnas dan kompetisi. Sehingga dimungkinkan kompetisi akan selesai di November atau Desember.

“Tak mudah, tapi bukan tak mungkin kami kombinasikan antaran gelaran Piala AFF dan kompetisi Liga 1. Tapi tak mungkin kita benturkan jadwal antara kompetisi dan Piala AFF. Kami harus diskusi dengan klub terkait dengan pemusatan latihan timnas.” ucap Joko.

Selain menyoal jadwal kick off kompetisi, LIB dalam RUPS juga akan menyelesaikan kewajibannya kepada klub terkait pelunasan utang subsidi di kompetisi Liga 1 2017 yang belum selesai.

Dari Rp7,5 miliar dana subsidi klub yang dijanjikan LIB, baru Rp5 miliar yang dilunasi. Sedangkan sisa pembayaran yang awalnya bakal dicicil melalui tiga termin yang selesai akhir Januari lalu justru belum ada kejelasan.

“Poin ini merupakan salah satu yang krusial di RUPS nanti diputuskan. Insya Allah di RUPS semuanya terselesaikan,” harap Joko.

Joko juga memastikan, tidak ada perubahan operator yang bakal menjalankan kompetisi Liga 1 2018. LIB bakal tetap menjalankan tugasnya seperti tahun sebelumnya, bukan GTS (Gelora Trisula Semesta).

Piala Indonesia Dimulai April 2018

PSSI bakal kembali menghidupkan gelaran Piala Indonesia musim ini. Piala Indonesia bakal menjadi salah satu agenda dan pekerjaan besar PSSI di 2018.

Plt Ketua Umum PSSI Joko Diryono mengatakan, gelaran Piala Indonesia masih menunggu jadwal kick off kompetisi Liga 1 2018 yang sampai saat ini belum diputuskan. Dua pekan setelah kick off Liga 1, PSSI akan mengumumkan gelaran Piala Indonesia 2018.

 

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

DPRD Batam mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H.

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pop & Roll13 jam lalu

Gaya Rambut Para Bintang di Piala Dunia

AJANG Piala Dunia sudah berlangsung beberapa hari ini. Akan terus berlangsung hingga berakhir pada 15 Juli 2018 mendatang. Seperti lazimnya,...

Otto Keren!2 hari lalu

Penampakan Suzuki Jimny Terbaru

JELANG peluncuran resmi di Jepang, Suzuki merilis foto-foto Suzuki Jimny model baru di situsnya. Mobil itu memiliki dua varian dan akan diluncurkan...

Gaptek? Gak Lah!3 hari lalu

Versi Android yang Tak Bisa Jalankan WhatsApp 2 Tahun Lagi

DUA tahun lagi, atau tepatnya pada Februari 2020, WhatsApp bakal mengakhiri dukungan untuk sistem operasi Android 2.3.7 Gingerbread. Hal ini...

Film Film Film4 hari lalu

Di Balik yang Kelihatan Nyata di Film Hollywood

EFEK efek spesial yang digunakan pada banyak film produksi Hollywood, mampu menyihir para penontonnya. Seakan-akan yang ditampilkan merupakan sebuah kenyataan....

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Deteksi Penumpang Mabuk dari Uber

APLIKASI jasa transportasi Uber sedang mengembangkan teknologi yang dapat mengidentifikasi tingkat kemabukan calon penumpang. Menurut laporan CNN, dilansir The Next Web,...

Film Film Film2 minggu lalu

“Si Doel The Movie” Tayang Agustus

14 tahun sudah Sarah (Cornelia Agatha) pergi tanpa kabar dan perpisahan juga tidak jelas. Kondisi itu menyimpan kerinduan dalam hati...

Hidup Sehat2 minggu lalu

Teh Hijau untuk Melindungi Jantung

MOLEKUL dalam teh hijau bisa membantu melawan aterosklerosis yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke. Fakta ini dilansir dari sebuah...

Pop & Roll2 minggu lalu

Selebgram Batam yang Diundang ke Istana, Saya Pikir Hoax

SEORANG selebgram asal Batam, Yusi Fadila, dapat kesempatan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Keberuntungannya itu diperoleh setelah video mukbang (makan-makan) karyanya...

Hidup Sehat2 minggu lalu

Tren Baru, Kopi Brokoli

KAMU kesulitan memenuhi kebutuhan sayur-mayur dalam asupan harian? Ini bisa jadi solusi, bukan hanya bagi kamu pencinta kopi. The Guardian melansir,...

Bincang2 minggu lalu

Haripinto : Masyarakat Perlu Berpikir Cerdas soal Kebijakan Pemerintah Pusat

ANGGOTA Komite II DPD RI Dapil Provinsi Kepulauan Riau, Haripinto Tanuwidjaya kembali meminta agar Pemerintah Pusat untuk kembali melakukan koreksi...