Connect with us

SPORT

Liga 1 Bergulir Akhir Maret

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

Logo liga 1 : © bolasport.com

Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono memastikan kompetisi Liga 1 2018 bakal digelar akhir Maret 2018. Ia menyebut, rancangan-rancangan jadwal sudah disiapkan sesuai dengan agenda PSSI di tahun 2018.

Dari sekian banyak agenda yang disiapkan PSSI, Joko menyebut terpenting adalah Asian Games, Piala Dunia, dan Piala AFF. Jadwal juga memperhitungkan bulan Ramadan yang mulai bergulir dari pertengahan Mei.

Di awal kami punya rancangan jadwal, karena Piala AFF akan mulai di 8 November. Laporan dari LIB (operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru), rencana (kompetisi) di akhir Februari dan awal Maret tapi sampai sekarang belum (terealisasi),” kata Joko kepada wartawan, pekan ini.

PSSI, lanjut Joko, ingin semua permasalahan terkait kompetisi tuntas di forum RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) pada, Kamis (8/3). Dari situ, PSSI memastikan semua opsi kick off dapat disetujui klub.

“Sehingga ada opsi kick off di 18 (Maret), 23 (Maret) atau 24 (Maret). Spekulasinya tahan dulu, RUPS dua hari lagi dan kita doakan lancar. Dan ini jadi komitmen PSSI dan LIB,” ujar Joko.

PSSI paham, ideal waktu yang dibutuhkan untuk menggelar kompetisi yakni 34 pekan dengan 17 pertandingan kandang dan 17 tandang. Lewat 24 pekan yang tersisa, dipastikan bakal ada empat pertandingan setiap minggunya.

PSSI akan mendorong supaya Liga 1 2018 dilaksanakan dalam 28 minggu dan memungkinkan berbenturan dengan penyelenggaraan Piala AFF di November mendatang.

Piala AFF tahun ini digelar menggunakan format berbeda lantaran babak penyisihan grup tidak akan berpusat di satu negara. Setiap grup yang diisi lima negara akan melakukan dua laga tandang dan kandang dengan sistem setengah kompetisi.

Format ini disebut Joko memungkinkan adanya fleksibilitas yang bisa dikombinasikan secara bersama-sama dengan aktivitas timnas dan kompetisi. Sehingga dimungkinkan kompetisi akan selesai di November atau Desember.

“Tak mudah, tapi bukan tak mungkin kami kombinasikan antaran gelaran Piala AFF dan kompetisi Liga 1. Tapi tak mungkin kita benturkan jadwal antara kompetisi dan Piala AFF. Kami harus diskusi dengan klub terkait dengan pemusatan latihan timnas.” ucap Joko.

Selain menyoal jadwal kick off kompetisi, LIB dalam RUPS juga akan menyelesaikan kewajibannya kepada klub terkait pelunasan utang subsidi di kompetisi Liga 1 2017 yang belum selesai.

Dari Rp7,5 miliar dana subsidi klub yang dijanjikan LIB, baru Rp5 miliar yang dilunasi. Sedangkan sisa pembayaran yang awalnya bakal dicicil melalui tiga termin yang selesai akhir Januari lalu justru belum ada kejelasan.

“Poin ini merupakan salah satu yang krusial di RUPS nanti diputuskan. Insya Allah di RUPS semuanya terselesaikan,” harap Joko.

Joko juga memastikan, tidak ada perubahan operator yang bakal menjalankan kompetisi Liga 1 2018. LIB bakal tetap menjalankan tugasnya seperti tahun sebelumnya, bukan GTS (Gelora Trisula Semesta).

Piala Indonesia Dimulai April 2018

PSSI bakal kembali menghidupkan gelaran Piala Indonesia musim ini. Piala Indonesia bakal menjadi salah satu agenda dan pekerjaan besar PSSI di 2018.

Plt Ketua Umum PSSI Joko Diryono mengatakan, gelaran Piala Indonesia masih menunggu jadwal kick off kompetisi Liga 1 2018 yang sampai saat ini belum diputuskan. Dua pekan setelah kick off Liga 1, PSSI akan mengumumkan gelaran Piala Indonesia 2018.

 

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Jalan-Jalan Plesir2 hari lalu

Di Kesejukan Hutan dan Air Terjun Pongkar

APA yang tersirat dalam benak anda saat berpikir mau melakukan wisata ke wilayah Kabupaten Karimun di Provinsi Kepulauan Riau? Kami...

Jalan-Jalan Plesir2 hari lalu

Sensasi Keindahan Kepri Dari Angkasa

KEPULAUAN Riau yang secara Geografis hampir 90 % wilayahnya dikuasai oleh lautan, memiliki keindahan tersendiri. Terutama alamnya. Keindahan alam Kepulauan...

Hidup Sehat4 hari lalu

Makanan Yang Bisa Tangkal Proses Pikun

SALAH satu masalah penuaan paling umum terjadi adalah penurunan daya ingat atau pikun. Hasil penelitian terbaru menemukan cara pencegahannya yang...

Gaptek? Gak Lah!4 hari lalu

Robot Pembuat Ayam Goreng

TOKO retail Lawson di Jepang punya cara unik agar penyajian ayam gorengnya jauh lebih mudah dan cepat. Mereka memanfaatkan robot Karaage-kun, robot pembuat...

Pop & Roll6 hari lalu

Pernikahan Mewah Nick Jonas dan Priyanka Chopra di Delhi

PRIYANKA Chopra, aktris ternama film India serta serial televisi AS, dan Nick Jonas dari Jonas Brothers merayakan pernikahan mereka pada...

Pilihan gowest.id7 hari lalu

Punya Pengasuh Instagram? Kenapa Tidak

PARA turis kini bisa benar-benar menikmati liburan jauh dari gawai tanpa perlu sibuk memikirkan nasib akun media sosial telantar. Urusan...

Pilihan gowest.id1 minggu lalu

Golongan Darah Yang Dikenal Berkepribadian Introvert

BUKAN hanya zodiak. Golongan darah juga bisa digunakan untuk membaca kepribadian seseorang. Nah, golongan darah ini dikenal berkepribadian introvert lho....

Pop & Roll1 minggu lalu

Keturunan raja Samurai yang Meriahkan Ajang Miss World 2018

AJANG Miss World 2018 segera digelar Desember ini. Menuju ajang kecantikan tersebut, ada banyak cerita menarik dari para kontestan, salah...

Otto Keren!1 minggu lalu

Mengapa Busi Perlu Diganti Berkala ?

SAAT pertama kali membeli kendaraan baik roda dua (R2) maupun roda empat (R4), pastinya dilengkapi komponen yang masih baru. Selain...

Pop & Roll2 minggu lalu

Irfan Hakim ; Singapore to Batam

BAGI warga kota pulau Batam, beraktifitas ke negeri seberang Singapura menggunakan kapal ferry sudah lumrah. Tapi, tidak dengan artis yang...