Terhubung Dengan Kami

SPORT

Liga 1 Bergulir Akhir Maret

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

Logo liga 1 : © bolasport.com

Plt Ketua Umum PSSI Joko Driyono memastikan kompetisi Liga 1 2018 bakal digelar akhir Maret 2018. Ia menyebut, rancangan-rancangan jadwal sudah disiapkan sesuai dengan agenda PSSI di tahun 2018.

Dari sekian banyak agenda yang disiapkan PSSI, Joko menyebut terpenting adalah Asian Games, Piala Dunia, dan Piala AFF. Jadwal juga memperhitungkan bulan Ramadan yang mulai bergulir dari pertengahan Mei.

Di awal kami punya rancangan jadwal, karena Piala AFF akan mulai di 8 November. Laporan dari LIB (operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru), rencana (kompetisi) di akhir Februari dan awal Maret tapi sampai sekarang belum (terealisasi),” kata Joko kepada wartawan, pekan ini.

PSSI, lanjut Joko, ingin semua permasalahan terkait kompetisi tuntas di forum RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) pada, Kamis (8/3). Dari situ, PSSI memastikan semua opsi kick off dapat disetujui klub.

“Sehingga ada opsi kick off di 18 (Maret), 23 (Maret) atau 24 (Maret). Spekulasinya tahan dulu, RUPS dua hari lagi dan kita doakan lancar. Dan ini jadi komitmen PSSI dan LIB,” ujar Joko.

PSSI paham, ideal waktu yang dibutuhkan untuk menggelar kompetisi yakni 34 pekan dengan 17 pertandingan kandang dan 17 tandang. Lewat 24 pekan yang tersisa, dipastikan bakal ada empat pertandingan setiap minggunya.

PSSI akan mendorong supaya Liga 1 2018 dilaksanakan dalam 28 minggu dan memungkinkan berbenturan dengan penyelenggaraan Piala AFF di November mendatang.

Piala AFF tahun ini digelar menggunakan format berbeda lantaran babak penyisihan grup tidak akan berpusat di satu negara. Setiap grup yang diisi lima negara akan melakukan dua laga tandang dan kandang dengan sistem setengah kompetisi.

Format ini disebut Joko memungkinkan adanya fleksibilitas yang bisa dikombinasikan secara bersama-sama dengan aktivitas timnas dan kompetisi. Sehingga dimungkinkan kompetisi akan selesai di November atau Desember.

“Tak mudah, tapi bukan tak mungkin kami kombinasikan antaran gelaran Piala AFF dan kompetisi Liga 1. Tapi tak mungkin kita benturkan jadwal antara kompetisi dan Piala AFF. Kami harus diskusi dengan klub terkait dengan pemusatan latihan timnas.” ucap Joko.

Selain menyoal jadwal kick off kompetisi, LIB dalam RUPS juga akan menyelesaikan kewajibannya kepada klub terkait pelunasan utang subsidi di kompetisi Liga 1 2017 yang belum selesai.

Dari Rp7,5 miliar dana subsidi klub yang dijanjikan LIB, baru Rp5 miliar yang dilunasi. Sedangkan sisa pembayaran yang awalnya bakal dicicil melalui tiga termin yang selesai akhir Januari lalu justru belum ada kejelasan.

“Poin ini merupakan salah satu yang krusial di RUPS nanti diputuskan. Insya Allah di RUPS semuanya terselesaikan,” harap Joko.

Joko juga memastikan, tidak ada perubahan operator yang bakal menjalankan kompetisi Liga 1 2018. LIB bakal tetap menjalankan tugasnya seperti tahun sebelumnya, bukan GTS (Gelora Trisula Semesta).

Piala Indonesia Dimulai April 2018

PSSI bakal kembali menghidupkan gelaran Piala Indonesia musim ini. Piala Indonesia bakal menjadi salah satu agenda dan pekerjaan besar PSSI di 2018.

Plt Ketua Umum PSSI Joko Diryono mengatakan, gelaran Piala Indonesia masih menunggu jadwal kick off kompetisi Liga 1 2018 yang sampai saat ini belum diputuskan. Dua pekan setelah kick off Liga 1, PSSI akan mengumumkan gelaran Piala Indonesia 2018.

 

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Histori3 hari lalu

Ke Bengkel Tanjak (Di Belakang Layar)

SALAH satu ciri khas penutup kepala orang Melayu, khususnya di Kepulauan Riau adalah Tanjak. Pada zaman dahulu, penggunaan Tanjak cukup...

Gaptek? Gak Lah!3 hari lalu

Jaringan 5G Bukan Dikonsumsi Personal

SMARTFREN mulai menguji jaringan 5G di Indonesia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta ZTE. Jaringan telekomunikasi generasi kelima tersebut,...

Ide3 hari lalu

Tips Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

KEBANYAKAN milenial nyaris tak terpikir menyisihkan uang untuk dana pensiun. Biasanya hal ini memang disebabkan oleh banyak faktor, seperti banyak...

Inspirasi1 minggu lalu

7 Minuman Pengganti Kopi

BAGI sebagian orang, minum kopi sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Namun, tak sedikit orang yang berusaha memangkas konsumsi kopi...

Film Film Film2 minggu lalu

Hobbs & Shaw Bertahan di Puncak

Hobbs & Shaw (Universal Pictures) berhasil bertahan di posisi puncak film terlaris di Amerika Serikat pekan ini, tetapi film horor...

Gaptek? Gak Lah!2 minggu lalu

Ini Ponsel Pintar Flagship Yang Bakal Beredar

SAMSUNG baru saja meluncurkan dua seri smartphone baru Galaxy Note 10 pada pekan lalu. Galaxy Note 10 dan Galaxy Note...

Pop & Roll2 minggu lalu

Villa Mewah Tempat Liburan William dan Kate Middleton

AWAL Agustus ini, keluarga Pangeran William dan Kate Middleton diketahui menghabiskan waktu libur musim panas mereka di pulau pribadi nan...

Jalan-Jalan Plesir2 minggu lalu

Kolam Monster di Jembatan 4 Barelang!

KARENA kelamaan gak mancing, pengelola kanal Teman Mancing di Batam memutuskan untuk memancing di kolam saja. Tapi ini bukan sembarang...

Ide2 minggu lalu

KOPI BENNY On FESTIVAL HIJAU 2019

TALKSHOW “Kopi Benny” turut mengisi kemeriahan acara tahunan yang bertajuk ATB-BP Batam Festival Hijau 2019 di Kepri Mall beberapa waktu...

Histori2 minggu lalu

Exploring Nagoya, The Old Town ( Di Belakang Layar)

SELAIN Jepang, Batam juga punya kota bernama Nagoya. Kami melansir cerita perjalanan tim Beplus Indonesia yang tertarik menelusuri sejarah, termasuk...