Terhubung Dengan Kami

Ini Batam

Menembus Pasar Amerika dari Batam

ilham kurnia

Dipublikasi

pada

Foto : © Media Center Batam

ALAT Smarthome Router produksi PT Sat Nusapersada Tbk Batam bekerjasama dengan Pegatron Corporation Taiwan mulai diekspor ke Amerika Serikat.

Peluncuran pengiriman perdana produk berteknologi Fast Router Wireless Wave 2 ini dilakukan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Batam, Sabtu (2/2).

Produk router ini diklaim memiliki kecepatan transfer data mencapai 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan wireless pada umumnya (Type-G).

Wireless router ini dapat mendukung terwujudnya koneksi smarthome yang membutuhkan bandwidth data tinggi.

“Nilai ekspornya 3,7 juta dolar Amerika (USD). Terima kasih kepada pemerintah telah mendukung perusahaan dalam negeri dengan ditingkatkannya TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) khususnya untuk smartphone,” kata Direktur Utama PT Sat Nusapersada, Abidin.

Ia mengatakan kalau perlu TKDN ini ditingkatkan menjadi 40 persen. Dari kondisi saat ini 30 persen.

Selain itu ia juga berharap peraturan mengenai TKDN ini dapat ditingkatkan ke produk lain. Seperti laptop, TV, kulkas, dan alat elektronik lainnya.

“Informasi data yang kita dapat, kebutuhan laptop Indonesia 3 juta unit per tahun. Kenaikan impor per tahunnya 41 persen. Jika laptop di-TKDN, diprediksi bisa ciptakan 32 ribu tenaga kerja baru. Termasuk supply chain laptop bisa diproduksi di Indonesia,” ujarnya.

Saat ini, kata Abidin, PT Sat Nusapersada telah sanggup memproduksi berbagai produk. Dan tak sedikit yang sudah diekspor ke India, Jerman, hingga Perancis.

“Di kota luarnya ditulis Made In Indonesia. Tentu ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Indonesia khususnya,” kata dia.

Perusahaan yang berlokasi di Kelurahan Pelita Kecamatan Lubukbaja ini sekarang sudah mempekerjakan 7.000 tenaga kerja. Dengan peluncuran smarthome ini diperkirakan akan menambah 2.000 tenaga kerja baru.

Vice Chairman Pegatron Corporation Taiwan, Jason Cheng mengaku senang bekerjasama dengan PT Sat Nusapersada. Dan kerja sama ini menjadi tonggak sejarah besar bagi tapak perjalanan perusahaan Pegatron.

“Langkah awal ini akan membawa kami ke tujuan lain. Ini adalah langkah kecil. Kami sudah memiliki rencana masa depan. Kami akan mendukung teman-teman kami di sini. Kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan anda semua di sini,” tuturnya.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasi atas ekspor dari Batam ini. Pada saat ini Indonesia masih mengalami defisit impor elektronik.

“Switch yang kita ekspor sekarang biasanya masih impor. Kami apresiasi. Tinggal kami lihat konten lokalnya, agar devisa meningkat,” ujarnya.

Apresiasi juga disampaikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Abidin. Pertama karena tetap fokus pada manufaktur teknologi. Dan kedua apresiasi karena setia kembangkan usaha di Kota Batam.

“Dunia sudah banyak menggunakan teknologi. Kalau tidak mengejar, kita akan tertinggal. Tak hanya jadi konsumen kita juga harus jadi produsen,” kata Wapres.

Jusuf Kalla mengatakan negara juga membutuhkan devisa. Dan apa yang dilakukan sekarang merupakan bagian dari upaya tersebut.

“Kita juga butuh lapangan kerja. Dan lapangan kerja manufaktur perlu dikembangkan,” sebutnya.

(*)

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Gaptek? Gak Lah!13 jam lalu

Jika Bumi Tidak Memiliki Bulan

MENURUT sebuah laporan astronom Karen Masters yang ditulis pada tahun 2000 lalu, jika Bumi tidak memiliki Bulan maka tidak akan...

Gaptek? Gak Lah!2 hari lalu

Jumlah LIKE, Sebentar Lagi Tidak Bisa Dilihat di Instagram

DIAM-DIAM Instagram sedang menguji coba desain baru, yang di dalamnya media tersebut tak lagi akan membeberkan informasi tentang berapa banyak...

Gaptek? Gak Lah!3 hari lalu

Goodbye BBM!

PT Elang Mahkota Technologi Tbk (EMTK) secara resmi mengumumkan penghentian operasi Blackberry Messenger (BBM). Aplikasi perpesanan yang sempat populer di tahun...

Pilihan gowest.id3 hari lalu

Bayi Lahir Normal dan Caesar Punya Usus Yang Beda

BAGAIMANA cara bayi dilahirkan ternyata memainkan peran penting dalam perkembangan susunan bakteri di dalam usus yang dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan...

Histori3 hari lalu

Nomor-Nomor Punggung Yang Dipensiunkan

JIKA kamu melihat klub West Ham bertanding ,carilah pemain yang menggunakan nomor punggung Enam. Niscaya itu hanya membuat kamu lelah....

Pilihan gowest.id3 hari lalu

Tabel Periodik Tertua di Dunia

SEBUAH tabel periodik tertua di dunia disebut-sebut telah menampakkan wujudnya. Sang penemu tak lain seorang ahli kimia bernama Alan Aitken....

Histori6 hari lalu

Tragedi Hillsborough Dalam Kenangan

TANGGAL 15 April adalah tanggal berkabung untuk pendukung klub Liverpool . Di Tanggal 15 April 1989 Liverpool bertanding melawan klub...

Hidup Sehat6 hari lalu

Kebiasaan – Kebiasaan yang Merusak Ginjal

GINJAL punya banyak fungsi penting untuk tubuh. Beberapa fungsi penting ginjal antara lain untuk menyaring dan membuang limbah, mengendalikan keseimbangan...

Pop & Roll6 hari lalu

Album Baru Ahmad Dhani Dari Penjara

AHMAD Dhani tetap berkarya meskipun berada di penjara. Buktinya, musisi 46 tahun itu meluncurkan boxset bertajuk Ahmad Dhani Indonesia Songbook vol...

Ide1 minggu lalu

10 Aplikasi Untuk Buat Logo Tanpa Ribet

LOGO merupakan salah satu aspek paling vital dalam dunia usaha atau organisasi karena mencerminkan identitas dan filosofi. Jika dulu membuat...