Terhubung Dengan Kami

Khas

Minuman Berenergi VS Minuman Olahraga

nien bagaskara

Dipublikasi

pada

Ilustrasi : theconversation.com

KAMU mungkin Pernah dengar mengenai minuman berenergi dan minuman olahraga sebelumnya? Hanya karena sama-sama bisa memberikan energi dengan cepat, banyak orang mengira ini adalah dua jenis minuman ini yang sama.

Padahal nyatanya, kedua minuman ini jelas sangat berbeda. Apa saja bedanya dan mana yang lebih baik di antara minuman energi dan minuman olahraga?

Perbedaan minuman berenergi dan minuman olahraga

Beda tujuan konsumsinya

Sesuai dengan namanya, minuman berenergi adalah jenis minuman yang memang ditujukan untuk meningkatkan energi, stamina konsentrasi, serta daya tahan tubuh. Minuman energi biasanya diandalkan ketika Anda butuh ‘isi ulang’ energi dengan cepat karena tuntutan kerja atau aktivitas lainnya.

Sementara minuman olahraga adalah jenis minuman yang cocok untuk diminum sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Ini karena minuman olahraga dipercaya mampu menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang secara cepat selama melakukan olahraga maupun aktivitas berat lainnya.

Beda kandungannya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, minuman energi bisa membuat tubuh lebih bersemangat dan berstamina dalam waktu yang singkat. Itu sebabnya, minuman ini mengandung kafein sebagai sumber energi utamanya.

Selain itu, minuman berenergi juga dilengkapi dengan gula, vitamin B, ekstrak herbal seperti ginseng, taurin, dan L-karnitin. Bahan-bahan tersebut tentu tidak ditemukan di dalam  minuman olahraga.

Karbohidrat, elektrolit, mineral, gula, serta beberapa vitamin turut mendukung tugas utama minuman olahraga. Berbagai jenis mineral yang ada dalam minuman olahraga yakni kalium, kalsium, magnesium, serta klorida. Bahkan, ada beberapa minuman olahraga yang turut dilengkapi dengan vitamin C serta vitamin E.

Beda dampaknya

Kafein adalah salah satu kandungan yang berbahaya dalam minuman berenergi, dilansir dari laman Very Well Family. Bukan tanpa alasan, minuman berenergi memiliki kafein dan gula dalam jumlah tinggi yang memang ditujukan untuk menunjang fungsi dari minuman itu sendiri, yakni sebagai pemberi energi dan stamina bagi tubuh.

Sayangnya, terlalu sering minum minuman berenergi dapat berujung pada gangguan konsentrasi, ketidakseimbangan nutrisi, hingga merusak organ-organ dalam tubuh. Banyak penelitian menemukan bahwa kandungan kafein dan gula yang cukup tinggi dalam minuman ini bisa menimbulkan peningkatan kadar gula darah, tekanan darah tinggi, serta peningkatan detak jantung.

Lambat laun, ke semua hal tersebut berakibat buruk bagi kesehatan jantung. Di samping itu, hobi minum minuman berenergi bisa membuat Anda ketergantungan akibat pengaruh kandungan kafeinnya.

Lain lagi dengan minuman olahraga yang sebenarnya punya manfaat baik. Namun di sisi lain, terlalu banyak minum minuman olahraga juga berisiko buruk bagi kesehatan. Kandungan gula yang cukup banyak bisa merusak gigi, bahkan menimbulkan masalah jangka panjang jika diminum terlalu sering. Misalnya diabetes dan kenaikan berat badan.

Jadi, minuman apa yang lebih baik?

Jika dilihat secara keseluruhan, minuman olahraga lebih banyak dianjurkan untuk diminum ketimbang minuman berenergi. Mengapa? Karena kandungan dan fungsi minuman olahraga dirasa lebih baik untuk menunjang fungsi tubuh.

Dibandingkan dengan minuman energi yang banyak mengandung kafein dan gula, minuman olahraga dilengkapi dengan karbohidrat, elektrolit, serta mineral yang berefek positif untuk mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang.

Akan tetapi, minum minuman olahraga setiap hari tidak terlalu dianjurkan bagi Anda yang tidak melakukan olahraga, tidak mengalami dehidrasi, serta tidak sedang terserang diare. Pasalnya, ada kandungan gula yang cukup tinggi dalam minuman olahraga.

Jika sering diminum tanpa disertai dengan aktivitas yang menunjang, gula tersebut hanya akan menumpuk dan menambah jumlah asupan kalori dalam tubuh Anda. Lama-lama, hal ini dapat memicu kelebihan berat badan.

Sebaliknya, ketika diminum dalam jumlah yang cukup dan disertai dengan olahraga rutin, minuman olahraga justru bisa memberikan manfaat yang optimal.

 

Sumber : Hellosehat

 

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Bincang1 minggu lalu

Desy Agustina ; Lagu Anak Hingga Musik Jazz

ADA keprihatinan yang dalam melihat banyak karya anak bangsa yang justru tidak dikelola sendiri. Contohnya lagu anak-anak dan kekayaan seni...

Ide1 minggu lalu

Cara Ampuh Mengubah Kebiasaan Begadang

KEBIASAAN begadang hingga larut malam tak baik untuk kesehatan. Bagi yang sudah terbiasa begadang, tidur cepat akan sangat sulit atau...

Pop & Roll2 minggu lalu

Robby Sugara Tutup Usia

AKTOR senior Robby Sugara tutup usia pada Kamis (13/6/2019). Kabar duka ini diungkap oleh putrannya, Juan Bernard, melalui fitur Insta...

Gaptek? Gak Lah!2 minggu lalu

PUBG Mobile Jadi Games Terlaris di Dunia

Game PUBG Mobile menorehkan prestasi terbaru. Game tersebut berhasil menjadi game terlaris di dunia dengan pendapatan mencapai lebih dari USD 146...

Gaptek? Gak Lah!2 minggu lalu

Ini Dia, Ban Anti Kempes dan Pecah!

PABRIKAN ban Michelin dan raksasa mobil General Motors (GM) tengah bekerja sama mengembangkan purwarupa ban tanpa udara (airless) yang ramah...

Pilihan gowest.id3 minggu lalu

Yang Khas Saat Lebaran di Indonesia

ISLAM di Indonesia tumbuh dengan khas. Tak seperti umat lain di belahan lain dunia, Idulfitri disambut dengan tradisi yang beragam....

Histori3 minggu lalu

ALS ; Bus Dengan Trayek Terjauh, Lintas Sumatera – Jawa

PO Antar Lintas Sumatra (ALS) adalah sebuah perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat yang didirikan di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatra...

Film Film Film3 minggu lalu

5 Fakta Film Hero Lokal “Gundala”

DARI deretan film superhero yang ditayangkan di tahun ini, film ‘Gundala’ gak kalah dinantikan oleh para pencinta film di Indonesia....

Bincang4 minggu lalu

Menyiapkan Pusat Data Server di Batam

PEMERINTAH berencana membangun pusat data server untuk kepentingan pemerintah dan Pemda-Pemda se-Indonesia di pulau Batam. Plt. Direktur Layanan Aplikasi &...

Pilihan gowest.id4 minggu lalu

Kecanduan Games Masuk Dalam Gangguan Mental

GAMING disorder alias kecanduan gim video resmi ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai gangguan kesehatan mental, Sabtu (25/5). Sementara itu,...