Terhubung Dengan Kami

Khas

Minuman Berenergi VS Minuman Olahraga

nien bagaskara

Dipublikasi

pada

Ilustrasi : theconversation.com

KAMU mungkin Pernah dengar mengenai minuman berenergi dan minuman olahraga sebelumnya? Hanya karena sama-sama bisa memberikan energi dengan cepat, banyak orang mengira ini adalah dua jenis minuman ini yang sama.

Padahal nyatanya, kedua minuman ini jelas sangat berbeda. Apa saja bedanya dan mana yang lebih baik di antara minuman energi dan minuman olahraga?

Perbedaan minuman berenergi dan minuman olahraga

Beda tujuan konsumsinya

Sesuai dengan namanya, minuman berenergi adalah jenis minuman yang memang ditujukan untuk meningkatkan energi, stamina konsentrasi, serta daya tahan tubuh. Minuman energi biasanya diandalkan ketika Anda butuh ‘isi ulang’ energi dengan cepat karena tuntutan kerja atau aktivitas lainnya.

Sementara minuman olahraga adalah jenis minuman yang cocok untuk diminum sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Ini karena minuman olahraga dipercaya mampu menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang secara cepat selama melakukan olahraga maupun aktivitas berat lainnya.

Beda kandungannya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, minuman energi bisa membuat tubuh lebih bersemangat dan berstamina dalam waktu yang singkat. Itu sebabnya, minuman ini mengandung kafein sebagai sumber energi utamanya.

Selain itu, minuman berenergi juga dilengkapi dengan gula, vitamin B, ekstrak herbal seperti ginseng, taurin, dan L-karnitin. Bahan-bahan tersebut tentu tidak ditemukan di dalam  minuman olahraga.

Karbohidrat, elektrolit, mineral, gula, serta beberapa vitamin turut mendukung tugas utama minuman olahraga. Berbagai jenis mineral yang ada dalam minuman olahraga yakni kalium, kalsium, magnesium, serta klorida. Bahkan, ada beberapa minuman olahraga yang turut dilengkapi dengan vitamin C serta vitamin E.

Beda dampaknya

Kafein adalah salah satu kandungan yang berbahaya dalam minuman berenergi, dilansir dari laman Very Well Family. Bukan tanpa alasan, minuman berenergi memiliki kafein dan gula dalam jumlah tinggi yang memang ditujukan untuk menunjang fungsi dari minuman itu sendiri, yakni sebagai pemberi energi dan stamina bagi tubuh.

Sayangnya, terlalu sering minum minuman berenergi dapat berujung pada gangguan konsentrasi, ketidakseimbangan nutrisi, hingga merusak organ-organ dalam tubuh. Banyak penelitian menemukan bahwa kandungan kafein dan gula yang cukup tinggi dalam minuman ini bisa menimbulkan peningkatan kadar gula darah, tekanan darah tinggi, serta peningkatan detak jantung.

Lambat laun, ke semua hal tersebut berakibat buruk bagi kesehatan jantung. Di samping itu, hobi minum minuman berenergi bisa membuat Anda ketergantungan akibat pengaruh kandungan kafeinnya.

Lain lagi dengan minuman olahraga yang sebenarnya punya manfaat baik. Namun di sisi lain, terlalu banyak minum minuman olahraga juga berisiko buruk bagi kesehatan. Kandungan gula yang cukup banyak bisa merusak gigi, bahkan menimbulkan masalah jangka panjang jika diminum terlalu sering. Misalnya diabetes dan kenaikan berat badan.

Jadi, minuman apa yang lebih baik?

Jika dilihat secara keseluruhan, minuman olahraga lebih banyak dianjurkan untuk diminum ketimbang minuman berenergi. Mengapa? Karena kandungan dan fungsi minuman olahraga dirasa lebih baik untuk menunjang fungsi tubuh.

Dibandingkan dengan minuman energi yang banyak mengandung kafein dan gula, minuman olahraga dilengkapi dengan karbohidrat, elektrolit, serta mineral yang berefek positif untuk mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang.

Akan tetapi, minum minuman olahraga setiap hari tidak terlalu dianjurkan bagi Anda yang tidak melakukan olahraga, tidak mengalami dehidrasi, serta tidak sedang terserang diare. Pasalnya, ada kandungan gula yang cukup tinggi dalam minuman olahraga.

Jika sering diminum tanpa disertai dengan aktivitas yang menunjang, gula tersebut hanya akan menumpuk dan menambah jumlah asupan kalori dalam tubuh Anda. Lama-lama, hal ini dapat memicu kelebihan berat badan.

Sebaliknya, ketika diminum dalam jumlah yang cukup dan disertai dengan olahraga rutin, minuman olahraga justru bisa memberikan manfaat yang optimal.

 

Sumber : Hellosehat

 

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pilihan gowest.id4 hari lalu

“Remembering Nukman Luthfie” pada Akun Kenangan Facebook

KABAR duka menghampiri dunia digital Indonesia. Salah satu pakar media sosial, Nukman Luthfie meninggal dunia di Yogyakarta pada Sabtu malam (12/01/2019). Sepeninggal...

Pilihan gowest.id6 hari lalu

Minta Maaf Melalui Tatto

KARENA merasa bersalah seorang suami yang telah berselingkuh meminta maaf kepada istrinya dengan cara yang unik, yaitu lewat tato . Namun, tak disangka...

Jalan-Jalan Plesir7 hari lalu

Alif Stone Park, Taman Batu Yang Eksotis

ALIF Stone Park menyuguhkan wisata pantai yang begitu eksotis. Di lokasi ini terdapat ribuan bongkah batu granit berukuran raksasa. Bebatuan...

Ide7 hari lalu

Tips Kemas Barang Dalam Tas Ukuran Kabin

PERJALANAN menggunakan pesawat lebih praktis jika kamu tahu cara mengepak barang dalam satu tas ukuran kabin. Selain lebih ringkas, kamu...

Pilihan gowest.id7 hari lalu

Karyawan Bahagia, Kerja Jadi Produktif

ADA berbagai faktor yang membuat karyawan lebih produktif di tempat kerja, salah satunya adalah kebahagiaan. Ya, semakin bahagia seseorang, lebih produktif juga...

Histori1 minggu lalu

BP (Otorita) Batam Saat Lampau

PRESIDEN Ketiga RI yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Otorita Batam (sekarang bernama Badan Pengusahaan Batam, pen) menceritakan awal-awal pengembangan...

Histori1 minggu lalu

Menelusur Sejarah Riau Lingga di Museum Linggam Cahaya

MUSEUM Linggam Cahaya yang terletak di Daik, Lingga menyimpan ribuan benda koleksi peninggalan dari perjalanan panjang Kerajaan Lingga di Bunda...

Hidup Sehat1 minggu lalu

Mendeteksi Tanda Kesehatan Lewat Bad Mood

ADA banyak hal yang bisa merusak mood atau suasana hati. Jika rasa itu berlanjut seolah tak mau pergi, mungkin inflamasi atau peradangan...

Pop & Roll1 minggu lalu

Ketika “Captain America” Keluhkan Teknologi Zaman Sekarang

Di saat banyak orang yang merasa dimudahkan hidupnya oleh kehadiran teknologi yang semakin hari semakin canggih, lain halnya dengan aktor...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Facebook Kembangkan Mata Uang Kripto?

KABARNYA, Facebook sedang mengembangkan mata uang kripto agar mengirim uang lewat aplikasi WhatsApp lebih mudah. Kabar ini mencuat setelah laporan yang dimuat Bloomberg menyatakan bahwa Facebook akan membuat mata uang kripto untuk...