Terhubung Dengan Kami

Uang

Penjajakan Investasi Skrap Plastik Tiongkok di Batam

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

PERTUMBUHAN ekonomi Kepulauan Riau yang semakin membaik, memberikan dampak positif kepada iklim perekonomian di Batam.

Sebagai tindaklanjutnya,  26 investor Tiongkok mengunjungi BP Batam untuk berdiskusi mengenai peluang investasi di Gedung Marketing BP Batam, pada Senin (9/7) pekan ini.

Direktur Pemanfaatan Aset, Dendi Gustinandar menyambut baik dan apresiasi kepada seluruh rombongan delegasi investor yang berkenan berkunjung ke BP Batam.

“Kami menyambut baik inisiatif Scrap Plastic Association (CSPA) untuk membawa pelaku industri ke Batam dan tentunya dalam pelaksanaannya nanti BP Batam siap untuk membantu,” Jelas Dendi saat memaparkan masterplan Batam.

Dendi menjelaskan kemudahan perizinan investasi di Batam melalui Izin Imvestasi 3 Jam (i23J), Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KILK) dan Online Single Submission kepada rombongan pengusaha Tiongkok.

“Proses atau metamorfosis dari bentuk pelayanan perizinan di Batam seperti Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KILK), dan pada tahun 2016 kita menjalankan Izin Investasi dalam waktu 3 Jam (i23J) dan sekarang implementasi Online Single Submission yang akan segera diluncurkan sehingga seluruh investor yang datang akan diberikan ‘karpet merah’ di Batam.” terang Dendi.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk investasi industri plastik terdapat beberapa perizinan harus sesuai dengan perizinan yang ada di Indonesia.

Seperti perizinan impor sesuai dengan peraturan Menteri Perdagangan Tahun 2016 dimana yang diperbolehkan untuk industri plastik adalah residu dan scrap.

“apabila rekan-rekan investor menjalankan usahanya di Batam, harus memperhatikan peraturan yg berlaku di Indonesia khususnya di Batam seperti Angka Pengenal Impor dari BP Batam, izin lingkungan dari Pemerintah daerah dan Provinsi, dan beberapa perizinan lainnya,” jelasnya.

Senada dengan Dendi, Direktur Akses Sumber Daya Industri Kementerian Perindustrian RI, Tony TH Sinambela mengatakan bahwa sebuah keharusan bagi pengusaha asing untuk menaati peraturan yang berlaku di Indonesia, terutama di sektor pengolahan limbah dan lingkungan hidup.

“Para pelaku industri, terutama pemilik perusahaan asing ini harus memperhatikan jenis industrinya sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.” Terang Tony.

Selain itu, ia juga menjelaskan mengenai fasilitas insentif yang disediakan pemerintah Indonesia untuk memperlancar investasi asing untuk menjalankan usahanya di Indonesia.

“Sudah ada Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, kemudian Kementerian Perindustrian juga memiliki pelayanan One Stop Service dari tahap perizinan hingga realisasi investasi”.

Tony berharap antara pihaknya dan BP Batam untuk terus bersinergi dalam proses memenuhi perizinan yang diperlukan calon investor untuk menanamkan investasinya di Kota Batam.

Sementara Assistant of Secretary General of China Scrap Plastic Association (CSPA), Ms. Jenny Ning menyampaikan rasa terimakasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Batam kepada rombongan.

“kami senang sekali bisa diterima dengan baik dan diberikan informasi seputar perkembangan Batam, kami CSPA bermitra dengan Kadin Kepri melihat Batam memiliki potensi investasi dimana ada sejumlah yang bergerak di bidang yang sama telah beroperasi di Batam,” tuturnya.

Ia berharap pertemuan tersebut dapat menjadi rencana awal dalam proses penjajakan investasi dan perluasan usaha dan investasi bagi CSPA.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam, Ady Soegiharto; Ketua Umum Kadin Kepri, Ma’ruf Maulana; Perwakilan kawasan industri Batamindo Industrial Park, Tunas Industrial Park, Bintang Industrial Park, dan Latrade Industrial Park.

 

(*/GoWest.ID)

 

 

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pilihan gowest.id2 hari lalu

“Remembering Nukman Luthfie” pada Akun Kenangan Facebook

KABAR duka menghampiri dunia digital Indonesia. Salah satu pakar media sosial, Nukman Luthfie meninggal dunia di Yogyakarta pada Sabtu malam (12/01/2019). Sepeninggal...

Pilihan gowest.id4 hari lalu

Minta Maaf Melalui Tatto

KARENA merasa bersalah seorang suami yang telah berselingkuh meminta maaf kepada istrinya dengan cara yang unik, yaitu lewat tato . Namun, tak disangka...

Jalan-Jalan Plesir5 hari lalu

Alif Stone Park, Taman Batu Yang Eksotis

ALIF Stone Park menyuguhkan wisata pantai yang begitu eksotis. Di lokasi ini terdapat ribuan bongkah batu granit berukuran raksasa. Bebatuan...

Ide5 hari lalu

Tips Kemas Barang Dalam Tas Ukuran Kabin

PERJALANAN menggunakan pesawat lebih praktis jika kamu tahu cara mengepak barang dalam satu tas ukuran kabin. Selain lebih ringkas, kamu...

Pilihan gowest.id5 hari lalu

Karyawan Bahagia, Kerja Jadi Produktif

ADA berbagai faktor yang membuat karyawan lebih produktif di tempat kerja, salah satunya adalah kebahagiaan. Ya, semakin bahagia seseorang, lebih produktif juga...

Histori7 hari lalu

BP (Otorita) Batam Saat Lampau

PRESIDEN Ketiga RI yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Otorita Batam (sekarang bernama Badan Pengusahaan Batam, pen) menceritakan awal-awal pengembangan...

Histori1 minggu lalu

Menelusur Sejarah Riau Lingga di Museum Linggam Cahaya

MUSEUM Linggam Cahaya yang terletak di Daik, Lingga menyimpan ribuan benda koleksi peninggalan dari perjalanan panjang Kerajaan Lingga di Bunda...

Hidup Sehat1 minggu lalu

Mendeteksi Tanda Kesehatan Lewat Bad Mood

ADA banyak hal yang bisa merusak mood atau suasana hati. Jika rasa itu berlanjut seolah tak mau pergi, mungkin inflamasi atau peradangan...

Pop & Roll1 minggu lalu

Ketika “Captain America” Keluhkan Teknologi Zaman Sekarang

Di saat banyak orang yang merasa dimudahkan hidupnya oleh kehadiran teknologi yang semakin hari semakin canggih, lain halnya dengan aktor...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Facebook Kembangkan Mata Uang Kripto?

KABARNYA, Facebook sedang mengembangkan mata uang kripto agar mengirim uang lewat aplikasi WhatsApp lebih mudah. Kabar ini mencuat setelah laporan yang dimuat Bloomberg menyatakan bahwa Facebook akan membuat mata uang kripto untuk...