Connect with us

Uang

Penjajakan Investasi Skrap Plastik Tiongkok di Batam

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

PERTUMBUHAN ekonomi Kepulauan Riau yang semakin membaik, memberikan dampak positif kepada iklim perekonomian di Batam.

Sebagai tindaklanjutnya,  26 investor Tiongkok mengunjungi BP Batam untuk berdiskusi mengenai peluang investasi di Gedung Marketing BP Batam, pada Senin (9/7) pekan ini.

Direktur Pemanfaatan Aset, Dendi Gustinandar menyambut baik dan apresiasi kepada seluruh rombongan delegasi investor yang berkenan berkunjung ke BP Batam.

“Kami menyambut baik inisiatif Scrap Plastic Association (CSPA) untuk membawa pelaku industri ke Batam dan tentunya dalam pelaksanaannya nanti BP Batam siap untuk membantu,” Jelas Dendi saat memaparkan masterplan Batam.

Dendi menjelaskan kemudahan perizinan investasi di Batam melalui Izin Imvestasi 3 Jam (i23J), Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KILK) dan Online Single Submission kepada rombongan pengusaha Tiongkok.

“Proses atau metamorfosis dari bentuk pelayanan perizinan di Batam seperti Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KILK), dan pada tahun 2016 kita menjalankan Izin Investasi dalam waktu 3 Jam (i23J) dan sekarang implementasi Online Single Submission yang akan segera diluncurkan sehingga seluruh investor yang datang akan diberikan ‘karpet merah’ di Batam.” terang Dendi.

Lebih lanjut, ia mengatakan untuk investasi industri plastik terdapat beberapa perizinan harus sesuai dengan perizinan yang ada di Indonesia.

Seperti perizinan impor sesuai dengan peraturan Menteri Perdagangan Tahun 2016 dimana yang diperbolehkan untuk industri plastik adalah residu dan scrap.

“apabila rekan-rekan investor menjalankan usahanya di Batam, harus memperhatikan peraturan yg berlaku di Indonesia khususnya di Batam seperti Angka Pengenal Impor dari BP Batam, izin lingkungan dari Pemerintah daerah dan Provinsi, dan beberapa perizinan lainnya,” jelasnya.

Senada dengan Dendi, Direktur Akses Sumber Daya Industri Kementerian Perindustrian RI, Tony TH Sinambela mengatakan bahwa sebuah keharusan bagi pengusaha asing untuk menaati peraturan yang berlaku di Indonesia, terutama di sektor pengolahan limbah dan lingkungan hidup.

“Para pelaku industri, terutama pemilik perusahaan asing ini harus memperhatikan jenis industrinya sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.” Terang Tony.

Selain itu, ia juga menjelaskan mengenai fasilitas insentif yang disediakan pemerintah Indonesia untuk memperlancar investasi asing untuk menjalankan usahanya di Indonesia.

“Sudah ada Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, kemudian Kementerian Perindustrian juga memiliki pelayanan One Stop Service dari tahap perizinan hingga realisasi investasi”.

Tony berharap antara pihaknya dan BP Batam untuk terus bersinergi dalam proses memenuhi perizinan yang diperlukan calon investor untuk menanamkan investasinya di Kota Batam.

Sementara Assistant of Secretary General of China Scrap Plastic Association (CSPA), Ms. Jenny Ning menyampaikan rasa terimakasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Batam kepada rombongan.

“kami senang sekali bisa diterima dengan baik dan diberikan informasi seputar perkembangan Batam, kami CSPA bermitra dengan Kadin Kepri melihat Batam memiliki potensi investasi dimana ada sejumlah yang bergerak di bidang yang sama telah beroperasi di Batam,” tuturnya.

Ia berharap pertemuan tersebut dapat menjadi rencana awal dalam proses penjajakan investasi dan perluasan usaha dan investasi bagi CSPA.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam, Ady Soegiharto; Ketua Umum Kadin Kepri, Ma’ruf Maulana; Perwakilan kawasan industri Batamindo Industrial Park, Tunas Industrial Park, Bintang Industrial Park, dan Latrade Industrial Park.

 

(*/GoWest.ID)

 

 

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pop & Roll1 bulan lalu

Untuk Perempuan, Pria Humoris itu Begini

PUNYA teman pria yang humoris memang bikin hari-hari kamu jadi lebih terhibur. Benar? Bayangkan, kalau tak ada kehadirannya semua teman...

Pop & Roll1 bulan lalu

Katanya, Wanita Lebih Suka Tidur Sendiri

ADA fakta menarik diungkap pakar tidur dunia Dr Michael Breus. Katanya, wanita sesungguhnya lebih suka atau nyaman tidur sendirian. “Ada perbedaan...

Gaptek? Gak Lah!1 bulan lalu

145 Aplikasi di Playstore Terinfeksi Malware

SEBANYAK 145 aplikasi di Google Play ditemukan terinfeksi malware baru yang dapat merusak mesin Windows. Menurut laporan awal pekan ini, 145 aplikasi Andorid...

Gaptek? Gak Lah!1 bulan lalu

Chat Sambil Nonton Youtube di WhatsApp Android

AWAL 2018, WhatsApp menghadirkan fitur Picture-in-Picture untuk perangkat bersistem operasi iOS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyaksikan video dari Instagram, Facebook, dan YouTube tanpa...

Pilihan gowest.id2 bulan lalu

Membayangkan Kartun “Kids Jaman Old” Menua

ANAK – anak era 70, 80 dan 90-an pasti pernah merasakan betapa berjayanya jaman dahulu. Saat banyak sekali film kartun...

Pop & Roll2 bulan lalu

Liam Dan Noel Galagher Rujuk

REUNI band Oasis adalah salah satu yang paling dinantikan penggemarnya di muka bumi ini. Tapi, reuni ini tidak akan terwujud...

Otto Keren!2 bulan lalu

Skuter Matik Nex II Varian Baru Hadir di Batam

SETELAH sukses diluncurkan di Jakarta dan beberapa kota lain, kini PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi turut memperkenalkan varian...

Hidup Sehat2 bulan lalu

Mewaspadai Kanker Serviks, Sadanis dan Payudara Klinis dengan Sosialisasi

CANCER Information & Support Center (CISC) Batam mengadakan kegiatan sosialisasi  pemeriksaan kanker serviks, Sadanis dan Payudara Klinis di Puskesmas Tiban...

Otto Keren!2 bulan lalu

Setelah Jimny, Suzuki Luncurkan Hustler

SUZUKI telah merilis Jimny terbaru untuk pasar domestik di Jepang. Kini, Suzuki juga telah menyiapkan Suzuki Hustler Tough Wild sebagai...

Film Film Film2 bulan lalu

Buffalo Boys, Produksi Infinite Studio yang Tampil di Fantasia International Film Festival 2018

FILM Buffalo Boys sukses memukau penonton dunia. Film produksi Screenplay Infinite Films ini diputar secara world premiere di Fantasia International...