Terhubung Dengan Kami

Khas

Sayonara Liga 1 dari Traveloka

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

SEPAKBOLA Indonesia dan segala perniknya kerap memunculkan kejutan.

Seperti juga gelaran Liga 1-nya. Hanya satu hari sebelum kick-off musim baru, Liga 1 Indonesia kehilangan salah satu sponsor utama; Traveloka.

Kepastian Traveloka mundur disampaikan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Berlinton Siahaan di Jakarta, Kamis (22/3/2018) lalu.

Akhirnya, nama resmi kompetisi menjadi Go-Jek Liga 1 2018, bukan lagi Go-Jek Traveloka Liga 1 seperti musim lalu.

Sayangnya Berlinton tidak tahu alasan Traveloka mengundurkan diri dari jajaran sponsor. PT LIB pun tak mengambil tindakan apapun meski seluruh label dan penanda kompetisi sudah dicetak dengan memasang nama Traveloka.

“Demi alasan etika, kami tak melakukan apa pun dengan putusan dari pihak Traveloka yang mendadak tersebut. Sampai dengan tadi siang, kami sebenarnya ingin bertemu secara langsung kepada pimpinan Traveloka. Namun, hanya diwakilkan saja,” tutur Berlinton dalam jumpa pers, Kamis (22/3).

Berlinton lebih lanjut mengatakan bahwa kompetisi tak akan mundur. Hari ini (23/3), pertandingan perdana antara juara bertahan Bhayangkara FC dan Persija Jakarta akan tetap berlangsung.

“Masih ada beberapa perusahaan yang mau untuk menjadi sponsor kami berikutnya. The show must go on,” imbuh Berlinton.

Langkah mundur Traveloka jelas mengakibatkan kerugian bagi PT LIB meski belum dihitung benar. Selain atribut resmi kompetisi, patch sponsor liga Traveloka di seragam para pemain pun harus dicopot dan dipasang ulang dengan hanya logo Go-Jek.

Musim lalu, menurut Republika, masing-masing sponsor utama menyetor Rp180 miliar. Kini PT LIB langsung mencari sponsor lain sebagai penggantinya.

Yang jelas, lanjut Berlinton dalam Goal Indonesia, hak klub berbentuk subsidi tak akan berkurang. Jadi nilai subsidi Rp7,5 miliar bagi setiap klub tetap disalurkan sesuai jadwal yang sudah disepakati.

Misalnya per Maret ini, setiap klub menerima Rp625 juta. “Kami akan bahas permasalahan ini di Rapat Umum pemegang Saham (RUPS) yang akan dilakukan setiap tiga bulan sekali,” kata Berlinton dikutip JPNN.

Sejauh ini Traveloka juga belum memberi keterangan soal keputusannya. Tak ada keterangan apapun di jalur informasi resminya.

Dalam laman informasi pers, pengumuman terakhirnya adalah soal Traveloka sebagai sponsor media dan penyiaran pertandingan Piala Dunia 2018 di Indonesia. Kerjasama sponsor untuk Indonesia digalang bersama Futball Momentum Asia pada 1 Maret lalu.

Pekan perdana

PERUBAHAN komposisi sponsor sudah ditegaskan tak akan mengubah agenda. Dengan begitu sembilan laga tetap akan berlangsung dalam empat hari (Jumat 23/3 – Senin 26/3).

Setelah Bhayangkara dan Persija, pada Sabtu (24/3) digelar tiga laga; Persipura menjamu Persela, Arema melayani Mitra Kukar, dan Bali United menemui PSMS Medan.

Kemudian pada Minggu (25/3) giliran PSM Makassar melawan PSIS Semarang dan Persebaya menjamu Perseru Serui.

Lantas pada Senin (26/3) kembali tiga laga digelar. Borneo melawan Sriwijaya FC, Persib menjamu PS Tira, dan Madura United menghadapi Barito Putera.

Seluruh pertandingan bakal disiarkan langsung oleh Grup Emtek melalui dua stasiun; SCTV dan Indosiar. Namun publik bisa menyaksikan melalui streaming di Vidio.com.

Traveloka sendiri akhirnya buka suara soal keputusannya mundur dari Liga 1. Dilansir Kumparan, Jumat (23/3), Traveloka mengatakan ada kesalahpahaman dengan PT LIB sehingga logo mereka masih terpampang saat peluncuran Liga 1 2018 pada Senin (19/3).

“Absennya Traveloka di kompetisi Liga 1 musim 2018 dikarenakan memang belum terjadi kesepakatan antara Liga 1 dan Traveloka untuk kelanjutan partisipasi Traveloka di musim ini,” ujar Busyra Oryza, Manajer Public Relation Traveloka.

 

Sumber : liga indonesia / Republika / jpnn / goal.com / beritagar / traveloka / kumparan

 

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pilihan gowest.id3 hari lalu

“Remembering Nukman Luthfie” pada Akun Kenangan Facebook

KABAR duka menghampiri dunia digital Indonesia. Salah satu pakar media sosial, Nukman Luthfie meninggal dunia di Yogyakarta pada Sabtu malam (12/01/2019). Sepeninggal...

Pilihan gowest.id5 hari lalu

Minta Maaf Melalui Tatto

KARENA merasa bersalah seorang suami yang telah berselingkuh meminta maaf kepada istrinya dengan cara yang unik, yaitu lewat tato . Namun, tak disangka...

Jalan-Jalan Plesir6 hari lalu

Alif Stone Park, Taman Batu Yang Eksotis

ALIF Stone Park menyuguhkan wisata pantai yang begitu eksotis. Di lokasi ini terdapat ribuan bongkah batu granit berukuran raksasa. Bebatuan...

Ide6 hari lalu

Tips Kemas Barang Dalam Tas Ukuran Kabin

PERJALANAN menggunakan pesawat lebih praktis jika kamu tahu cara mengepak barang dalam satu tas ukuran kabin. Selain lebih ringkas, kamu...

Pilihan gowest.id6 hari lalu

Karyawan Bahagia, Kerja Jadi Produktif

ADA berbagai faktor yang membuat karyawan lebih produktif di tempat kerja, salah satunya adalah kebahagiaan. Ya, semakin bahagia seseorang, lebih produktif juga...

Histori7 hari lalu

BP (Otorita) Batam Saat Lampau

PRESIDEN Ketiga RI yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Otorita Batam (sekarang bernama Badan Pengusahaan Batam, pen) menceritakan awal-awal pengembangan...

Histori1 minggu lalu

Menelusur Sejarah Riau Lingga di Museum Linggam Cahaya

MUSEUM Linggam Cahaya yang terletak di Daik, Lingga menyimpan ribuan benda koleksi peninggalan dari perjalanan panjang Kerajaan Lingga di Bunda...

Hidup Sehat1 minggu lalu

Mendeteksi Tanda Kesehatan Lewat Bad Mood

ADA banyak hal yang bisa merusak mood atau suasana hati. Jika rasa itu berlanjut seolah tak mau pergi, mungkin inflamasi atau peradangan...

Pop & Roll1 minggu lalu

Ketika “Captain America” Keluhkan Teknologi Zaman Sekarang

Di saat banyak orang yang merasa dimudahkan hidupnya oleh kehadiran teknologi yang semakin hari semakin canggih, lain halnya dengan aktor...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Facebook Kembangkan Mata Uang Kripto?

KABARNYA, Facebook sedang mengembangkan mata uang kripto agar mengirim uang lewat aplikasi WhatsApp lebih mudah. Kabar ini mencuat setelah laporan yang dimuat Bloomberg menyatakan bahwa Facebook akan membuat mata uang kripto untuk...