Connect with us

Khas

Sayonara Liga 1 dari Traveloka

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

SEPAKBOLA Indonesia dan segala perniknya kerap memunculkan kejutan.

Seperti juga gelaran Liga 1-nya. Hanya satu hari sebelum kick-off musim baru, Liga 1 Indonesia kehilangan salah satu sponsor utama; Traveloka.

Kepastian Traveloka mundur disampaikan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Berlinton Siahaan di Jakarta, Kamis (22/3/2018) lalu.

Akhirnya, nama resmi kompetisi menjadi Go-Jek Liga 1 2018, bukan lagi Go-Jek Traveloka Liga 1 seperti musim lalu.

Sayangnya Berlinton tidak tahu alasan Traveloka mengundurkan diri dari jajaran sponsor. PT LIB pun tak mengambil tindakan apapun meski seluruh label dan penanda kompetisi sudah dicetak dengan memasang nama Traveloka.

“Demi alasan etika, kami tak melakukan apa pun dengan putusan dari pihak Traveloka yang mendadak tersebut. Sampai dengan tadi siang, kami sebenarnya ingin bertemu secara langsung kepada pimpinan Traveloka. Namun, hanya diwakilkan saja,” tutur Berlinton dalam jumpa pers, Kamis (22/3).

Berlinton lebih lanjut mengatakan bahwa kompetisi tak akan mundur. Hari ini (23/3), pertandingan perdana antara juara bertahan Bhayangkara FC dan Persija Jakarta akan tetap berlangsung.

“Masih ada beberapa perusahaan yang mau untuk menjadi sponsor kami berikutnya. The show must go on,” imbuh Berlinton.

Langkah mundur Traveloka jelas mengakibatkan kerugian bagi PT LIB meski belum dihitung benar. Selain atribut resmi kompetisi, patch sponsor liga Traveloka di seragam para pemain pun harus dicopot dan dipasang ulang dengan hanya logo Go-Jek.

Musim lalu, menurut Republika, masing-masing sponsor utama menyetor Rp180 miliar. Kini PT LIB langsung mencari sponsor lain sebagai penggantinya.

Yang jelas, lanjut Berlinton dalam Goal Indonesia, hak klub berbentuk subsidi tak akan berkurang. Jadi nilai subsidi Rp7,5 miliar bagi setiap klub tetap disalurkan sesuai jadwal yang sudah disepakati.

Misalnya per Maret ini, setiap klub menerima Rp625 juta. “Kami akan bahas permasalahan ini di Rapat Umum pemegang Saham (RUPS) yang akan dilakukan setiap tiga bulan sekali,” kata Berlinton dikutip JPNN.

Sejauh ini Traveloka juga belum memberi keterangan soal keputusannya. Tak ada keterangan apapun di jalur informasi resminya.

Dalam laman informasi pers, pengumuman terakhirnya adalah soal Traveloka sebagai sponsor media dan penyiaran pertandingan Piala Dunia 2018 di Indonesia. Kerjasama sponsor untuk Indonesia digalang bersama Futball Momentum Asia pada 1 Maret lalu.

Pekan perdana

PERUBAHAN komposisi sponsor sudah ditegaskan tak akan mengubah agenda. Dengan begitu sembilan laga tetap akan berlangsung dalam empat hari (Jumat 23/3 – Senin 26/3).

Setelah Bhayangkara dan Persija, pada Sabtu (24/3) digelar tiga laga; Persipura menjamu Persela, Arema melayani Mitra Kukar, dan Bali United menemui PSMS Medan.

Kemudian pada Minggu (25/3) giliran PSM Makassar melawan PSIS Semarang dan Persebaya menjamu Perseru Serui.

Lantas pada Senin (26/3) kembali tiga laga digelar. Borneo melawan Sriwijaya FC, Persib menjamu PS Tira, dan Madura United menghadapi Barito Putera.

Seluruh pertandingan bakal disiarkan langsung oleh Grup Emtek melalui dua stasiun; SCTV dan Indosiar. Namun publik bisa menyaksikan melalui streaming di Vidio.com.

Traveloka sendiri akhirnya buka suara soal keputusannya mundur dari Liga 1. Dilansir Kumparan, Jumat (23/3), Traveloka mengatakan ada kesalahpahaman dengan PT LIB sehingga logo mereka masih terpampang saat peluncuran Liga 1 2018 pada Senin (19/3).

“Absennya Traveloka di kompetisi Liga 1 musim 2018 dikarenakan memang belum terjadi kesepakatan antara Liga 1 dan Traveloka untuk kelanjutan partisipasi Traveloka di musim ini,” ujar Busyra Oryza, Manajer Public Relation Traveloka.

 

Sumber : liga indonesia / Republika / jpnn / goal.com / beritagar / traveloka / kumparan

 

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Inspirasi2 minggu lalu

Online Shop, Cara Bertahan di Era Digital

USAHA Online shop merupakan alternatif pilihan yang ada bagi pelaku usaha konvensional agar tetap dapat bertahan di era digital seperti...

Pop & Roll2 minggu lalu

“Beautiful Girls” di Piala Dunia 2018

MAGNET perhelatan piala dunia menarik banyak orang untuk menyimaknya. Bukan hanya melalui layar kaca televisi atau perangkat telepon pintar! Tapi...

Pilihan gowest.id2 minggu lalu

Menghasilkan Uang dari Waktu Luang

KAMU punya waktu luang? Selain bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak, nggak ada salahnya jika mencoba peluang-peluang bisnis berikut ini. Waktu...

Bincang3 minggu lalu

Angka Perceraian di Batam Melonjak

ANGKA Perceraian di Kota Batam kembali menunjukkan angka yang fantastis. Pelemahan ekonomi yang saat ini sedang dialami di Kota Batam...

Otto Keren!3 minggu lalu

Sensasi Berkendara di Mobil Listrik BMW

MOBIL listrik hadir menjanjikan pengalaman berkendara yang baru dan berbeda dibanding kendaraan konvensional (berbahan bakar bensin atau Diesel) seperti yang...

Pop & Roll3 minggu lalu

5 Emoji yang Sering Disalah Arti

SAAT ini warganet pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi perpesanan WhatApp. Setiap hari, aplikasi ini digunakan oleh banyak orang...

Hidup Sehat3 minggu lalu

Seruput Kopi untuk Turunkan Resiko Penyakit Jantung

SEBUAH penelitian menyebut resiko penyakit jantung bisa turun bila minum kopi tanpa pemanis atau gula. Baru-baru ini sebuah penelitian mengaitkan...

Pilihan gowest.id3 minggu lalu

Mengapa Anak ada yang Cadel?

APAKAH di keluarga kamu ada yang sulit mengucapkan huruf R? Di Indonesia hal ini biasa disebut cadel. Sebenarnya apa penyebabnya?...

Pop & Roll3 minggu lalu

Cewek Pilih Sneaker atau High Heels?

SEPATU model high heels atau sepatu hak tinggi sering diidentikkan dengan para cewek. Alasannya, karena alas kaki tersebut sering dipakai para...

Pop & Roll4 minggu lalu

Gaya Rambut Para Bintang di Piala Dunia

AJANG Piala Dunia sudah berlangsung beberapa hari ini. Akan terus berlangsung hingga berakhir pada 15 Juli 2018 mendatang. Seperti lazimnya,...