Terhubung Dengan Kami

Khas

Tarif Air Baru untuk Rumah Mewah

iqbal fadillah

Dipublikasi

pada

Ilustrasi : ist.

PT Adhya Tirta Batam (ATB) menetapkan tarif air bersih untuk kategori jenis rumah tangga yang baru yakni golongan rumah tangga B atau Tipe Rumah Mewah sejak 1 Mei lalu.

Nilainya sebesar 15 persen dari tarif rumah tangga golongan A atau Tipe Rumah Sederhana.

Tarif baru ini ditetapkan berdasarkan SK Tarif BP Batam Nomor 106/KPTS/KA/XII/2007, SK Tarif BP Batam Nomor 1 Tahun 2010, SK Tarif BP Batam Nomor 7 Tahun 2011 dan SK Tarif BP Batam Nomor 9 Tahun 2011.

Kabid Pengelolaan Air BP Batam Tutu Witular mengatakan jenis tarif ini sebenarnya sudah direncanakan ada sejak tahun 2011.

Saat itu BP memang sudah menginstruksikan untuk membedakan tarif air berdasarkan tipe rumah.

“Cuma saat itu, belum disepakati mengenai kriteria untuk menentukan golongan rumah tangga B. Sehingga tertunda hingga saat ini,” ujar Tutu saat dikonfirmasi.

Secara garis besar, golongan rumah tangga B menunjuk pada rumah-rumah kategori besar dan mewah. Tutu menjelaskan saat ini kriterianya telah disepakati. Namun sayangnya, ia hanya bisa mengingat lima kriteria yang menentukan apakah sebuah rumah masuk kategori B.

“Dulu karena belum disepakati, maka semua rumah yang masuk kategori B dimasukkan kepada kategori A,” katanya.

Tiga kategori yang ia tahu antara luas lahan, Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), pemakaian listrik, luas ROW jalan dan harga jual rumah.

“Untuk luas lahan, kategori B diatas 120 meter persegi. Sedangkan pemakaian listrik diatas 10 ampere. Untuk lebih jelasnya nanti kita ketemu lagi,” ucapnya.

Sementara itu, hingga saat ini pihak ATB belum dapat menjelaskan mengenai rencana kenaikan tarif tersebut. Ditemui di tempat yang berbeda Humas PT ATB, Enriqo Moreno menjelaskan bahwa untuk membahas hal ini merupakan kewenangan dari divisi Secretaris Coorporate.

“Mohon maaf ya mas, untuk pertanyaan ini merupakan kewenangan dari CorSec nanti yang menjawabnya. Itu sudah sesuai intruksi dari atasan,” ucap Enriqo.

Dianggap Masih Belum Pantas Dilakukan

SEMENTARA itu, Anggota DPRD Kota Batam mempertanyakan alasan dari Badan Pengusahaan (BP) Batam, dalam mengeluarkan Surat Keputusan (SK) untuk menaikkan tarif air bagi perumahan yang termaksud kategori mewah.

“Kategori mewah itu BP Batam menilainya dari mana? Apakah tipe standart di Perumahan Dutamas juga termaksud rumah mewah, kriteria ini yang harusnya terlebih dahulu dijelaskan secara gamblang kepada masyarakat sebelum meminta ATB untuk menaikkan tarif air,” ujarnya Anggota Komisi I DPRD Batam, Lik Khai.

Sebelumnya Kabid Pengelolaan Air BP Batam, Tutu Witular membenarkan pihaknya akan meminta PT Adhya Tirta Batam (ATB) guna menaikkan tarif air. Dimana baru ini ditetapkan berdasarkan SK Tarif BP Batam No 106/KPTS/KA/XII/2007, SK Tarif BP Batam No 1 Tahun 2010, SK Tarif BP Batam No 6 Tahun 2011, dan SK Tarif BP Batam No 9 Tahun 2011. Dimana rencana kenaikan tarif air ini, sebenarnya sudah mulai dibahas pada tahun 2011 lalu.

“Sebelum pihak ATB merealisasikan kenaikan tarif itu, harusnya mereka juga memperbaiki dulu pelayanan mereka. Kita tahu sendiri kan kalo untuk kualitas air di Batam ini, belum merata masih ada masyarakat yang menerima air dengan kualitas yang saya rasa masih belum layak untuk konsumsi,” lanjutnya.

Walau begitu, secara Nasional ia juga mengakui bahwa kinerja ATB saat ini memang sudah lebih baik daripada beberapa perusahaan air minum.

Namun hal ini sendiri juga dianggapnya masih belum cukup apabila dibandingkan dengan perusahaan air minum milik beberapa Negara tetangga apabila ingin bersaing dalam mencari investor guna mengembangkan Kota Batam.

Selain itu, ia juga meminta agar pihak BP Batam untuk memperbaiki kinerjanya terlebih dahulu sebelum melakukan penyesuaian tarif baru air.

“Untuk pak Lukita saya minta untuk perbaiki kinerja dulu lah, gak usah mikirin yang lain. Masih banyak yang lain yang harus diselesaikan, IPH misalnya sampai saat ini masih belum ada hasilnya kan,” tegasnya.

Selain itu, ia melihat adanya beberapa kebijakan dari Pemerintah Pusat yang akan dijalankan oleh BP Batam. Dianggap hanya kembali membuat gejolak, setelah sempat merasakan ketenangan dari perseteruan antara BP Batam dan Pemko Batam.

“Kebijakan KEK yang akan diterapkan di Batam, itu juga kebijakan yang mengada – ngada menurut saya. Jadi lebih baik saat ini pak Lukita dan Deputi lainnya perbaiki kinerja.

(*/GoWest.ID)

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pilihan gowest.id2 hari lalu

“Remembering Nukman Luthfie” pada Akun Kenangan Facebook

KABAR duka menghampiri dunia digital Indonesia. Salah satu pakar media sosial, Nukman Luthfie meninggal dunia di Yogyakarta pada Sabtu malam (12/01/2019). Sepeninggal...

Pilihan gowest.id4 hari lalu

Minta Maaf Melalui Tatto

KARENA merasa bersalah seorang suami yang telah berselingkuh meminta maaf kepada istrinya dengan cara yang unik, yaitu lewat tato . Namun, tak disangka...

Jalan-Jalan Plesir5 hari lalu

Alif Stone Park, Taman Batu Yang Eksotis

ALIF Stone Park menyuguhkan wisata pantai yang begitu eksotis. Di lokasi ini terdapat ribuan bongkah batu granit berukuran raksasa. Bebatuan...

Ide5 hari lalu

Tips Kemas Barang Dalam Tas Ukuran Kabin

PERJALANAN menggunakan pesawat lebih praktis jika kamu tahu cara mengepak barang dalam satu tas ukuran kabin. Selain lebih ringkas, kamu...

Pilihan gowest.id5 hari lalu

Karyawan Bahagia, Kerja Jadi Produktif

ADA berbagai faktor yang membuat karyawan lebih produktif di tempat kerja, salah satunya adalah kebahagiaan. Ya, semakin bahagia seseorang, lebih produktif juga...

Histori7 hari lalu

BP (Otorita) Batam Saat Lampau

PRESIDEN Ketiga RI yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Otorita Batam (sekarang bernama Badan Pengusahaan Batam, pen) menceritakan awal-awal pengembangan...

Histori1 minggu lalu

Menelusur Sejarah Riau Lingga di Museum Linggam Cahaya

MUSEUM Linggam Cahaya yang terletak di Daik, Lingga menyimpan ribuan benda koleksi peninggalan dari perjalanan panjang Kerajaan Lingga di Bunda...

Hidup Sehat1 minggu lalu

Mendeteksi Tanda Kesehatan Lewat Bad Mood

ADA banyak hal yang bisa merusak mood atau suasana hati. Jika rasa itu berlanjut seolah tak mau pergi, mungkin inflamasi atau peradangan...

Pop & Roll1 minggu lalu

Ketika “Captain America” Keluhkan Teknologi Zaman Sekarang

Di saat banyak orang yang merasa dimudahkan hidupnya oleh kehadiran teknologi yang semakin hari semakin canggih, lain halnya dengan aktor...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Facebook Kembangkan Mata Uang Kripto?

KABARNYA, Facebook sedang mengembangkan mata uang kripto agar mengirim uang lewat aplikasi WhatsApp lebih mudah. Kabar ini mencuat setelah laporan yang dimuat Bloomberg menyatakan bahwa Facebook akan membuat mata uang kripto untuk...