Connect with us

Khas

Teknologi yang Bikin Tagihan Listrik Rumah Lebih Murah

Mike Wibisono

Dipublikasi

pada

Ilustrasi

SUKA atau tidak suka, tagihan listrik adalah salah satu hal yang membuat kita selalu harap-harap cemas mengintip nilainya setiap bulan.

Sayangnya, nilai itu cenderung bertambah karena tarif dasar listrik lebih sering naik daripada turun.

Apalagi, di zaman serba teknologi, setiap perangkat membutuhkan energi listrik untuk dapat berfungsi.

Jika sudah begitu, cara terbaik untuk menekan tagihan listrik adalah dengan melakukan penghematan energi. Untungnya, saat ini teknologi yang bermunculan sudah semakin canggih.

Kecanggihan tersebut secara spesifik mampu membantu membuat tagihan listrik menjadi lebih murah. Mau tahu apa saja kecanggihan teknologi yang dimaksud?

Yuk, simak pada artikel di bawah ini!

1. Inverter

Inverter paling santer disebut ketika bicara soal menghemat energi.

Sederhananya, teknologi ini mengonversi dan mengatur tegangan, aliran, serta frekuensi listrik dalam perangkat elektronik.

Kemampuan ini menghasilkan pendistribusian dan penggunaan listrik yang lebih stabil, efektif, dan tahan lama.

Perangkat elektronik berteknologi inverter dapat menghemat listrik sebanyak 40% – 70%. Hebatnya lagi, teknologi ini memastikan alat tetap bekerja dengan baik meski konsumsi listriknya sangat rendah.

Beberapa perangkat rumah tangga yang kini didukung oleh teknologi inverter antara lain AC, mesin cuci, kulkas, dan microwave.

2. Panel Surya

Matahari merupakan sumber energi terbesar dan tersedia secara gratis untuk bumi.

Untuk memanfaatkannya, para ilmuwan menciptakan panel surya yang bekerja menangkap cahaya matahari lalu mengonversinya menjadi energi listrik. Energi tersebut kemudian dialirkan ke perangkat yang telah tersambung pada panel surya.

Untuk kebutuhan rumahan, panel surya biasanya dipasang di atap rumah. Kabarnya, kecanggihan panel surya mampu membantu menurunkan tagihan listrik rumah hingga 60% per bulan. Jadi lebih hemat, bukan?

3. Lampu LED

Penerangan adalah salah satu kebutuhan utama di dalam rumah. Tanpa penerangan yang cukup, isi rumah perlahan-lahan menjadi rusak karena kurang pencahayaan.

Agar cahaya di rumah kamu tetap cukup, penggunaan lampu LED bisa jadi solusi. Dengan lampu LED, kamu tetap bisa menyalakan lampu dalam waktu lama, tanpa harus mengonsumsi banyak listrik.

Tak seperti lampu pijar, lampu LED memancarkan cahaya lebih terang tanpa pemanasan. Menariknya lagi, usia lampu LED bisa 5 kali lebih panjang dari lampu pijar biasa.

Keunggulan tersebut ternyata hanya membutuhkan energi listrik 90%  lebih sedikit dari lampu biasa, lho!

4. Terminal Stop Kontak

Salah satu kebiasaan sepele yang membuat tagihan listrik di rumah membengkak adalah membiarkan colokan tetap terpasang saat tidak dipakai.

Kebiasaan ini sering terjadi karena lupa atau memang malas mencabutnya. Karena itulah, teknologi satu ini sangat dibutuhkan.

Beberapa terminal stop kontak memiliki tombol on-off tersendiri. Dengan memencet tombol tersebut, kamu bisa mematikan daya listrik serta menghidupkannya kembali pada banyak perangkat sekaligus tanpa repot cabut pasang.

Bahkan, pada produk yang lebih canggih, terminal stop kontak mampu mendeteksi saat perangkat tercolok tidak sedang digunakan dan akan memutus aliran listriknya secara otomatis.

Saat menggunakan teknologi ini, kamu bisa menurunkan konsumsi listrik sebesar 5% – 10%.

5. Smartphone

Ponsel pintar juga mampu membantu kamu untuk menekan tagihan listrik. Caranya, kamu bisa memasang aplikasi tertentu untuk memantau penggunaan listrik dan melakukan pembayaran tagihan listrik online.

Salah satu aplikasi bermanfaat di smartphone adalah Traveloka. Tak hanya berfungsi sebagai Online Travel Agent, Traveloka juga menyediakan layanan pembayaran tagihan listrik online secara praktis.

Melalui Traveloka, kamu bisa mengecek tagihan listrik serta melakukan pembayaran kapan pun dan di mana pun berada.

Hal ini bisa menghindarkan kamu terkena denda karena terlambat membayar. Menariknya, Traveloka sering memberikan promo khusus yang membuat pembayaran menjadi lebih murah.

6. TV LED

Jika kamu suka menonton TV, mulailah gunakan TV LED agar penggunaan listrik lebih hemat. Pasalnya, TV layar datar ini mengonsumsi daya listrik yang lebih sedikit, tanpa menurunkan kualitas gambar.

Malah jika dibandingkan, kualitas gambar TV LED jauh lebih tajam dibanding TV biasa.

Tak hanya itu, TV LED juga mampu memangkas konsumsi listrik hingga 50% dibandingkan TV tabung dan  20% – 30% lebih hemat listrik dibandingkan TV LCD. Sangat membantu untuk mengurangi tagihan, bukan?

7. Laptop

Biasanya, setiap orang memiliki minimal satu komputer di rumahnya, baik untuk urusan pekerjaan, hiburan, maupun edukasi.

Tanpa disadari, penggunaan komputer bisa jadi faktor paling tinggi terhadap kenaikan listrik di rumah.

Namun, kamu masih bisa menyiasatinya dengan berganti menggunakan laptop.

Laptop terbukti lebih hemat listrik daripada komputer personal yang masih menggunakan CPU. Satu buah laptop konon hanya membutuhkan daya 25 watt, sementara komputer biasa butuh hingga 16 kalinya.

Itulah dia 7 kecanggihan teknologi yang dapat kita andalkan untuk menghemat listrik.

Beberapa perangkat ini memang membutuhkan biaya besar di awal, tapi investasi jangka panjangnya benar-benar sangat efektif membuat tagihan listrik lebih murah.

 

(*)

 

Lanjutkan
Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pop & Roll2 bulan lalu

Untuk Perempuan, Pria Humoris itu Begini

PUNYA teman pria yang humoris memang bikin hari-hari kamu jadi lebih terhibur. Benar? Bayangkan, kalau tak ada kehadirannya semua teman...

Pop & Roll2 bulan lalu

Katanya, Wanita Lebih Suka Tidur Sendiri

ADA fakta menarik diungkap pakar tidur dunia Dr Michael Breus. Katanya, wanita sesungguhnya lebih suka atau nyaman tidur sendirian. “Ada perbedaan...

Gaptek? Gak Lah!2 bulan lalu

145 Aplikasi di Playstore Terinfeksi Malware

SEBANYAK 145 aplikasi di Google Play ditemukan terinfeksi malware baru yang dapat merusak mesin Windows. Menurut laporan awal pekan ini, 145 aplikasi Andorid...

Gaptek? Gak Lah!2 bulan lalu

Chat Sambil Nonton Youtube di WhatsApp Android

AWAL 2018, WhatsApp menghadirkan fitur Picture-in-Picture untuk perangkat bersistem operasi iOS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyaksikan video dari Instagram, Facebook, dan YouTube tanpa...

Pilihan gowest.id3 bulan lalu

Membayangkan Kartun “Kids Jaman Old” Menua

ANAK – anak era 70, 80 dan 90-an pasti pernah merasakan betapa berjayanya jaman dahulu. Saat banyak sekali film kartun...

Pop & Roll3 bulan lalu

Liam Dan Noel Galagher Rujuk

REUNI band Oasis adalah salah satu yang paling dinantikan penggemarnya di muka bumi ini. Tapi, reuni ini tidak akan terwujud...

Otto Keren!3 bulan lalu

Skuter Matik Nex II Varian Baru Hadir di Batam

SETELAH sukses diluncurkan di Jakarta dan beberapa kota lain, kini PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi turut memperkenalkan varian...

Hidup Sehat3 bulan lalu

Mewaspadai Kanker Serviks, Sadanis dan Payudara Klinis dengan Sosialisasi

CANCER Information & Support Center (CISC) Batam mengadakan kegiatan sosialisasi  pemeriksaan kanker serviks, Sadanis dan Payudara Klinis di Puskesmas Tiban...

Otto Keren!3 bulan lalu

Setelah Jimny, Suzuki Luncurkan Hustler

SUZUKI telah merilis Jimny terbaru untuk pasar domestik di Jepang. Kini, Suzuki juga telah menyiapkan Suzuki Hustler Tough Wild sebagai...

Film Film Film3 bulan lalu

Buffalo Boys, Produksi Infinite Studio yang Tampil di Fantasia International Film Festival 2018

FILM Buffalo Boys sukses memukau penonton dunia. Film produksi Screenplay Infinite Films ini diputar secara world premiere di Fantasia International...