Terhubung Dengan Kami

Histori

Tentang Sejarah Maqam Ibrahim di Masjidil Haram

ilham kurnia

Dipublikasi

pada

Maqam Ibrahim, foto : ist.

UMAT Islam yang telah menunaikan umrah atau ibadah haji, pasti pernah berpapasan atau melihat Maqam Ibrahim. Sebuah bangunan yang sepintas mirip seperti sangkar dan letaknya cukup dekat dengan Ka’bah.

Di dalamnya, terdapat sepasang pijakan kaki Nabi Ibrahim di atas sebuah batu sewaktu dirinya mendirikan Ka’bah bersama anaknya Nabi Ismail.

Awalnya, banyak orang menduga bahwa Maqam Ibrahim merupakan kuburan Nabi Ibrahim. Hal itu karena pengunaan kata maqam dalam penamaannya. Dugaan tersebut tentu saja keliru.

Dari sudut bahasa, kata maqam dalam Maqam Ibrahim berasal dari kata al-maqam. Artinya, tempat kaki berpijak.

Adapun yang dipijak Nabi Ibrahim adalah sebuah batu surga pemberian Allah SWT guna memudahkannya membangun Ka’bah.

Maqam Ibrahim merupakan saksi bisu perjuangan Nabi Ibrahim ketika membangun Ka’bah.

Al-Azraqy meriwayatkan dari Ibnu Juraij, bahwa Ali bin Abi Thalib berkata, “Ibrahim AS melangkah diiringi malaikat, awan, dan burung. Mereka adalah petunjuk jalan, hingga Ibrahim AS menempati Baitul Haram, sebagaimana laba-laba menempati rumahnya.

Dia melakukan penggalian dan memunculkan fondasi dasarnya sebesar punggung unta. Batu itu hanya dapat digerakkan oleh tiga puluh orang laki-laki.”

Kemudian, Allah SWT berfirman kepada Nabi Ibrahim. Isi firman tersebut tak lain adalah agar Nabi Ibrahim mendirikan sebuah rumah untuk-Nya. Namun, Nabi Ibrahim belum mengetahui di mana letak tepatnya Allah SWT menginginkan bangunan tersebut didirikan.

Nabi Ibrahim lantas bertanya kepada Allah SWT di mana dia harus membangun rumah itu untuk-Nya. Allah SWT pun berfirman dan menunjukan tempatnya kepada Nabi Ibrahim.

Setelah mengetahui tempatnya, Nabi Ibrahim mendatangi anaknya, Nabi Ismail, dengan maksud meminta bantuannya. Ketika keduanya telah bertemu, Nabi Ibrahim pun menceritakan kepada anaknya bahwa dia diperintahkan Allah SWT untuk membangunkan rumah untuk-Nya.

Nabi Ismail kemudian berkata kepada Nabi Ibrahim agar perintah tersebut sebaiknya segera dilaksanakan. Nabi Ismail pun dengan sukarela membantu ayahnya untuk menunaikan perintah Allah SWT tersebut.

Ibnu Abbas pernah berkata, pada saat itu, Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim mulai mendirikan fondasi Baitullah. Nabi Ismail mengangkut batu, sementara ayahnya yang menyusun dan merekatkannya satu per satu.

Setelah susunan batu-batu tersebut cukup tinggi, Nabi Ismail kemudian membawakan lagi sebuah batu untuk pijakan kaki ayahnya. Batu tersebut diyakni sebagai Maqam Ibrahim.

Setelah berhari-hari bekerja mengangkut dan menyusun batu, bangunan yang mereka dirikan pun semakin tinggi. Kemudian selesai dengan panjang 30-31 hasta dan lebar 20 hasta. Bangunan awal masih belum diberi atap. Hanya empat tembok persegi dengan dua pintu.

Celah di salah satu sisi bangunan tersebut kemudian disematkan batu hitam besar yang dikenal dengan Hajar Aswad. Batu ini tersimpan di Bukit Qubays saat banjir besar melanda pada masa Nabi Nuh.

Ketika selesai dibangun, Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyeru umat manusia agar berziarah ke Ka’bah yang didaulat sebagai Rumah Tuhan. Dari sinilah, awal mula lahirnya perintah ibadah haji. Ibadah akbar umat Islam dari seluruh penjuru dunia.

Sebagaimana telah diterangkan dalam Alquran, “Dan (ingatlah), ketika Kami memberikan tempat kepada Ibrahim di tempat Baitullah (dengan mengatakan), janganlah kamu mempersekutukan sesuatu pun dengan Aku dan sucikanlah rumah-Ku ini bagi orang-orang yang tawaf, dan orang-orang yang beribadah dan orang-orang yang rukuk dan sujud.” (QS al-Hajj: 26).

Kendati telah ribuan tahun berlalu, kondisi Maqam Ibrahim, yang menjadi saksi bisu dibangunnya Ka’bah, masih senantiasa terjaga.

Selain Hajar Aswad, Maqam Ibrahim dipercaya merupakan batu lainnya yang sangat dilindungi Allah SWT.

(*)

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Jalan-Jalan Plesir13 jam lalu

PULAU BERSEJARAH, BULANG LINTANG YANG TERLUPAKAN

BULANG Lintang, sebuah pulau di Kepulauan Riau yang didiami oleh masyarakat Melayu. Berkeliling di sini sangatlah menyenangkan karena warganya yang...

Ide3 hari lalu

Tips Membeli Tiket Secara Online

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat berhati-hati dalam membeli tiket pesawat melalui online. Kehati-hatian penting untuk menghindari kesalahpahaman terkait harga tiket...

Otto Keren!3 hari lalu

Lelang Aston Martin Volante Punya Pangeran Charles, Harganya Capai Rp. 5 Miliar

ASTON Martin Volante keluaran tahun 1994 berkelir hijau ini tadinya dipakai oleh Pangeran Charles. Namun jika kamu ingin memiliki mobil ini, kamu...

Pop & Roll4 hari lalu

Anya Geraldine, Si Seleb Instagram

ANYA yang memiliki nama asli Nur Amalina Hayat, lahir di Jakarta, 15 Desember1995. Ia merupakan seorang selebriti sosial media Instagram. Anya mulai dikenal karena...

Otto Keren!4 hari lalu

Honda Monkey Keren Edisi Dragon Ball

KAMU penggemar film kartun Dragon Ball?Film yang berangkat dari komik karangan Akira Toriyama pada tahun 1984. Dragon Ball memiliki salah satu ciri...

Histori4 hari lalu

Tentang Sejarah Maqam Ibrahim di Masjidil Haram

UMAT Islam yang telah menunaikan umrah atau ibadah haji, pasti pernah berpapasan atau melihat Maqam Ibrahim. Sebuah bangunan yang sepintas mirip seperti sangkar dan...

Kanal Teman1 minggu lalu

“Memories” Yang Sederhana

SAAT pertama lihat klip ini di sebuah gerai minimarket hampir sebulan lalu, yang terbayang di kepala adalah cara memproduksinya. “Ini...

Pop & Roll1 minggu lalu

Hijab Printing, Hijab dari Printer Digital Textile

PERKEMBANGAN busana muslim terbaru di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir terus meningkat. Hal ini telah menyentuh hampir semua lapisan masyarakat. Bahkan hampir...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Facebook Kembangkan Fitur Close Friend

FACEBOOK sedang mengembangkan fitur baru untuk layanan Messenger yang mirip dengan fitur Close Friend pada Instagram. Fitur tersebut memungkinkan pengguna...

Inspirasi1 minggu lalu

Pria Suka Wanita Sederhana, Mitos Atau Fakta?

BANYAK orang pasti memiliki tipe atau kriteria pasangannya kelak. Ada pria yang ingin memiliki pasangan jago memasak, memiliki sifat keibuan, ramah, dan sebagainya. Bukan...