Terhubung Dengan Kami

Ide

Tips Kemas Barang Dalam Tas Ukuran Kabin

nien bagaskara

Dipublikasi

pada

Ilustrasi : ist.

PERJALANAN menggunakan pesawat lebih praktis jika kamu tahu cara mengepak barang dalam satu tas ukuran kabin.

Selain lebih ringkas, kamu juga tidak akan dikenakan biaya tambahan. Mengingat saat ini ada maskapai penerbangan yang menghilangkan fasilitas bagasi cuma-cuma.

Penumpang yang tidak berkenan membayar biaya bagasi, diharapkan membawa barang bawaan dengan berat maksimal 7kg.

Berikut tip mengepak barang ke dalam tas atau koper ukuran kabin.

Pakaian

Pilihlah pakaian yang ringan dan mudah dipadupadankan. Bawa pakaian sesuai jumlah hari perjalanan kamu. Tas atau koper ukuran kabin bisa memuat pakaian hingga empat hari. Bila lebih lama, sebaiknya cuci pakaian dan gunakan ulang.

Selain menggulung pakaian, kamu pun bisa menyimpannya dalam plastik, kemudian vacuum untuk mengeluarkan udara agar bobot makin ringan.

Jangan lupa mengisi ruang kosong dengan barang-barang kecil, misalnya kaus kaki atau pakaian dalam.

Pastikan kamu tahu tempat-tempat yang sekiranya akan dikunjungi dan aktivitas yang akan dilakukan. Jika tak ada jadwal ke pesta, berarti tak perlu membawa pakaian dan sepatu pesta. Pun tak perlu membawa pakaian renang jika tak ada acara berenang atau pergi ke pantai.

Saat keberangkatan, kamu bisa menggunakan pakaian dan alas kaki yang lebih berat, sehingga banyak ruang untuk barang lain. Pakailah sweter atau jaket di pesawat karena ukurannya terlalu besar dan berat untuk disimpan dalam tas.

Perlengkapan mandi

Bobot yang diizinkan oleh bandara untuk cairan yang dibawa dengan tangan adalah 100 ml atau kurang. Jadi bawalah hanya 100 ml cairan, baik itu sampo, sabun, losion dalam wadah kecil. Agar lebih praktis, cobalah membeli sampo dan lotion dalam bentuk sachet.

Bila penginapan menyediakan, manfaatkan perlengkapan mandi tersebut. Lebih menguntungkan bila penginapan juga menyediakan handuk.

Gawai

Batasi bawaan gawai kamu, terutama laptop yang berat. Kecuali kamu akan bekerja, sebaiknya simpan laptop di rumah atau pilihlah tablet yang lebih ringan. Namun, lebih baik jika kamu hanya membawa ponsel saja.

Barang lain

Setiap orang tentu akan membawa barang berbeda untuk perjalanan. Beberapa orang mungkin butuh membawa obat, botol minum, perlengkapan menyelam, pengering rambut, dan lain-lain. Pastikan bahwa ini adalah barang yang benar-benar kamu butuhkan selama perjalanan.

Pertimbangkan berat ransel atau koper

Sebelum mengisi barang, ketahui berat ransel atau koper kamu terlebih dahulu. Jika beratnya mencapai 1kg, berarti kamu hanya punya sisa 6 kg untuk barang. Pertimbangkan untuk membeli ransel atau koper yang lebih ringan bila kamu sering bepergian.

Kemas barang kurang dari 7kg

Meski kamu punya timbangan digital di rumah, biarkan setidaknya kurang beberapa ratus gram. Sebab, bisa saja timbangan di bandara lebih berat. Misalnya, di rumah berat tas kamu 6,9kg, tetapi di bandara 7,2kg. Meski hanya beberapa ratus gram, kamu bisa dikenakan biaya tambahan.

Fleksibel

Dalam berkemas, kamu harus lebih fleksibel. Ketakutan kekurangan barang biasanya membuat kamu membawa kelebihan barang yang sebenarnya tidak digunakan. Kamu mungkin menyimpan kembali beberapa barang atau menukarnya, misalnya celana panjang dengan celana pendek, atau celana jin dengan celana berbahan lebih ringan.

Sepatu

Sepatu termasuk barang yang berat dan memakan banyak ruang. Namun, kamu juga mungkin perlu membawa beberapa jenis alas kaki, misalnya sandal jepit untuk bermain di pantai, jalan-jalan keliling kota, dan mendaki atau berolahraga.

Membawa satu tas atau koper ukuran kabin sebenarnya lebih menguntungkan penumpang. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas check-in secara daring sehingga tidak perlu mengantre di bandara. Saat sampai di bandara, kamu bisa langsung masuk ke ruang tunggu tanpa membuang banyak waktu.

Setelah turun dari pesawat, kamu pun tak perlu buang waktu untuk menunggu barang keluar dari bagasi. Selain itu, semakin sedikit kemungkinan kamu kehilangan bagasi, koper rusak, atau dicuri saat transit.

Sumber : Rappler / Beritagar

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Pilihan gowest.id4 hari lalu

“Remembering Nukman Luthfie” pada Akun Kenangan Facebook

KABAR duka menghampiri dunia digital Indonesia. Salah satu pakar media sosial, Nukman Luthfie meninggal dunia di Yogyakarta pada Sabtu malam (12/01/2019). Sepeninggal...

Pilihan gowest.id6 hari lalu

Minta Maaf Melalui Tatto

KARENA merasa bersalah seorang suami yang telah berselingkuh meminta maaf kepada istrinya dengan cara yang unik, yaitu lewat tato . Namun, tak disangka...

Jalan-Jalan Plesir7 hari lalu

Alif Stone Park, Taman Batu Yang Eksotis

ALIF Stone Park menyuguhkan wisata pantai yang begitu eksotis. Di lokasi ini terdapat ribuan bongkah batu granit berukuran raksasa. Bebatuan...

Ide7 hari lalu

Tips Kemas Barang Dalam Tas Ukuran Kabin

PERJALANAN menggunakan pesawat lebih praktis jika kamu tahu cara mengepak barang dalam satu tas ukuran kabin. Selain lebih ringkas, kamu...

Pilihan gowest.id7 hari lalu

Karyawan Bahagia, Kerja Jadi Produktif

ADA berbagai faktor yang membuat karyawan lebih produktif di tempat kerja, salah satunya adalah kebahagiaan. Ya, semakin bahagia seseorang, lebih produktif juga...

Histori1 minggu lalu

BP (Otorita) Batam Saat Lampau

PRESIDEN Ketiga RI yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Otorita Batam (sekarang bernama Badan Pengusahaan Batam, pen) menceritakan awal-awal pengembangan...

Histori1 minggu lalu

Menelusur Sejarah Riau Lingga di Museum Linggam Cahaya

MUSEUM Linggam Cahaya yang terletak di Daik, Lingga menyimpan ribuan benda koleksi peninggalan dari perjalanan panjang Kerajaan Lingga di Bunda...

Hidup Sehat1 minggu lalu

Mendeteksi Tanda Kesehatan Lewat Bad Mood

ADA banyak hal yang bisa merusak mood atau suasana hati. Jika rasa itu berlanjut seolah tak mau pergi, mungkin inflamasi atau peradangan...

Pop & Roll1 minggu lalu

Ketika “Captain America” Keluhkan Teknologi Zaman Sekarang

Di saat banyak orang yang merasa dimudahkan hidupnya oleh kehadiran teknologi yang semakin hari semakin canggih, lain halnya dengan aktor...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Facebook Kembangkan Mata Uang Kripto?

KABARNYA, Facebook sedang mengembangkan mata uang kripto agar mengirim uang lewat aplikasi WhatsApp lebih mudah. Kabar ini mencuat setelah laporan yang dimuat Bloomberg menyatakan bahwa Facebook akan membuat mata uang kripto untuk...