SELAMA libur lebaran, ada sederet aktivitas yang biasa Anda lakukan bersama keluarga mulai dari mudik, silaturahmi, makan bersama, berwisata, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut kerap membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Membawa uang tunai sekaligus dalam jumlah banyak akan sangat merepotkan. Oleh karena itu, manfaatkanlah transaksi non tunai. Ada berbagai jenis kartu yang bisa menjadi penolong. Berikut ini pengeluaran yang bisa disiasati dengan transaksi non tunai, seperti dilansir CekAja.com.

Bayar tol

Gunakan uang elektronik yaitu e-Money (Mandiri), BRIZZI (BRI), TapCash (BNI), Blink (BTN), dan Flazz (BCA) untuk musim mudik tahun 2017 ini. Mengapa? Karena PT Jasa Marga Tbk (JSMR) memberikan diskon tarif tol sebesar 20% untuk pengguna uang elektronik, sangat lumayan bukan? Diskon berlaku pada H-3 dan H-2 lebaran dan H+4 hingga H+6 lebaran.

Anda bisa berhemat banyak dengan menggunakan uang elektronik tersebut. Sisa alokasi uang tol pun dapat digunakan untuk kepentingan lain.

Beli bahan bakar

Anda dapat menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Carilah SPBU yang melayani transaksi non tunai. Jika menggunakan kartu kredit, Anda punya kesempatan merasakan promo saat pembelian BBM. Misalnya, Kartu Kredit Danamon Gold, yang memberikan cashback 5% untuk transaksi pembelian bahan bakar.

Tak hanya itu transaksi menggunakan kartu kredit juga akan mendapatkan point reward, yang dapat ditukarkan dengan merchandise, voucher  belanja, hingga tiket pesawat gratis.

Belanja di minimarket

Selama perjalanan mudik, Anda dan keluarga seringkali mampir ke minimarket untuk membeli berbagai keperluan mulai dari makanan kecil, minuman, atau obat-obatan. Agar lebih hemat belanja di minimarket, Anda dapat membuat kartu member minimarket langganan yang seringkali memberikan harga spesial.

Ada pula kartu kredit yang kerja sama dengan minimarket untuk menerbitkan kartu kredit khusus. Kartu kredit khusus ini juga seringkali memberikan tawaran harga spesial.  Jika tak memiliki keduanya, gunakan saja kartu debit Anda agar lebih praktis.

Biaya makan

Di sela-sela kegiatan silaturahmi atau perjalanan mudik, Anda ingin mengajak keluarga makan di restoran. Penerbit kartu kredit kerap menawarkan promo berupa potongan harga atau cashback untuk transaksi di restoran tertentu. Manfaatkan saja kartu kredit Anda jika ingin berhemat. Namun, ingat, bayar tagihannya tepat waktu.

Advertorial
loading...