Connect with us

Tanjung Pinang

Urutan 4 Terbawah Pengangguran Tertinggi Adalah di Kepri

nien bagaskara

Published

on

Ilustrasi : © phoenixtitleloans.com

BADAN Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencatat, jumlah angkatan kerja di Provinsi Kepri periode Agustus 2018 bertambah sebanyak 4.041 orang dibanding di periode yang sama 2017.

Sementara itu, angka pengangguran di Provinsi Kepri pada Agustus 2018 mengalami penurunan sebanyak 47 orang jika dibanding keadaan Agustus 2017.

“Dalam setahun terakhir, TPT (Tingkat Pengangguran Terbuka) mengalami penurunan, TPT Agustus 2017 sebesar 7,16 sedangkan TPT pada Agustus 2018 sebesar 7,12,” ujar Kepala BPS Provinsi Kepri, Zulfipli, dalam keterangan tertulis, pekan ini.

Kemudian, untuk Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) pada Agustus 2018 tercatat sebesar 64,72 persen. Angka itu justru menurun 1,69 poin dibanding setahun yang lalu.

“Penurunan TPAK memberikan indikasi adanya kenaikan pada kelompok bukan angkatan kerja,” terangnya.

Tabel : © BPS

Jika ditinjau secara nasional dari sisi provinsi, Banten menjadi daerah dengan angka pengangguran tertinggi. Tingkat pengangguran di Banten mencapai 8,52 persen. Sementara Bali, menjadi daerah dengan angka pengangguran terendah, yakni 1,37 persen.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto di Gedung BPS.

Adapun provinsi yang masuk dalam lima besar daerah dengan angka pengangguran tertinggi pertama Banten 8,52 persen, Jawa Barat 8,17 persen, Maluku 7,27 persen, lalu di urutan ke empat ada Provinsi Kepri dengan angka pengangangguran 7,12 persen dan Sulut 6,86 persen.

 

(*)

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *