Hubungi kami di

Ini Batam

Musim Rambutan Tiba | Rambutan Asal Tanjungbatu Banjiri Batam

Terbit

|

Rambutan Tanjung Batu dikios pedagang buah-buhan di Pasar Tiban Centre. Poto: @rky/GoWest.id

BATAM tengah kebanjiran rambutan asal Tanjungbatu, Karimun. Buah dengan kulit berambut berwarna merah ini terlihat membanjiri sejumlah kios penjual buah hampir disetiap sudut kota Batam.

Salah seorang penjual buah yang mangkal di sekitar pintu masuk menuju Pujasera Tiban Centre, Andi mengatakan tiap hari rambutan dipasok sebanyak 5 ton ke kios buahnya.

“Tiap hari, bos kirim 5 ton ke semua kios buahnya. Memang sekarang lagi musim untuk rambutan dan durian. Kalau seingat saya, dalam setahun, musim rambutan itu hanya dua bulan saja,” katanya kepada GoWest Indonesia, Kamis (21/7).

Pantauan Gowest Indonesia dilapangan, peminat buah manis ini cukup banyak. Di kios buah milik Andi saja, rata-rata pembeli memborong lebih dari dua kilogram.

BACA JUGA :  Mulai April Fraksi PDIP DPRD Kota Batam Sisihkan Gaji untuk Penanganan Virus Covid-19 di Batam

Rambutan dari Tanjungbatu ini berukuran kecil, warnanya tidak terlalu merah, daging buahnya tidak terlalu lekang, dan rasanya manis.

“Sekilo dijual Rp 10 ribu. Cukup banyak yang membeli rambutan ini, karena memang musimnya sebentar. Rasanya yang manis juga membuat orang suka,” tuturnya.

Menurut Andi, pasokan rambutan ke Batam cukup besar, bisa mencapai 400 ton per harinya. Dengan pasokan sebesar itu, cukup untuk memasok seluruh kios buah di Batam.

Mengenal Buah Rambutan

Rambutan (Nephelium lappaceum) adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara, seperti Indonesia. Bila diperhatikan, rambutan tampak mirip dengan buah Leci.

Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara.

Kata “rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.

BACA JUGA :  BP Batam Sosialisasikan Pemasangan Jaringan Rumah IPAL
Buah Rambutan. Poto: @Ist.

Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Srilanka.

Meski sama-sama berwarna merah dan terasa segar, buah rambutan memiliki rambut yang tumbuh pada kulit buahnya, sedangkan buah leci tidak. Selain itu, kandungan gizi dan vitamin dalam buah rambutan pun berbeda.

Rambutan punya ciri khas rambut pada kulitnya dengan rasa segar dan nikmat ketika dimakan. Selain menawarkan kesegaran, ada berbagai khasiat yang ditawarkan oleh buah ini.

Rambutan merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Rambutan kaya akan vitamin c, kalsium, fosfor, kalium serta karbohidrat.

Dengan kandungan seperti itu, rambutan berkhasiat melancarkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan imunitas tubuh, serta menurunkan risiko diabetes.

*(rky/GoWest)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook