Hubungi kami di

Gaptek? Gak Lah!

Ngobrol di WhatsApp Tanpa Ponsel, Emang Bisa?

Terbit

|

Ilustrasi, aplikasi WhatsApp.

SEBAGAI aplikasi pesan instan paling populer di dunia, semua orang tahu kalau menggunakan WhatsApp pasti mengandalkan nomor ponsel dan ponsel itu sendiri. Apa jadinya jika obrolan di WhatsApp tak lagi membutuhkan ponsel?

Sejauh ini, chat di WhatsApp selain dari ponsel, bisa melalui perangkat desktop via web. Namun, agar bisa menghubungkannya, pengguna tetap harus melakukan koneksi dari ponsel ke web melalui QR Code. Setelahnya pun, ponsel pengguna tetap harus terhubung ke koneksi internet agar obrolan tak terputus.

Nah, WhatsApp saat ini sedang menguji coba fitur baru yang memungkinkan pengguna tetap bisa mengirim dan menerima pesan meskipun ponselnya mati karena baterai habis — kondisi yang sama jika ponsel sedang tidak terhubung dengan internet.

BACA JUGA :  Menilik Bisnis Live Streaming

Mengutip BBC, fitur baru ini akan diuji coba dalam versi aplikasi beta terlebih dahulu untuk orang-orang tertentu, kemudian tim WhatsApp akan meningkatkan performa dan menambahkan fitur-fitur baru lain sebelum merilisnya secara publik.

Pihak WhatsApp memberikan bocoran bahwa jika fitur ini dirilis, perusahaan tetap akan menerapkan enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end).

“Versi layanan yang sekarang menggunakan aplikasi ponsel sebagai perangkat utama, hal ini membuat ponsel jadi sumber kebenaran bagi semua data pengguna dan satu-satunya perangkat yang bisa mengenkripsi pesan,” begitu ucap pihak perusahaan.

BACA JUGA :  4 Fitur Baru Yang Bakal Muncul di WhatsApp

Hal ini memang menjadi bagian dari fitur baru WhatsApp, yakni multi-perangkat.

Dengan kemampuan baru ini, pengguna sekarang dapat menggunakan WhatsApp di ponsel miliknya hingga empat perangkat non-ponsel lainnya secara bersamaan.

Fungsionalitas multi-perangkat adalah fitur dasar untuk sebagian besar aplikasi obrolan. iMessage, salah satunya. Aplikasi itu berfungsi di perangkat iOS, macOS, dan watchOS.

(*)

Sumber : BBC | BEPLUS INDONESIA 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook