Hubungi kami di

SPORT

Olimpiade 2020 | Menang 3-0, Swedia Patahkan Rekor Fantastis Amerika

Terbit

|

Striker Timnas Putri Swedia, Stina Blackstenius melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Sepakbola Putri Amerika Serikat dalam partai pembuka cabang Sepakbola Putri Olimpiade Tokyo 2020. Poto: @AFP

TIM Nasional (Timnas) sepakbola putri Amerika Serikat (AS) harus rela menghentikan rekor fantastis mereka.

Hal ini terjadi setelah mereka secara mengejutkan kalah dari Swedia di matchday pertama Grup G Olimpiade Tokyo 2020.

Sebagaimana diketahui, Timnas sepakbola putri AS sebelumnya memegang rekor tak terkalahkan dalam 44 pertandingan beruntun. Tetapi sayangnya, catatan ini patah setelah tumbang dari Swedia.

Bermain di Tokyo Stadium pada Rabu (21/7) sore WIB, Swedia yang merupakan unggulan kelima secara perkasa menaklukkan favorit peraih medali emas, yakni AS. Laga berakhir dengan skor telak 0-3.

Stina Blackstenius menjadi bintang kemenangan timnas putri Swedia. Striker berusia 25 tahun itu sukses mencetakdua gol pada menit ke-25 dan ke-55.

BACA JUGA :  Jelang Maybank Bali Marathon 2018, Maybank Indonesia Selenggarakan RunXhibition

Adapun satu gol timnas putri Swedia lainnya dicetak oleh Lina Hurtig pada menit ke-72.

Hasil ini membuat tim sepakbola putri AS menelan kekalahan pertama kalinya di laga pembuka, setelah pada dua edisi Olimpiade sebelumnya mereka selalu memenangkannya. Jelas, ini menjadi pukulan keras bagi tim sepakbola putri AS.

Seperti yang diwartakan oleh Reuters, Rabu (21/7), tim sepakbola putri AS pernah mengalami hasil buruk di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Mereka tersingkir lebih cepat di babak perempatfinal, setelah di setiap edisi Olimpiade sejak 1996, mereka selalu tampil ke final.

Kala itu, AS juga tersingkir di babak perempatfinal Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dengan takluk dari Swedia. Mereka menyerah di drama adu penalti dengan skor 3-4.

BACA JUGA :  Diresmikan, UPT Perpustakaan Muhammad Sani di Batam Punya Koleksi Beragam

Selain itu, pertemuan terakhir mereka terjadi dalam pertandingan persahabatan pada April. Kala itu kedua tim juga bermain imbang 1-1. Hasil itu merupakan satu-satunya kecacatan AS pada 2021 dengan 11 kemenangan dalam 12 pertandingan.

Kekalahan AS merupakan pertama kalinya yang terjadi di bawah kepelatihan Vlatko Andonovski pada 2019. Dia mengambil alih posisi pelatih sebelumnya, yakni Jill Ellis.

Selanjutnya AS bakal melawan Selandia Baru. Sementara itu, Swedia akan melakoni laga melawan Australia pada Sabtu 24 Juli 2021 pukul 15.30 WIB.

(*/zhr)

Sumber: Okezone / Kompas

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook