Terhubung Dengan Kami

Khas

Dampak Mikroplastik Terhadap Kesehatan

ilham kurnia

Dipublikasi

pada

Ilustrasi mikroplastik : www.bam.de

Efek pasti dari serat plastik mikroskopis pada kesehatan manusia belum dikonfirmasi oleh penelitian. Tetapi, Anda mungkin tidak memerlukan bukti ilmiah untuk memahami mengonsumsi plastik tidak baik untuk kesehatan.

Bukti ilmiah akan membantu memperoleh pemahaman yang lebih jelas dan lebih luas tentang risiko kesehatan yang ditimbulkan melalui konsumsi mikroplastik. Semakin sedikit jumlah penelitian yang dilakukan untuk menganalisis efeknya terhadap kesehatan karena keterbatasan.

Beberapa telah menyatakan mikroplastik tidak masuk ke sistem atau aliran darah dengan cara apa pun, tetapi hanya melewati saluran pencernaan. Artinya, setiap partikel mikroplastik di atas 0,15 milimeter melewati saluran pencernaan tanpa banyak kesulitan atau masalah apa pun. Tetapi ketika mikroplastik lebih kecil dari 0,15 mm, itu pasti akan menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Sebuah studi tentang dampak mikroplastik ketika dicerna dilakukan dengan memeriksa hewan. Plastik mikro memiliki kecenderungan menyerap bahan kimia yang beracun dan melepaskannya dalam sistem pencernaan.

Pelepasan bahan kimia beracun ke dalam saluran pencernaan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan terkait dengan pencernaan dan dapat menghambat proses pencernaan. Partikel-partikel mikroplastik dapat mengiritasi dinding usus.

Pelepasan bahan kimia beracun ke dalam saluran pencernaan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan terkait dengan pencernaan dan dapat menghambat proses pencernaan. Partikel-partikel mikroplastik dapat mengiritasi dinding usus.

Phthalates ditemukan dalam plastik, bahan kimia yang digunakan untuk memberikan fleksibilitas pada plastik terkait dengan pertumbuhan sel kanker payudara. Zat kimia tersebut menyebabkan sel kanker menggandakan dan meningkatkan kadar kanker. Studi lain yang dilakukan pada tikus mengungkapkan dengan mengkonsumsi mikroplastik, partikel-partikel menumpuk di ginjal, hati dan usus. Mikroplastik juga menyebabkan stres oksidatif di hati dan meningkatkan kadar molekul oksidatif.

Mikroplastik itu juga telah memengaruhi kadar molekul toksik yang beracun bagi otak dan memengaruhi fungsi kognitif Anda. Serat mikroplastik yang lebih kecil dari 0,15 mm telah terbukti masuk ke aliran darah dan ada kemungkinan yang menunjukkan partikel tersebut dapat mempengaruhi organ internal.

Studi lain yang dilakukan pada analisis tingkat mikroplastik dalam tubuh manusia mengungkapkan, sekitar 87 persen responden memiliki kehadiran serat di paru-paru mereka. Itu bisa memasuki paru-paru Anda melalui udara karena mikroplastik ada di sekitar kita (yang telah terbukti secara ilmiah). Partikel mikroplastik yang ada di udara dapat menyebabkan peradangan di paru-paru.

BPA atau Bisphenol A adalah bahan kimia yang biasa ditemukan dalam wadah penyimpanan makanan dan paket plastik yang digunakan untuk menutupi makanan. Bahan kimia tersebut dapat mempengaruhi hormon reproduksi, terutama pada wanita. Kemampuan penyerapan mikroplastik menghasilkan penyerapan bahan kimia beracun yang akan dilepaskan ke sistem pencernaan Anda setelah makanan yang mengandung plastik bereaksi dengan asam dalam sistem pencernaan Anda.

Beberapa masalah kesehatan yang mungkin disebabkan oleh konsumsi partikel mikroplastik adalah sebagai berikut.

  • Partikel kecil dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan penyakit kardiovaskular atau serebrovaskular.
  • Begitu masuk dalam aliran darah, dapat memicu kanker dan dapat mempengaruhi sistem kekebalan dan sistem saraf.
  • Ketika mikroplastik hadir di udara terhirup, partikel-partikel kecil mencapai jauh ke paru-paru di mana ia dapat menyebabkan lesi pada sistem pernapasan.
  • Mikro-plastik sering bertindak sebagai pembawa racun dan polutan lain yang ada di udara seperti bakteri, menyebabkan kesulitan bernafas.
  • Anak-anak lebih rentan terhadap mikroplastik karena pola pernapasannya yang cepat dan meningkatkan risiko mengembangkan masalah pernapasan.
  • Balita semakin rentan menelan mikroplastik karena mereka menghabiskan banyak waktu merangkak di lantai, di mana serat-serat kecil akan terakumulasi dalam bentuk debu.
  • Dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan kelainan pada janin karena adanya mikroplastik dalam plasenta.

(*)

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Inspirasi21 jam lalu

Lebih Fresh Setelah Facial Spa!

KURANG lebih 1 jam menjalani treatment, hasilnya bisa langsung dirasakan sendiri. Wajah jadi lebih fresh dan bersih. Dan, yang paling...

Jalan-Jalan Plesir22 jam lalu

CR Kupi, Kota Sabang, Suatu Siang

KOTA SABANG, Provinsi Aceh, suatu siang, di hari Selasa, 28 Agustus 2019. Di sebuah kedai kopi di jalan di samping...

Histori1 hari lalu

Riwayat Hidup Sultan Mahmud Riayatsyah

KERAJAAN Riau Lingga johor Pahang sejak Yang Dipertuan Besar Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah telah memantapkan kedudukan pusat kerajaan di Ulu...

NGOBROL EVERYWHERE2 hari lalu

NGOBROL EVERYWHERE – “BERTEMU HARI” (Coming Soon)

OMONGANNYA lepas. Hari juga orang yang santai. Ia gemar nongkrong di warung-warung kopi walau sudah dua kali berstatus Senator dari...

NGOBROL EVERYWHERE6 hari lalu

NGOBROL EVERYWHERE – HIKAYAT NAGOYA (SEJARAH BISNIS & WISATANYA)

SEBAGAI kota pulau urban, banyak cerita unik tentang Batam. Pulau yang ditinggali oleh mayoritas pendatang ini, sekarang memang sudah menjelma...

Pop & Roll6 hari lalu

Tiga Karakter Wanita di Lagu Hits 90-an dalam Film MELANKOLIA

FILM Generasi 90an: Melankolia bakal diproduksi Visinema Pictures bekerjasama dengan Toni Mulani Films (TMF). Film itu diangkat dari buku berjudul...

Ide6 hari lalu

Membuat Anak Gemar Menyikat Gigi

PUNYA anak usia di bawah tiga tahun (batita), jadi masa penuh perjuangan buat para ibu. Salah satunya untuk urusan menggosok...

Ide7 hari lalu

Biar Nggak Kehabisan Ongkos Saat Traveling

BERLIBUR di destinasi impian tentunya merupakan sebuah pengalaman yang kamu cita – citakan. Perencanaannya bisa jadi berbulan – bulan. Mulai...

Histori1 minggu lalu

Sejarah Dan Silsilah Keluarga BJ Habibie

WAFATNYA Presiden ketiga RI, Prof. Ing BJ. Habibie menjadi duka mendalam bagi seluruh bangsa Indonesia. Salah satu putera terbaik bangsa...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Main Game Di Tempat Gelap? Resiko Hampir Buta!

KASUS seperti ini bisa menjadi pelajaran bagi kamu yang suka bermain game. Ada seorang perempuan yang hampir buta atau kena...