Terhubung Dengan Kami

Khas

Mitos Salah Kaprah Soal Penularan HIV/ AIDS

ilham kurnia

Dipublikasi

pada

Ilustrasi : © friendshealthconnection.org

PERILAKU diskriminatif banyak dilakukan orang terhadap mereka yang positif HIV/AIDS. Ini dilakukan karena khawatir virus bisa menular saat terjadi kontak fisik.

Padahal, penularan penyakit HIV/AIDS tidak semudah hanya dengan melakukan kontak fisik.

Memperingati hari AIDS sedunia setiap 1 Desember, Nining Ivana dari Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI) seperti dikutip dari laman SUARA mengingatkan bahwa virus HIV tidak bisa sembarangan menular.

HIV baru bisa menular jika terjadinya pertukaran empat cairan yakni darah, air susu ibu yang positif, cairan vagina, dan cairan sperma.

“Pertama sih, HIV tidak menular melalui kontak sosial, kita hidup bersama, bekerjasama, bersosialisasi dengan yang lainnya itu tidak akan menular, selama perilaku sosial tidak ada pertukaran cairan tubuh di darah, cairan sperma, cairan asi dan cairan vagina. Selama empat cairan itu tidak menular aman,” ujar Nining saat di laman Suara.com.

Jadi kata Nining, tidak usah takut jika sekadar bersentuhan keringat, air liur atau kontak lain yang tidak memicu pertukaran empat cairan yang disebutkan, maka virus tidak akan tertular.

“Harus clear dulu di masyarakat, HIV itu tidak akan menular terhadap orang lain, bila melakukan kontak sosial, tidak akan menular, karena kalau misalnya itu terjadi angka HIV tinggi banget di Indonesia, saya mungkin dikarantina,” ungkap Nining setengah berkelakar.

Permasalahan lainnya, terkadang orang saking takutnya bila hidup serumah dengan ODHA.

ODHA tidak diperkenankan menggunakan peralatan makan atau dapur bersama-sama. Padahal itu juga bentuk diskriminasi.

“Alat-alat makan yang itu-itu aja nggak boleh yang lain, itu kan sangat diskriminatif, emang kenapa pakai itu juga, kan sudah dicuci, karena dipikir menular, akhirnya dianggap semudah itu,” ungkapnya.

Satu lagi anggapan para ODHA tidak bisa melakukan hubungan seksual, itu adalah salah kaprah. Mereka tetap boleh asal melakukannya dengan aman dan tidak meningkatkan faktor risiko, seperti menggunakan kondom atau tidak bersentuhan secara langsung dengan cairan sperma maupun cairan vagina yang bisa masuk ke tubuhnya.

“Selama lakukan seks aman, nggak akan ketularan, bukan berarti orang HIV nggak boleh ngseks enggak, boleh, asal tahu caranya dan aman, kalau masyarakat clear seperti melihat penyakit flu, caranya gimana biar nggak ketularan, biar sehat. Jadi saya tidak boleh begini-begini, orang tahu virus itu nggak menyebar,” terangnya.

Sebagai catatan, obat ARV yang mampu mengontrol virus juga sangat perlu diminum para ODHA setiap hari, karena dengan obat ini artinya virus mampu terkunci alias tidak menyebar ke organ lainnya. Bahkan saat punya anak, maka si anak juga tidak akan tertular virus. Alhasil, angka epidemi semakin tertekan, dan bukan mustahil virus ini akan hilang.

(*)

Advertisement
Klik untuk memberi komentar

Advertisement

Kami di Facebook

Rupa Rupa

Jalan-Jalan Plesir14 jam lalu

PULAU BERSEJARAH, BULANG LINTANG YANG TERLUPAKAN

BULANG Lintang, sebuah pulau di Kepulauan Riau yang didiami oleh masyarakat Melayu. Berkeliling di sini sangatlah menyenangkan karena warganya yang...

Ide3 hari lalu

Tips Membeli Tiket Secara Online

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat berhati-hati dalam membeli tiket pesawat melalui online. Kehati-hatian penting untuk menghindari kesalahpahaman terkait harga tiket...

Otto Keren!3 hari lalu

Lelang Aston Martin Volante Punya Pangeran Charles, Harganya Capai Rp. 5 Miliar

ASTON Martin Volante keluaran tahun 1994 berkelir hijau ini tadinya dipakai oleh Pangeran Charles. Namun jika kamu ingin memiliki mobil ini, kamu...

Pop & Roll4 hari lalu

Anya Geraldine, Si Seleb Instagram

ANYA yang memiliki nama asli Nur Amalina Hayat, lahir di Jakarta, 15 Desember1995. Ia merupakan seorang selebriti sosial media Instagram. Anya mulai dikenal karena...

Otto Keren!4 hari lalu

Honda Monkey Keren Edisi Dragon Ball

KAMU penggemar film kartun Dragon Ball?Film yang berangkat dari komik karangan Akira Toriyama pada tahun 1984. Dragon Ball memiliki salah satu ciri...

Histori4 hari lalu

Tentang Sejarah Maqam Ibrahim di Masjidil Haram

UMAT Islam yang telah menunaikan umrah atau ibadah haji, pasti pernah berpapasan atau melihat Maqam Ibrahim. Sebuah bangunan yang sepintas mirip seperti sangkar dan...

Kanal Teman1 minggu lalu

“Memories” Yang Sederhana

SAAT pertama lihat klip ini di sebuah gerai minimarket hampir sebulan lalu, yang terbayang di kepala adalah cara memproduksinya. “Ini...

Pop & Roll1 minggu lalu

Hijab Printing, Hijab dari Printer Digital Textile

PERKEMBANGAN busana muslim terbaru di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir terus meningkat. Hal ini telah menyentuh hampir semua lapisan masyarakat. Bahkan hampir...

Gaptek? Gak Lah!1 minggu lalu

Facebook Kembangkan Fitur Close Friend

FACEBOOK sedang mengembangkan fitur baru untuk layanan Messenger yang mirip dengan fitur Close Friend pada Instagram. Fitur tersebut memungkinkan pengguna...

Inspirasi1 minggu lalu

Pria Suka Wanita Sederhana, Mitos Atau Fakta?

BANYAK orang pasti memiliki tipe atau kriteria pasangannya kelak. Ada pria yang ingin memiliki pasangan jago memasak, memiliki sifat keibuan, ramah, dan sebagainya. Bukan...