Hubungi kami di

Tanah Air

12 Orang WN India Masuk ke Indonesia Positif Covid-19

iqbal fadillah

Terbit

|

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Poto : @Biro Pers Sekretariat Presiden.

MENTERI Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan ada 12 WN India yang Positif Corona dari total 127 yang masuk Indonesia.

Dua belas kasus tersebut sudah diambil sampel untuk whole genome sequencing untuk diketahui varian Corona-nya.

“Dari 127 WNA yang sudah dilakukan tes semua, sampai saat ini ada 12 penumpang yang sudah positif, dan dari 12 penumpang itu kita lakukan genome sequencing cuma hasilnya belum keluar untuk genome sequencingnya,” demikian konfirmasi Menkes Budi dalam konpers di YouTube Perekonomian RI Jumat (23/4).

Eks Direktur WHO Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama juga mengingatkan pemerintah soal risiko masuknya varian baru Corona melalui WN India. Ia mewanti-wanti agar pemerintah bisa mengawasi berjalannya karantina seketat mungkin.

Begitu juga dengan whole genomic sequencing, untuk mengindentifikasi kemungkinan varian Corona baru dari India perlu pemeriksaan WGS sesegera mungkin.

“Misalnya sekarang sakit Covid-19 padahal baru datang dari negara-negara yang melaporkan peningkatan kasus yang mungkin berhubungan dengan mutasi baru,” ujar Prof Tjandra kepada detikcom dalam wawancara terpisah.

Diberitakan sebelumnya, Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragihmenyebut WN India yang masuk ke RI memiliki kartu izin tinggal terbatas.

BACA JUGA :  Personel Dit. Samapta Polda Kepri Kembali dari Penugasan BKO Polda Metro Jaya

“Mereka banyak masuk mempunyai KITAS (kartu izin tinggal terbatas) dan pakai visa. Ini mungkin yang menjadi tugas juga dari Imigrasi,” kata Benget.

Kronologi Masuknya 127 WN India ke Indonesia

Dirjen Imigrasi Jhoni Ginting mengurai kronologi masuknya 127 WN India ke Indonesia. Tiba di hari Rabu dengan pesawat Air Asia berkode penerbangan QZ988 dari Chennai, India, menuju ke Bandara Soekarno Hatta.

“Mengangkut 129 penumpang, adapun uraian daripada para penumpang tersebut bisa saya jelaskan sebagai berikut, yang pertama pemegang visa kunjungan WN India itu ada 38 orang, pemegang KITAS WN India 46 orang, pemegang KITAS WN Amerika Serikat 1 orang, pemegang KITAS WN India 32 orang, WNI 12 orang, kru 11 orang semua WNI,” jelas Jhoni dalam kesempatan yang sama.

Jhoni menjelaskan ini adalah carter flight. Adapun diperbolehkan masuknya WN India disebutnya sesuai dengan Permenkumham No. 26 Tahun 2020. Meski begitu, kini pemerintah Indonesia sudah menyetop permohonan izin visa dari India sejak kemarin siang Kamis (22/4). (*)

Sumber : detik.com

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook