Hubungi kami di

World Cup 2022

5 Aturan yang Harus Dipahami Sebelum Nonton World Cup 2022

Terbit

|

Maskot World Cup 2022, Laeeb. F. dok FIFA

PIALA Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar akan menjadi momen spesial tahun ini. Pasalnya merupakan piala dunia pertama yang dihelat diTimur Tengah. Edisi tahun ini juga menjadi piala dunia termahal sepanjang sejarah.

Secara adat istiadat, Piala Dunia 2022 yang bakal berlangsung di Qatar ini akan terasa berbeda. Turnamen sepak bola terbesar di bumi tersebut juga pertama kali berlangsung pada akhir tahun.

Jutaan orang dari penjuru bumi akan datang ke Qatar untuk menyaksikan Piala Dunia 2022. Namun, warga negara asing dari berbagai benua ini wajib memahami peraturan di Qatar.

Qatar memiliki budaya yang sangat berbeda dari negara-negara peserta turnamen. Ada sejumlah peraturan yang wajib diperhatikan dan dilaksanakan saat berada di Qatar.

Menjelang turnamen, penyelenggara telah mengumumkan beberapa poin penting bagi fans yang ingin melakukan perjalanan untuk menonton pertandingan Piala Dunia 2022. Berikut ini peraturannya.

Hayya

Hayya adalah paspor khusus dan sangat penting untuk memasuki Qatar mulai November 2022. Paspor ini menggantikan visa apa pun dan merupakan dokumen yang disyaratkan masuk ke negara itu.

Hayya hanya dapat diperoleh jika Anda telah membeli tiket untuk pertandingan. Proses baru selesai ketika Anda memasukkan reservasi hotel.

BACA JUGA :  Perebutan Scudetto Liga Italia Dimulai 19 September

Dengan kata lain, Anda memerlukan tiket dan reservasi hotel untuk menyelesaikan Hayya dan memasuki negara tersebut. Namun, anak-anak di bawah usia tidak memerlukan persyaratan Hayya untuk memasuki Qatar dan stadion Piala Dunia.

Alkohol

Alkohol dapat dikonsumsi di Qatar selama Piala Dunia 2022, tetapi terbatas pada beberapa area dan waktu. Di zona penggemar yang menampung 40.000 orang di sekitar Teluk Doha, alkohol akan dijual mulai pukul 18.30 hingga 01.00 waktu setempat.

Di luar stadion, alkohol akan dijual tiga jam sebelum pertandingan hingga satu jam setelahnya. Kemudian, di dalam stadion, bir non-alkohol akan dijual.

Fans juga bisa minum alkohol di hotel-hotel internasional, tetapi tidak akan ada penjualan di jalanan. Membawa alkohol ke negara itu juga dilarang keras, dan bisa dikenai hukuman.

Hotel di Qatar

Qatar 2022 menawarkan akomodasi resmi, melalui platformnya, seharga 80 euro (Rp1,2 juta) per malam. Hanya akomodasi milik warga yang akan tersedia dengan harga lebih murah daripada itu.

Namun, mengingat Qatar tidak terlalu luas maka akan sulit menemukan penginapan yang disewakan warga. Fans akan sulit menemukan akomodasi dengan harga di bawah 80 euro dan jika tanpa reservasi maka Anda tidak mendapatkan Hayya dan Anda tidak dapat memasuki negara itu.

BACA JUGA :  [HIGHLIGHT] PSMS Medan VS 757 Kepri Jaya FC 2 - 0

Tiket untuk Pertandingan Piala Dunia

Jika seseorang ingin datang ke Qatar dan belum memiliki tiket, masih ada tiga opsi untuk mendapatkannya. Pada akhir September, melalui situs web FIFA, panitia membuka penjualan tiket terakhir.

Setelah itu, hanya akan ada penjualan kembali melalui saluran resmi. Beberapa hari sebelum pertandingan, ada sisa tiket tunggal yang akan dijual kembali oleh pemegangnya.

Tiga juta tiket yang telah FIFA alokasikan sudah mereka klaim terjual sebanyak 2,4 juta lembar. Laga final, pertandingan pembukaan, dan laga Meksiko kontra Argentina adalah tiga pertandingan yang paling banyak diminati.

Transportasi Gratis

Jika sudah memiliki tiket pertandingan, reservasi hotel, dan telah mendapatkan Hayya, maka ada sejumlah keuntungan. Beberapa keuntungan yang didapatkan pengunjung yakni transportasi gratis.

Semua pemegang Hayya akan memiliki akses ke transportasi umum gratis. Total ada delapan stadion, yang berjarak 70 kilometer, dihubungkan dengan metro, kecuali Al Bayt.

Sumber: FIFA

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid