Hubungi kami di

Industri

Anak Usaha Telkom Bakal Bangun Data Center di Batam

Terbit

|

Ilustrasi: Data center. F. Dok. Kompas.com/www.shutterstock.com

ANAK usaha Telkom di bisnis data center, NeutraDC, bakal membangun dan mengembangkan pusat data atau data center di beberapa kota di Indonesia, salah satunya di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

CEO NeutraDC, Andreuw Th. A.F, menyampaikan bahwa pembangunan data center di Batam tak hanya untuk menangkap peluang bisnis di Batam, tetapi juga Singapura.

“Jadi di Batam itu satu untuk menangkap market. Kedua tadi kenapa Singapura itu juga jadi market karena ekonomi dan segala macamnya stabil ya,” ujar Andreuw, dalam media briefing di Sleman, Rabu (8/6/2022).

BACA JUGA :  PDP di Batam Yang Meninggal 30 Maret Lalu, Positif Covid-19

Andreuw mengatakan, Singapura merupakan salah satu pusat data di Asia-Pasifik, selain Jepang, dan Hong Kong.

Saat ini, pemerintah Singapura melakukan moratorium pembangunan pusat data baru. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan data center melirik Batam untuk membuat data center baru di sana. Bahkan perusahaan asal Singapura juga membangun data center di Batam.

Selama ini, Batam dinilai sangat strategis karena lokasinya dekat Selat Malaka yang dikenal memiliki banyak jaringan kabel optik. Selain itu, Batam juga dekat dengan Singapura.

BACA JUGA :  Perda CSR Belum Efektif | Forum CSR Batam Diminta Pro Aktif ke Pihak Pengusaha

Saat ini, kata Andreuw, sudah ada beberapa perusahaan data center di Batam, termasuk Telkom. Namun ia mengakui pangsa pasar data center Telkom di Batam masih kecil.

“Di Batam masih kecil sama seperti di Singapura. Tapi kalau kita lihat dari total semua itu ya, kami mengharapkan bisa membangun 10 sampai 15 megawatt secara bertahap,” kata dia.

Selain di Batam, Telkom juga berancana membangun data center di beberapa daerah antara lain di Manado dan Ibu Kota Nagera (IKN) Nusantara.

(*)

sumber: Kompas.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid