Hubungi kami di

Film Film Film

FLASHDISK : Film Thriller Garapan Anak Batam, Modalnya Cuma Kamera Canon & Ponsel Seluler!

Mike Wibisono

Terbit

|

INI film garapan anak-anak muda di Batam. Mereka membuat sebuah film layar lebar berjudul  “FLASHDISK”. Film ini bergenre Horor dan aksi. Yang unik, film “FLASHDISK” diproduksi hanya menggunakan kamera Canon sederhana dan Kamera ponsel android. Durasinya 1,5 jam!

Ini memang bukan fim untuk konsumsi komersil di gedung bioskop. Tapi merupakan produksi kreatifitas anak-anak muda di Batam untuk menyalurkan hobi sinematografi mereka. Menurut sutradara film ini, Yosh, kamera Cannon digunakan untuk mengambil video dan voice record ponsel  Android untuk melakukan proses dubbing Suara. Sangat sederhana sekali.  Tapi kreatifitas mereka menarik untuk disimak.

Foto : wayosh.blogspot.co.id/

Foto : wayosh.blogspot.co.id/

Rata-rata pendukung film ini bukan berlatar belakang perfilman.  Tapi, karyawan perusahaan di Batam. Mereka menyusun cerita, membuat skenario hingga melakukan aktifitas produksi secara otodidak. Mulai produser, sutradara hingga pemain dalam film ini, sebenarnya memiliki aktifitas pekerjaan lain di luar penggarapannya.

Menurut Yosh seperti dikutip dari blog-nya, ternyata tidak  mudah memproduksi sebuah film. Apalagi untuk durasi panjang hingga 1,5 jam. Beberapa hambatan yang ditemui misalnya pengaturan jadwal syuting para pemain yang rata-rata karyawan perusahaan, pemilihan lokasi, penggunaan properti film dan yang utama adalah peralatan produksinya. Mereka bermodal semangat yang besar hingga akhirnya bisa menyelesaikan penggarapan film ini.

“Nah hambatan yang dialami misalnya, saat meminta izin lokasi untuk shooting.  Kadang disepelekan oleh pemilik lokasi karena beranggapan bahwa proses shooting ini tidak menguntungkan bagi pemilik lokasi mengingat ini bukan proyek Film dengan artis ternama yg nantinya akan rilis di bioskop dan televisi nasional,” kata Yosh.

Foto : wayosh.blogspot.co.id/

Foto : wayosh.blogspot.co.id/

Film FLASHDISK hasil produksi anak-anak muda Batam ini sebenarnya sudah ditayangkan mereka pada bulan Juni 2016 lalu. Anak-anak muda yang menamakan tim mereka “Holiday Team Batam” ini menayangkan perdana hasil produksi mereka di Movie Room Plaza Batamindo Muka Kuning, Batam. Kemudian pada 14 Agustus 2016 lalu di Mega Wisata Costarina.

Karena bukan merupakan film untuk kepentingan komersil, film FLASHDISK yang bergenre horror dan aksi ini, rencananya bakal mereka rilis kepada publik pada September ini di kanal berbagi video, youtube.

Penasaran dengan film mereka ini?  Simak Trailernya di atas. (yur/dha)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook