Hubungi kami di

Dunia

Idul Adha di Arab Saudi Jatuh Selasa, 20 Juli 2021

Terbit

|

Ilustrasi, Idul Adha

ARAB Saudi menetapkan awal bulan Zulhijah 1442 jatuh pada Minggu, 11 Juli 2021. Dengan demikian Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah jatuh pada Selasa, 20 Juli.

Keputusan ini diumumkan Mahkamah Agung setempat setelah pada hari Jumat (9/7) tidak terlihat adanya bulan sabit baru (hilal) setelah melakukan pengamatan di sejumlah titik di negara tersebut.

Bulan Zulhijah yang merupakan bulan terakhir dalam kalender Islam, Hijriah, juga disebut sebagai bulan haji. Pada bulan inilah umat Islam yang mampu menuaikan ibadah haji di Makkah dan pada bulan ini juga disyariatkan menyembelih hewan kurban.

BACA JUGA :  Jumlah Hewan Kurban Naik 41 Persen

Mengutip Saudi Gazette, Sabtu (10/7/2021), dengan adanya ketetapan ini maka ibadah haji yang dimulai pada 8 Zulhijah akan jatuh pada 18 Juli dan berakhir pada 22 Juli (12 Zulhijah).

BACA JUGA :  Idul Fitri di Arab Saudi 4 Juni, Indonesia 5 Juni 2019

Wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah yang merupakan rukun haji akan jatuh pada Senin, 19 Juli. Jika tidak mengerjakan wukuf di Arafah, artinya tidak mengerjakan haji.

Bagaimana dengan Indonesia?

Menurut kalender, Idul Adha di Indonesia juga jatuh pada 20 Juli. Namun, untuk keputusan resminya, Kemenag akan mengadakan sidang isbat nanti sore.

(*)

Sumber : SAUDI GAZZETE 

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook