Hubungi kami di

Tanah Air

Jokowi: Pusing, Pandemi Covid-19 Belum Reda, Ditambah Lagi Perang Rusia-Ukraina

Terbit

|

Presiden Joko Widodo. F. Dok. Medcom.id/Biro Pers Sekretariat Presiden

PANDEMI Covid-19 yang tak kunjung reda, serta perang Rusia-Ukraina memperparah kondisi saat ini. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) kondisi ini membuat semua negara pusing.

Jokowi mengaku kondisi ini memperparah ketidakpastian yang sudah terjadi karena revolusi industri 4.0 dan pandemi Covid-19.

Menurut Jokowi, dia dihubungi oleh Kanselir Jerman, Olaf Scholz, dan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, beberapa hari lalu. Para pemimpin dunia itu mengeluhkan hal yang sama.

“Tambah pusing kita semuanya. Semua negara tambah pusing, semuanya. Pusingnya belum reda, tambah lagi ada perang, sudah bertubi-tubi,” kata Jokowi dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Sebelas Maret di Solo, Jumat (11/3/2022).

BACA JUGA :  Positif Corona di Kepri Bertambah 2, Jadi 3 Orang

Jokowi menyampaikan perang mempersulit pengelolaan ekonomi. Menurutnya, perang Rusia-Ukraina telah memicu lonjakan harga minyak mencapai US$130 per barel.

Selain itu, perang di Eropa Timur telah memicu lonjakan harga pangan. Dia menyebut harga makanan di Rusia naik 12 persen, di Amerika Serikat 6,9 persen, dan di Turki 3 persen.

Mantan Wali Kota Solo itu mengungkapkan ancaman serupa membayangi Indonesia. Namun, pemerintah masih terus berupaya mencegah kenaikan harga terjadi.

BACA JUGA :  Terdampak Covid-19, Penyelesaian THR di Batam Tetap Berjalan Lancar

“Semua negara, harga jualnya ke masyarakat, sudah naik juga, kita di sini masih tahan-tahan. Bu Menteri (Keuangan Sri Mulyani) saya tanya, ‘Bagaimana, Bu? Tahannya sampai berapa hari ini?’,” ucap Jokowi.

Sebelumnya, Rusia melakukan invasi ke Ukraina. Invasi dilakukan karena Rusia mengakui kedaulatan Republik Luhansk (LPR) dan Republik Donetsk (DPR) sebagai negara independen.

Jokowi beberapa kali menyerukan penghentian perang. Dia juga sudah menyarankan kepada Rusia dan Ukraina untuk melakukan gencatan senjata.

(*)

sumber: CNNIndonesia.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid