Hubungi kami di

Tanah Air

Kapolri Mutasi Besar-besaran Pati dan Pamen Polri

Terbit

|

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: @Dok.

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memindahtugaskan dan mempromosikan, sejumlah perwira tinggi (Pati) serta menengah di Markas Besar (Mabes) Polri, juga kepolisian daerah.

Dalam telegram Kapolri ST/2568/XII/Kep/2021 yang diterbitkan, Jumat (17/12), sejumlah perwira tinggi, seperti Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisaris Jenderal (Komjen) Firli Bahuri turut dimutasi dalam rangka pensiun.

Sementara Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Komisaris Besar (Kombes) Ahmad Ramadhan, promosi pangkat menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen). 

Telegram yang ditandangani oleh Asisten Sumber Daya Manusia (As SDM) Kapolri, Inspektur Jenderal (Irjen) Wahyu Widada itu, menempatkan jabatan baru kepada Ahmad Ramadhan, menjadi Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Mabes Polri.

Posisinya, menggantikan Brigjen Rusdi Hartono, yang digeser sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Sedangkan terkait Komjen Firli, jenderal polisi bintang tiga itu, yang masih dalam dinas sebagai Ketua KPK, dimutasi dalam rangka purna tugas sebagai anggota kepolisian.

“Komjen Pol Firli Bahuri, Pati Bareskrim Polri (penugasan sebagai Ketua KPK) dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri, dalam rangka pensiun,” begitu isi telegram Kapolri, yang diterima wartawan di Jakarta, Sabtu (18/12).

Firli sebetulnya sudah dalam masa purnatugas sebagai anggota kepolisian, pada 8 November 2021 ketika milad di usia 58 tahun. Akan tetapi, masa lepas seragam kedinasan kepolisian tersebut, baru akan dilakukan pada Desember 2021.

Selain Firli, nama Brigjen Setyo Budiyanto, yang selama ini ditugaskan di KPK sebagai Direktur Penyidikan, dipindahtugaskan sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT).

BACA JUGA :  Kunjungi SMP 30 Bengkong | Walikota Urai Persoalan Penerimaan Siswa Baru

Selain menggeser jabatan, dan mempromosikan jabatan para perwira tersebut, Kapolri Sigit, juga memutasikan sejumlah Kapolda.

Inspektur Jenderal (Irjen) Muhammad Iqbal, Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), dimutasikan sebagai Kapolda Riau. Posisinya menggantikan Irjen Setya Imam Effendi, yang dipulangkan ke Mabes Polri, sebagai Asisten Operasional (Asops) Kapolri.

Sementara Direktur Tindak Pidana Korupsi (Dirtipikor) Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Djoko Poerwanti, naik pangkat menjadi Irjen, dengan posisi baru sebagai Kapolda NTB. Perannya digantikan Kombes Cahyono Wibowo, yang mendapat kepangkatan baru sebagai Brigjen.

Mutasi di Polda Kepri

SEMENTARA itu, dalam Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/2568/XII/KEP./2021, ST/2569/XII/KEP./2021, ST/2570/XII/KEP./2021 tanggal 17 Desember 2021 tentang Alih Tugas Jabatan, sejumlah nama pejabat di Polda Kepri juga mengalami pergantian.

Sebut saja Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Darmawan, M.Hum yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri.

Jabatannya akan digantikan oleh Brigjen Pol Drs. Rudi Pranoto yang sebelumnya menjabat sebagai Dirkamsus Baintelkam Polri.

Selanjutnya Kapolresta Barelang akan diisi orang baru. Jabatan yang sebelumnya dipegang Kombes Pol Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, SH, S.Ik., MH, akan digantikan oleh AKBP Nugroho Tri Nuryanto, SH, S.Ik., MH, yang sebelumnya menjabat sebagai Wadansat Brimob Polda Jateng.

Sementara Yos Guntur akan menempati posisi baru sebagai Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Riau.

BACA JUGA :  Kegiatan Ekspor Hasil Perikanan Melalui Belakangpadang Tetap Berjalan

Kemudian Karo SDM Polda Kepri Kombes Pol Albertus Bambang Indrata, S.Ik diangkat dalam jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Jianstra SSDM Polri (Dalam rangka Pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke – 31 T.A. 2022).

Jabatan ini akan diisi oleh Kombes Pol Deni Setyo Utomo, SH, S.Ik., M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Dalpers SSDM Polri.

Selanjutnya Dir Resnarkoba Polda Kepri Kombes Pol Muji Supriyadi, SH, S.Ik., MH, diangkat dalam jabatan baru sebagai Analis kebijakan Madya bidang Pidnarkoba Bareskrim Polri (Dalam rangka Pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke – 31 T.A. 2022).

Jabatan Dirresnarkoba Polda Kepri akan diisi oleh Kombes Pol Ahmad David S.Ik yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid TIK Polda Sulsel.

Dir Binmas Polda Kepri Kombes Pol Rudi Haryanto, S.Ik diangkat dalam jabatan baru sebagai Dir Pamobvit Polda Kaltara.

Kombes Pol Endro Prasetyo, S.Ik yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Binmas Polda Bengkulu akan mengisi jabatan Dir Binmas Polda Kepri.

Serta Wadir Lantas Polda Kepri AKBP Cakhyo Dipo Alam, S.Ik diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadir Polairud Polda Kepri.

Mantan Kapolres Tarakan Polda Kaltara, AKBP Taufik Nurmandia, S.Ik., MH akan menjabat sebagai Wadirlantas Polda Kepri.

(*/diaz)

Sumber: Republika | Tribun

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid