DALAM upaya meningkatkan efisiensi perjalanan menjelang mudik Lebaran Idul Fitri 2025, PT Bandara Internasional Batam (BIB) selaku pengelola Bandara Internasional Hang Nadim Batam.telah meluncurkan fasilitas kios check-in mandiri. Inovasi ini bertujuan untuk mengurangi antrean di konter check-in dan mempercepat proses keberangkatan penumpang.
Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, menjelaskan bahwa kios check-in mandiri kini tersedia tidak hanya di dalam gedung terminal, tetapi juga di area luar terminal. Dengan pemisahan lokasi kios ini, diharapkan antrean panjang di konter check-in dapat diurai.
“Implementasi kios check-in mandiri di dalam dan luar terminal ini bertujuan untuk mempercepat proses check-in. Kami juga menambah jalur pemeriksaan keamanan guna mengurangi antrean dan memperlancar arus penumpang,” paparnya saat konferensi pers di Batam, Senin (24/3/2025).
Pikri juga menyarankan agar penumpang datang lebih awal ke bandara sebagai langkah antisipatif terhadap kemungkinan kepadatan, terutama pada jam-jam sibuk.
Selain kios mandiri, PT BIB meningkatkan fasilitas pemeriksaan barang dengan menambah alat x-ray yang telah dilengkapi dengan teknologi dual vision. Hal ini diharapkan dapat mempercepat dan mempertinggi akurasi pemeriksaan barang bawaan penumpang.
“Kami baru saja mendatangkan empat unit x-ray yang dilengkapi dual vision. Ini memungkinkan pemeriksaan barang dilakukan lebih cepat dan teliti,” tambahnya.
Manajemen juga mengoptimalkan ruang tunggu dengan fasilitas modern yang mencakup toilet, tempat ibadah, area bermain anak, serta stasiun pengisian daya untuk perangkat elektronik, menciptakan kenyamanan lebih bagi penumpang.
Tak hanya itu, PT BIB mempersiapkan lebih dari 400 petugas yang akan melakukan pengawasan dan memberikan pelayanan optimal di area terminal serta non-terminal agar pelaksanaan mudik Lebaran ini berlangsung lancar.
“Kami telah menyiapkan staf yang siap sedia untuk memastikan semua berjalan dengan baik selama masa mudik,” kata Pikri.
(sus)