Hubungi kami di

SPORT

Legenda Timnas Indonesia Ricky Yakobi Tutup Usia

iqbal fadillah

Terbit

|

Almarhum Ricky Yakobi saat masih aktif di Timnas Sepakbola Indionesia. Photo : @net

KABAR duka datang dari dunia sepakbola Tanah Air hari ini. Legenda dan mantan penggawa Timnas Indonesia, Ricky Yakobi, meninggal dunia pada Sabtu (21/11) pagi WIB.

Ricky Yacobi menghembuskan napas terakhir di RS Mintoharjo. Berdasarkan kabar yang didapat, Ricky Yacobi mengalami serangan jantung saat tengah bermain bola di salah satu lapangan di Gelora Bung Karno (GBK) dengan rekan-rekannya, Sabtu pagi tadi.

Ricky Yacobi merupakan salah satu striker terbaik yang namanya harum pernah pada era 80-an hingga awal 90-an. Nama Ricky Yakobi mulai merangkak naik saat bermain untuk skuad Garuda di ajang Asian Games 1986.

Ia menjadi aktor utama yang meloloskan Indonesia hingga semifinal. Sepulang dari Asian Games, Ricky Yakobi menjadi pilihan mengemban ban kapten. Tidak sampai di situ, Ricky Yacobi juga merupakan salah satu pemain yang beruntung pernah menjalani karier di luar negeri. Ricky bergabung dengan Matsushita FC, klub Liga Jepang, pada 1988.

BACA JUGA :  MotoGP Valencia | Finish Urutan Ketujuh, Joan Mir Pastikan Juara Dunia 2020

Riwayat Singkat Sang Legenda

Ricky Yacobi merupakan salah satu penyerang terbaik yang dimiliki timnas Indonesia. Lahir di Medan pada 12 Maret 1963, Ricky memulai kariernya bersama klub kebanggaan Medan, PSMS Medan, pada 1982.

Kemudian ia hijrah ke Solo untuk memperkuat Arseto Solo pada 1986. Di sini, namanya kian melambung dan membuat klub Jepang, Matsushita FC, merekrutnya pada 1988, sekaligus menjadikannya sebagai pemain Indonesia pertama yang bermain di Jepang.

Sayangnya karier Ricky di Jepang tak berlangsung lama setelah hanya mampu mencetak satu gol dalam enam penampilan. Setahun kemudian, ia kembali ke Arseto Solo hingga 1992.

Ricky selanjutnya bermain untuk PS BPD Jateng selama dua tahun. Ia menutup kariernya di PSIS Semarang pada 1995.

Selama berkarier, Ricky mengoleksi 31 caps bagi timnas Indonesia dengan torehan lima gol. Catatan terbaiknya adalah membawa tim Merah Putih meraih SEA Games 1987. (*)

Sumber : Okezone.com / Medcom.id

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook