Hubungi kami di

Ini Batam

Lima Sektor Baru Untuk Pengembangan Ekonomi Batam ke Depan

Terbit

|

Foto : © GoWest Indonesia

SEKTOR industri Shipyard dan elektronik menyumbang sekitar 54 persen dari pertumbuhan ekonomi Batam selama ini. Kontribusi ini dinilai perlu ditingkatkan lebih besar lagi, sembari menghadirkan sektor-sektor baru sebagai tulang punggung usaha baru.

Wakil Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Purwiyanto saat ditemui disela-sela acara diskusi panel optimalisasi strategi pengembangan jasa kesehatan international, pada Rabu (05/02) di Batam Centre menuturkan, sektor industri baru yang memiliki nilai tambah tinggi, sektor-sektor strategis unggul untuk Batam di masa depan harus mendapatkan porsi lebih untuk bisa dihadirkan di Batam.

Purwiyanto mengatakan, setidaknya ada lima sektor yang bisa dioptimalkan.

Di antaranya Pertama sektor manufaktur dengan fokus pada industri smartphone, teknologi informasi, dan industri kedirgantaraan. Kedua sektor logistik dengan fokus Transhipment, e-commerce, Warehouse dan Infrastructure link.

BACA JUGA :  Ide Menarik yang Bisa Kamu Wujudkan dari Bagian Kendaraan

Ketiga sektor Wisata dengan fokus pada Electronic Arts (EA) Sport Games Competition, Pengembangan Kawasan wisata terpadu (Agrowisata Sei Temiang ; Camp Vietnam Taman Rusa) dan Industri kreatif (Cinematography).

BACA JUGA :  Teknologi yang Membuat Ponsel Jadi Makin Pintar

Keempat, sektor jasa dengan fokus pada Maintenance, Repair, & overhaul (MRO) Pesawat dan Kapal, Shipbuilding/ Shipyard. Dan sektor Pendidikan dan Kesehatan Internasional, Financial Service dan Digital Financial.

Purwiyanto melanjutkan, Batam didirikan untuk Indonesia. Sehingga kontribusi Batam untuk Indonesia harus dibesarkan kembali seperti periode-periode awalnya pembangunannya. Dimana pertumbuhan ekonomi batam pada periode tahun 1991-1997 mencapai rata-rata 17%.

*(bob/GoWestId)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid