Hubungi kami di

Otto Keren!

Rantis Maung Bermesin Toyota Hilux, Harganya Rp.400 Juta

ilham kurnia

Terbit

|

Kendaraan Taktis (Rantis) Maung 4x4 produksi Pindad, Foto : © IG Windu Paramarta

PT Pindad, BUMN yang memproduksi alat-alat militer, akan memproduksi kendaraan taktis (rantis) Maung untuk kalangan sipil, selain dijual ke Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Direktur Utama Pindad Abraham Mose menjelaskan, Maung dengan spesifikasi sipil akan dijual di bawah harga Maung versi militer.

“Tapi begitu model buat sipil pasti ada pengurangan-pengurangan, ya seperti (SUV) pada umumnya. Dan pasti agak lebih jauh di bawah, kurang lebih Rp400 juta – Rp500 juta, tapi kami masih pantau dulu,” ucap Abraham kepada media, Senin (13/7/2020) kemarin.

Foto : © PT. PINDAD

Menurut Abraham, setelah kontrak dengan Kemhan berjalan, berikutnya Pindad diizinkan menjual Maung ke sipil. Seperti diketahui, Maung versi militer dijual Rp600 juta. 

Spesifikasi teknis Maung yang disampaikan oleh Pindad, Maung versi militer dilengkapi dudukan persenjataan kaliber 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS, tracker kendaraan, dan perlengkapan lainnya.

Pindad menawarkan empat trim Maung.

Tiga trim di antaranya kabin ganda, kendaraan logistik dan mobil khusus kombatan jarak dekat seperti yang dipesan Kemenhan.

Abraham mengatakan, tiga varian tersebut masih diuji, dan Pindad baru melepas satu trim sesuai pesanan Kemenhan.

“Ini standar. Mesinnya kalau datang ke Astra, jadi buka kap mesin bisa langsung ke komputernya. Ya sesuai standar perawatan mereka,” kata Abraham.

Maung memiliki kemampuan melahap medan yang sulit atau di luar jalanan aspal. Maung menggendong mesin diesel turbo 2.494cc milik Toyota Hilux berpenggerak 4×4  dengan transmisi manual 6-percepatan. Selain itu, maung memiliki kecepatan aman 120 km/jam.

Foto : © PT. PINDAD

Untuk penjualan Maung ke sipil, kata Abraham, nantinya bisa melalui anak perusahaan atau Pindad secara langsung. Oleh sebab itu, konsumen Maung nantinya jangan khawatir soal perawatan karena bisa mengandalkan bengkel resmi Toyota.

Berikut spesifikasi mesin diesel Toyota Hilux:

Tipe Mesin : 2KD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-valve DOHC 1TR-FE, 4 Cylinders, In Line 16-valve DOHC Dual VVT-i

Isi silinder : 2.494 cc

Diameter x Langkah : 92,0 x 93,8

Daya Maksimum : 144 Ps / 3.400 rpm

Torsi Maksimum : 35 Kgm / 1.600-2.800 rpm

Asupan Bahan Bakar : Fuel Injection w/ Common Rail Fuel Injection

(*)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *