Hubungi kami di

Uang

Rupiah dan Mayoritas Mata Uang Di Asia Menguat Terhadap Dolar AS

Terbit

|

Ilustrasi: Nilai tukar rupiah menguat atas dolar AS di perdagangan spot pada Jumat (24/12/2021) pagi. F. Dok. Wartaekonomi.co.id 

NILAI tukar rupiah terus menguat di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) untuk hari keempat atau di perdagangan pasar spot pada Jumat (24/12/2021) pagi.

Mata uang Garuda menguat 48 poin atau 0,34 persen dibanding hari sebelumnya, yakni Rp 14.233 per dolar AS.

Sementara itu, mayoritas mata uang di Asia bergerak menguat pagi ini. Tercatat, peso Filipina yang menguat 0,06 persen, dan dolar Singapura menguat 0,01 persen, yen Jepang menguat 0,02 persen, ringgit Malaysia menguat 0,04 persen, dan won Korea Selatan menguat 0,03 persen.

BACA JUGA :  Nilai Tukar Rupiah Dibuka Melemah di Posisi Rp14.507 per Dolar AS

Namun, baht Thailand melemah 0,04 persen terhadap dolar AS. Sementara, yuan China dan dolar Hong Kong bergerak stagnan.

Di sisi lain, mata uang di negara maju bervariasi pagi ini. Terpantau, dolar Kanada melemah 0,05 persen, franc Swiss menguat 0,11 persen, dolar Australia melemah 0,15 persen, dan euro Eropa melemah 0,02 persen.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra, meramalkan nilai tukar rupiah masih berada di zona hijau hari ini. Sentimennya masih sama seperti beberapa waktu terakhir, yakni menurunnya kekhawatiran pasar terhadap omicron.

BACA JUGA :  Rupiah Loyo di Rp 14.362 per Dolar AS

“Nilai tukar rupiah berpeluang menguat hari ini dengan optimisme pasar yang masih berlangsung terhadap omicron,” ungkap Ariston kepada CNNIndonesia.com.

Beberapa riset, kata Ariston, menyatakan bahwa varian omicron hanya menimbulkan gejala sakit ringan pada penderita. Hal ini membuat pasar lebih tenang dari sebelumnya.

“Optimisme ini mendorong pasar kembali masuk ke aset berisiko,” imbuh Ariston.

Ia memproyeksi rupiah bergerak dalam rentang Rp 14.200 per dolar AS sampai Rp 14.250 per dolar AS hari ini.

(*)

sumber: CNN Indonesia

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid