Hubungi kami di

Jiran

Singapura Resmi Buka Perbatasan

Terbit

|

Singapura resmi membuka kembali perbatasan secara penuh pada Jumat (1/4/2022), usai dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19. Bandara pun langsung ramai. F. Dok. CNN Indonesia.com/AFP/Roslan Rahman

PEMERINTAH Singapura resmi membuka kembali perbatasannya untuk semua pelancong yang sudah vaksinasi Covid-19 sepenuhnya atau dosis lengkap pada Jumat (1/4/2022). Bandara internasional Changi pun langsung dibanjiri penumpang.

Seperti dilaporkan AFP bahwa keramaian terlihat hampir di seluruh bandara, baik pintu kedatangan maupun keberangkatan.

Area kedatangan Bandara Internasional Changi tampak ramai orang-orang berlalu-lalang. Ribuan orang juga tampak berbaris di area keberangkatan untuk keluar dari Singapura.

Sejumlah pendatang asing yang tiba di Singapura terlihat gembira menyambut pencabutan penutupan perbatasan ini, setelah selama dua tahun ditutup akibat pandemi Covid-19.

“Ini luar biasa. Saya mengambil kesempatan pertama untuk terbang hari ini. [Sekarang] banyak pembatasan yang sudah dicabut. Kita kembali ke kehidupan normal,” kata seorang pebisnis dari Italia, Aldo Pizzini, kepada AFP.

BACA JUGA :  Kenali Gejala Omicron Bagi Yang Sudah Divaksin

Singapura memang sudah menghapus sebagian besar aturan pencegahan Covid-19, mulai dari kewajiban karantina hingga bukti vaksinasi bagi para pendatang.

Kini, para pendatang asing yang ingin ke Singapura hanya butuh menunjukkan bukti negatif Covid-19.

Pendatang lain dari Guyana Prancis yang tinggal di Abu Dhabi, Diana Mathias, pun bergegas mengunjungi Singapura untuk berlibur usai mengetahui aturan baru tersebut.

“Saya betul-betul bahagia karena sudah lama saya tidak bepergian,” tutur dia.

Mathias mengaku sempat sedikit kesulitan saat mengurus dokumen perjalanan, tapi pada akhirnya ia berhasil menyelesaikannya.

Tak hanya bagi para pendatang, Singapura juga melonggarkan aturan pencegahan Covid-19 di dalam negeri. Kini, tak perlu lagi memakai masker di luar ruangan di Singapura.

BACA JUGA :  Public Holiday Singapura Dongkrak Jumlah Wisman ke Batam

Singapura melonggarkan aturan ini menyusul tren penurunan kasus Covid-19. Mereka memang sudah merencanakan hidup berdampingan dengan Covid-19 sejak lama.

Namun, rencana itu sempat tertunda karena ledakan kasus Covid-19 akibat kemunculan virus corona varian Omicron. Perdana Menteri Lee Hsien Loong mengatakan, kini masa berat itu sudah berlalu.

“Sektor kesehatan kami di bawah tekanan yang cukup besar saat gelombang Omicron, tapi kami bertahan. Saat ini, bebannya masih berat, tapi tekanannya berkurang,” kata Lee, dikutip The Straits Times.

Selain Singapura, Malaysia juga secara penuh membuka kembali perbatasannya pada hari ini. Ribuan motor dan mobil pun membanjiri jalanan di Negeri Jiran.

(*)

sumber: CNN Indonesia.com

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sebaran

Facebook

id
enid

id
enid