Hubungi kami di

Hidup Sehat

Suka Bicara Sendiri? Bisa Bikin Daya Ingat Makin Bagus, Lho

Mike Wibisono

Terbit

|

MUNGKIN, dulu kamu pernah melakukan ini. berbicara sendiri sambil merunutkan kembali apa yang dipesan ibu kamu saat disuruh berbelanja ke warung. Biasanya kamu bicara sendiri dan mengulang-ulang apa yang mau diingat.

Bicara sendiri, apalagi nggak ada teman memang kelihatan kayak orang gila buat sebagian orang. Soalnya nggak ada lawan ngomong, tapi kamu tetap aja bicara sendiri. Walau dianggap gila, ternyata kebiasaan ini banyak manfaatnya, terutama buat kesehatan dan kemampuan otak.

Seperti dikutip dari Quarterly Journal of Experimental Psychology, orang yang suka bicara sendiri memiliki ingatan yang lebih baik dibandingkan orang yang nggak pernah melakukan.

BACA JUGA :  3 Penyakit Yang Bisa Hilang Dengan Menikah

Soalnya, dengan ngomong sama diri sendiri berarti kamu melatih otak untuk terus ingat sesuatu. Latihan terus-menerus ini yang bikin daya ingat kamu semakin bagus.

Selain bikin ingatan lebih baik, ternyata bicara sendiri sama diri sendiri juga bikin otak semakin lebih fokus. Makanya, kamu nggak mudah terganggu sama hal lain.

Kalau sudah tahu manfaat bicara sendiri ini bagus, nggak ada salahnya kamu coba untuk mengingat pelajaran. Apalagi kalau udah dekat-dekat musim ulang dan ujian.
(yur/int)

Teruskan Membaca
Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sebaran

Facebook